Connect with us

Politik

Nomor Cantik Partai Politik

Kabarnas, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengundi dan menetapkan nomor urut kepada masing-masing partai politik peserta Pemilu 2019.

Acara yang berlangsung di kantor KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu malam (18/2) itu, berlangsung ramai dengan kehadiran para pengurus partai politik dan pendukung serta simpatisan partai yang meluber hingga ke jalan raya.

Terdapat 14 partai politik dengan masing-masing mendapatkan nomor urut yakni PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) nomor urut 1, Partai Gerindra (Gerakan Indonesia Raya) nomor urut 2, PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) nomor urut 3.

Partai Golkar (Golongan Karya) mendapat nomor urut 4, Partai Nasdem (Nasional Demokrat) nomor 5, Partai Garuda (Gerakan Perubahan Indonesia) nomor 6, Partai Berkarya nomor 7, PKS (Partai Keadilan Sejahtera) nomor 8.

Partai Perindo (Persatuan Indonesia) mendapat nomor urut 9, PPP (Partai Persatuan Pembangunan) nomor 10, PSI (Partai Solidaritas Indonesia) nomor 11, PAN (Partai Amanat Nasional) 12, Partai Hanura (Hati Nurani Rakyat) nomor 13, dan Partai Demokrat nomor 14.

Selain partai politik nasional itu, terdapat empat partai politik lokal untuk Provinsi Aceh yakni Partai Aceh mendapat nomor urut 15, Partai SIRA (Suara Independen Rakyat Aceh) nomor 16, PDA (Partai Daerah Aceh) nomor 17, dan PNA (Partai Nanggroe Aceh) nomor 18.

Pimpinan partai politik yang masing-masing mengambil undian dan membuka nomor urut untuk partainya berkomentar atas nomor yang mereka dapat.

Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar, misalnya, tampak senang memperoleh nomor urut 1. Angka 1 berarti juara dan dia berharap partainya memenangkan Pemilu 2019.

Pada Pemilu 2009, PKB mendapat nomor urut 13 sedangkan pada Pemilu 2014 mendapat nomor urut 2 dengan menempati peringkat 5 dari 16 partai politik nasional dalam perolehan suara.

Sementara itu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyebut nomor urut 3 adalah nomor yang biasa atau melekat di partainya.

Ketika masih bernama PDI, selama rezim Orde Baru, partai berlambang kepala banteng itu selalu mendapat nomor urut tetap 3. Hasil dalam perolehan suara juga selalu berada pada peringkat ketiga dari tiga partai peserta Pemilu 1977 hingga Pemilu 1997.

Sejak Pemilu 1977 hingga Pemilu 1997, tiga partai peserta pemilu yakni PPP (hasil fusi dari Partai NU, Masyumi, Perti, dan Sarikat Islam pada 5 Januari 1973) dengan nomor urut 1 sebagai peserta pemilu, Golkar nomor urut 2, PDI (hasil fusi PNI, Partai Katolik, Partai Murba, Parkindo, dan IPKI pada 10 Januari 1973) nomor 3. Pemenangnya selalu Golkar yang didukung penuh pemerintah.

Pada era Reformasi dengan berakhirnya Orde Baru yang ditandai dengan keberadaan multipartai dan pemilu langsung, PDIP yang awalnya merupakan sempalan dari PDI, meroket dengan memenangkan Pemilu 1999 dari 48 partai peserta pemilu saat itu, dan menjuarai Pemilu 2014.

Ketua Umum PPP Romahurmuziy menyatakan nomor urut 10 yang diperoleh PPP adalah nomor yang sempurna.

Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang tampak berekspresi kaget namun tertawa ketika melihat nomor urut 13. yang diperolehnya. Angka 13 bagi sebagian orang perlu dihindari karena bermakna kesialan.

Pada Pemilu 2014, Hanura mendapat nomor urut 10 dan menempati peringkat ke-10 juga dalam hasil perolehan suara dengan mengantongi 6.579.498 (5,26 persen) suara rakyat pemilih.

Menjelang Pemilu 2009, Hanura mendapat nomor urut 1 sebagai partai peserta pemilu.

Banyak persepsi Nomor urut partai peserta pemilu ini sebenarnya hanya merupakan identitas dan penandaan untuk mempermudah rakyat mengenali partai.

Meskipun demikian banyak persepsi atas nomor urut partai ini bahkan mengaitkan dengan keyakinan tertentu.

Dalam fengshui, misalnya, angka 3 merupakan kehidupan, angka 6 pertanda keberuntungan, angka 8 kejayaan, dan angka 9 merupakan kemasyhuran.

Angka 9 diincar oleh Partai Demokrat sebagaimana diinginkan oleh Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan.

Pada Pemilu 2004, Partai Demokrat memang mendapat nomor urut 9 dan berhasil memenangkan pemilu legislatif saat itu sehingga mengantarkan pendirinya, Susilo Bambang Yudhoyono, terpilih sebagai presiden pertama kali dalam pilpres secara langsung dipilih rakyat pada tahun itu.

Apalagi Partai Demokrat didirikan pada 9 September 2001 dan baru pertama kali mengikuti pemilu pada 2004 langsung menang.

Pendirian partai ini juga memiliki kesamaan tanggal dan bulan kelahiran Susilo Bambang Yudhoyono pada 9 September 1949.

Maka tak heran partai ini memiliki “ikatan” dengan angka 9, namun untuk Pemilu 2019, angka 9 diraih oleh partai baru yakni Perindo. Apakah Perindo akan mengikuti jejak Partai Demokrat pada tahun 2004, pertama kali ikut pemilu, mendapat angka 9, dan langsung memenangkan pemilu? Angka memang multitafsir dan bisa mengundang banyak persepsi. Yang jelas dan pasti bahwa angka atau nomor hanya merupakan identitas untuk memudahkan dalam mengenali.

Semua angka atau nomor sama cantik dan baiknya.

Untuk nomor urut partai, semua berpeluang untuk memenangkan pemilu asal mendapat kepercayaan dari rakyat dan memperoleh suara terbanyak dari rakyat pemilih. (SPS/ant)

Politik

Pengamat : Isu identitas agama dalam Pemilu Presiden 2019 sangat membahayakan.

Medan – Pengamat sosial politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara Ansari Yamamah berharap masyarakat dan politikus tidak lagi memainkan isu identitas, terutama masalah agama dalam Pemilihan Presiden 2019 karena sangat membahayakan.

“Isu identitas selalu digunakan untuk memunculkan asumsi mengenai perbedaan antara satu dengan yang lainnya,” kata Dr. Ansari Yamamah di Medan, Rabu (15/8).

Ia berharap dalam Pilpres mendatang, isu identitas sangat tidak layak dipertontonkan lagi karena semua capres dan cawapres beragama Islam.

Jika masih menggunakan isu identitas keagamaan tersebut, dia khawatir akan mengerucut pada isu kelompok dan ormas yang berkaitan dengan keagamaan.

“Itu justru akan memecah belah umat, sangat berbahaya,” katanya.

Oleh karena itu, elite politik dan seluruh elemen masyarakat, termasuk nitizen yang aktif di media sosial untuk tidak lagi menggunakan isu identitas tersebut.

Untuk memberikan manfaat lebih besar, menurut dia, sebaiknya masyarakat dan elite politik mengedepankan isu kebangsaan dari kedua pasangan capres/cawapres.

Ia mencontohkan visi, misi, dan program yang ditawarkan dalam masalah perekonomian nasional.

Dengan demikian, rakyat bisa mengetahui program yang ditawarkan, baik dalam menciptakan lapangan kerja bagi anak negeri, mengatasi utang, menarik investasi, mengembangkan aset dan devisa negara, maupun pengembangan ekonomi umat Islam.

Demikian pula dengan berbagai program untuk menjaga harga diri bangsa dan negara bisa berdaulat secara global.

“Isu itu perlu supaya kita bangga menjadi bangsa Indonesia,” kata alumnus Leiden University Belanda itu.

Continue Reading

Politik

Tim kampanye Nasioanal Jokowi/ Ma’ruf terbentuk

Jakarta – Struktur Tim Kampanye Nasional Pasangan Calon (Paslon) Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin sudah rampung.

Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johny G. Plate mengatakan hal itu di sela rapat para sekretaris jenderal (sekjen) dari sembilan partai politik anggota Koalisi Indonesia Kerja (KIK) di Sekretariat Sekjen Parpol KIK, Menteng, Jakarta, Minggu (12/8) malam.

Johny G. Plate menjelaskan bahwa struktur Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi/Ma’ruf meliputi dewan pengarah yang berada di posisi tertinggi. Dewan pengarah ini beranggotakan para ketua umum parpol anggota KIK. Mereka memiliki tanggung jawab pada strategi pemenangan.

Di bawahnya ada dewan penasihat yang beranggotakan tokoh parpol dan tokoh masyarakat yang berafiliasi ke parpol anggota KIK.

Ada ketua TKN yang bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan pemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden.

“Nama ketua TKN ini masih belum diumumkan oleh Pak Jokowi,” katanya.

Wakil Ketua TKN ada lima orang, yakni Lodewijk Freiderich Paulus (Sekjen Partai Golkar), Johny G. Plate (Sekjen Partai NasDem), Arsul Sani (Sekjen PPP), Abdul Kadir Karding (Sekjen PKB), serta Hery Lontung Siregar (Sekjen Partai Hanura).

Sekretaris TKN adalah Hasto Kristiyanto (Sekjen PDI Perjuangan), didampingi Wakil Sekretaris yakni, Ahmad Rofik (Sekjen Partai Perindo), Raja Juli Antoni (Sekjen Partai Solidaritas Indonesia), dan Verry Surya Hendrawan (Sekjen PKPI).

Bendahara adalah Agus Gumiwang Kartasasmita (Wakil Ketua Umum Partai Golkar) didampingi beberapa nama dari parpol anggota KIK.

Di bawah ketua, sekretaris, dan bendara, ada Commend and Control Room (CCR) yang diisi oleh sembilan sekjen parpol koalisi anggota KIK.

“CCR ini yang mengoordinasi operasional dan bertanggung jawab terhadap teknis pemenangan.

Di bawahnya, ada struktur tim ahli yang berisi pakar-pakar dari partai politik, serta konsultan yang berisi tokoh senior parpol. Di bawahnya lagi ada koordinariat wilayah, yakni menjadi koordinator pemenangan di masing-masing provinsi di Indonesia.

Di bawah koordinator pemenangan, ada 11 direktorat yang akan mengoordinasi kegiatan-kegiatan teknis tim pemenagan.

“Sebanyak 11 direktorat ini diisi oleh pengurus dari sembilan parpol anggota KIK,” katanya.

Ia menyebutkan masih ada juru bicara sebanyak 225 orang yang merupakan gabungan dari seluruh parpol anggota KIK.

“Setiap parpol menyiapkan 25 orang juru bicara,” katanya.

Continue Reading

Politik

KPU nyatakan berkas pendaftaran Prabowo – Sandiaga Uno lengkap

Jakarta, ) – Komisi Pemilihan Umum menyatakan dokumen pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno sudah lengkap.

“Alhamdulillah setelah penelitian semua dokumen dinyatakan lengkap,” kata salah seorang staf KPU di gedung KPU, Jakarta, Jumat.

Pengurusan Prabowo-Sandiaga itu lebih singkat dibanding pengurusan dokumen lawannya, Joko Widodo-Ma’ruf Amin yang sudah lebih dulu mendaftarkan ke KPU. Prabowo-Sandiaga hanya butuh waktu sekitar 10 menit sedangkan Jokowi-Ma’ruf butuh waktu sekitar 20 menit.

“Untuk surat pengantar kesehatan kami serahkan ke tim penghubung. Pemeriksaan kesehatan akan dilakukan pada Senin, 13 Agustus, mohon dicermati apa saja yang harus disiapkan,” kata staf tersebut. (ps/ant)

Continue Reading

terbaru

Olahraga4 jam ago

Sekitar 350 atlet dari 15 negara peserta Asian Games XVIII  tiba di Kota Palembang

Palembang – Sekitar 350 atlet dari 15 negara peserta Asian Games XVIII  sudah tiba di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Berdasarkan...

Politik4 jam ago

Pengamat : Isu identitas agama dalam Pemilu Presiden 2019 sangat membahayakan.

Medan – Pengamat sosial politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara Ansari Yamamah berharap masyarakat dan politikus tidak lagi...

Wisata5 jam ago

Walhi berharap Geopark Kaldera Toba harus bisa masuk dalam UNESCO Global Geopark

Medan, 15/8 (Antara) – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), Sumatera Utara berharap Geopark Kaldera Toba harus bisa masuk dalam UNESCO...

Wisata5 jam ago

KKP sosialisasikan daya dukung dan zonasi KJA di Danau Toba

Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyosialisasikan hasil kajian daya dukung dan penetapan zonasi untuk budi daya ikan dalam...

Berita5 jam ago

Pelatih Real Madrid yakin Gareth Bale mampu menggantikan

Taillinn, Spanyol – Pelatih Real Madrid Julen Lopetegui memuji Gareth Bale dan meyakini penyerang Welsh itu mampu mengisi kekosongan yang...

Olahraga5 jam ago

Timnas Suriah berhasil tekuk timnas Uni Emirat Arab 1-0 pada laga Grup C Asian Games.

Bandung – Tim nasional Suriah berhasil mengalahkan Uni Emirat Arab 1-0 pada laga lanjutan Grup C Asian Games 2018, yang...

Daerah13 jam ago

Kapolda Sumut bersama pejabat utama, Ibu Bhayangkari dan Polwan dari sejumlah polres menggelar nobar film dokumenter Polwan Carstensz

Medan – Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw bersama pejabat utama, Ibu Bhayangkari dan Polwan dari sejumlah polres menggelar...

Hukum14 jam ago

Satserse Narkoba Polrestabes Medan amankan IRT pembawa sabu 1 Kg

Medan  – Tim Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Medan amankan Seorang ibu rumah tangga  Nalias Betti  (NB), 32 tahun, diringkus personil...

Berita14 jam ago

Pramono Anung, lantik 66 pejabat baru di lingkungan Sekretariat Kabinet

Jakarta – Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, lantik 66 pejabat baru di lingkungan Sekretariat Kabinet Para pejabat baru yang dilantik...

Nasional14 jam ago

Kepada Pramuka, Jokowi menitipkan bangsa ini untuk dibawa ke masa kejayaan

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Gerakan Pramuka harus merevitalisasi dirinya agar terus dapat membentuk manusia-manusia Pancasila yang tangguh,...

Trending