Connect with us

peristiwa

480 sekolah hancur akibat gempa Lombok

Jakarta – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGB Zainul Majdi mengatakan, gempa bumi berkekuatan 7,0 Skala Richter (SR) pada Minggu (5/8) yang disusul dengan gempa berkekuatan 6,2 SR, pada Kamis (9/8) siang sampai sekarang telah menghancurkan 480-an sekolah di Lombok, NTB,.

Kemudian rumah sakit rujukan maupun sarana kesehatan sekunder juga banyak yang tertimpa, khususnya rumah sakit kabupaten yang ada di Lombok Utara yang sebenarnya menjadi jangkar untuk pelayanan kesehatan itu hancur lebur.

“Sehingga semua pelayanan itu akhirnya dipusatkan di rumah sakit lapangan dan termasuk juga di rumah sakit Provinsi dan Rumah Sakit Kota Mataram,” kata Gubernur NTB dalam keterangan pers usai mengikuti Rapat Terbatas, di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (10/8) sore.

Puskesmas, juga rata-rata habis semua.   Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek mempunyai komitmen untuk melengkapi semua sarana-sarana itu segera.

Menurut Gubernur NTB TGB Zainul Majdi, hal yang paling penting adalah bahwa karena pengungsi ini kemungkinan cukup lama berada di tempat pengungsian, maka Pemerintah Provinsi NTB meminta agar tenda-tenda yang ada itu adalah tenda yang bisa bertahan lama sampai selesai proses rehabilitasi dan rekonstruksi.

Sebelumnya dalam Rapat Terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (10/8) siang, telah diputuskan akan disiapkan payung hukum dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres) yang menegaskan, walaupun bencana ini tetap ditangani oleh daerah tetapi seluruh dukungan, support itu akan maksimal diberikan oleh pemerintah pusat.

Rapat Terbatas juga menyepakati bahwa sambil berjalan tanggap darurat ini pemerintah memulai proses rehabilitasi dan rekonstruksi diawali dengan pembersihan. Karena memang secara psikologis masyarakat yang rata-rata sekarang mengungsi di sekitar rumahnya, jadi biasanya di ruang-ruang terbuka, di kampung itu selalu ada kaya lapangan mereka mengungsi di situ.

“Itu sebabnya saya mengusulkan tadi dan disetujui bahwa selain evakuasi 3 kecamatan yang akan diselesaikan, yaitu di Gangga, Bayan, dan Kayangan itu di bawah, di bagian tanjung dan di bagian yang relatif sudah selesai untuk proses evakuasi dan yang lain-lain, itu sudah mulai dilakukan pembersihan per hari Senin (13/8) yang akan datang,” ujar Gubernur NTB seraya menambahkan, kalau tidak ada aral melintang Presiden akan datang  mengawali proses pembersihan itu sekaligus juga proses rehabilitasinya.

peristiwa

Gempa bumi 5 SR guncang Sibolga, Sumut

Sibolga, Kabarnas – Gempa bumi 5 SR guncang Sibolga, Sumut,  sekitar pukul  19 Okt 2018, 05:12:15 WIB

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa pusat gempa bumi (episenter) terletak pada koordinat 1.81  derajat Lintang Utara (LU) dan  98.98  derajat Bujur Timur (BT).

Pusat gempa berada  di darat 23 km TimurLaut SIBOLGA, SUMUT, dikedalaman 146 KM.

Hasil pemodelan yang dilakukan BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini  tidak berpotensi tsunami. Untuk itu, kepada warga yang tinggal di  Sibolga, Tapanulu Tengah, diimbau agar tetap tenang dan waspada, dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Continue Reading

peristiwa

Gempa bumi 3.4 SR guncang Ambalau, Buru Selatan, Maluku

Ambalau, Kabarnas – Gempa bumi 3.4 SR guncang Ambalau, Buru Selatan,  sekitar pukul  19 Okt 2018, 03:10:16 WIB

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa pusat gempa bumi (episenter) terletak pada koordinat 3.73 derajat Lintang Selatan (LS) dan  127.41  derajat Bujur Timur (BT).

Pusat gempa berada  di laut 27 km timur laut Ambalau, Buru Selatan, Maluk, dikedalaman 10 KM.

Dampak gempabumi berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG) menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah  di  Ambon, Seram Bagian Barat, I-II MMI.

Hasil pemodelan yang dilakukan BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini  tidak berpotensi tsunami. Untuk itu, kepada warga yang tinggal di  Ambon, Seram Bagian Barat, diimbau agar tetap tenang dan waspada, dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Continue Reading

peristiwa

Gempa bumi 5.3 SR guncang Aceh Barat

Banda Aceh, Kabarnas – Gempa bumi 5.3 SR guncang Aceh Barat, sekitar pukul  18 Okt 2018, 11:29:04 WIB

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa pusat gempa bumi (episenter) terletak pada koordinat 4.72 derajat Lintang Utara (LU) dan   96.21 derajat Bujur Timur (BT).

Pusat gempa berada  di  darat, 30 km Timur Laut Aceh Barat, dikedalaman 10 KM.

Dampak gempabumi berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG) menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah  di  Aceh , II MMI, Lhokseumawe, Bireun,  Meulaboh,  Calang, II-III MMI.

Hasil pemodelan yang dilakukan BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini  tidak berpotensi tsunami. Untuk itu, kepada warga yang tinggal di  Lhokseumawe, Bireun,  Meulaboh,  Calang, Aceh, diimbau agar tetap tenang dan waspada, dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Continue Reading

terbaru

Berita4 jam ago

BNNP dan Polda Sumut berkomitmen tindak tegas pengedar Narkoba

Medan, Kabarnas – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provisi Sumatera Utara dan Polda Sumut terus melakukan tindakan tegas bagi pengedar narkoba...

Berita5 jam ago

Ribuan Kepala Desa se Indonesia elu-elukan Jokowi

Badung, Kabarnas –   Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadiri Pembukaan Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna ke-XX di Kawasan Garuda...

Daerah5 jam ago

Presiden Jokowi salurkan bantuan untuk korban banjir bandang di Mandailing Natal.

Medan, Kabarnas – Presiden Joko Widodo memberikan bantuan kepada warga korban banjir bandang di Desa Muara Saladi, Kecamatan Ulu Pungkut,...

Pendidikan5 jam ago

Presiden Jokowi serahkan bentuan beasisiwa kepada 5.144 mahasiswa korban dampak bencana Gempa

Lombok Timur, Kabarnas – Presiden Joko Widodo serahkan beasiswa untuk mahasiswa terdampak bencana di NTB kawasan Bandara Internasional Lombok, Kamis (18/10),...

Daerah6 jam ago

Saat bagikan beasiswa Presiden ingatkan masyarakat untuk siaga bencana

Pototano, Kabarnas –  Presiden Joko Widodo mengingatkan masyarakat untuk siaga dan waspada bencana karena posisi Indonesia yang berada di garis...

Daerah6 jam ago

Tiba di Lombok, Presiden Jokowi serahkan sebanyak 2.081 buku tabungan

Sumbawa, Kabarnas -Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan rombongan tiba di Bandar Udara (bandara) Internasional...

peristiwa7 jam ago

Gempa bumi 5 SR guncang Sibolga, Sumut

Sibolga, Kabarnas – Gempa bumi 5 SR guncang Sibolga, Sumut,  sekitar pukul  19 Okt 2018, 05:12:15 WIB Hasil analisis Badan...

peristiwa7 jam ago

Gempa bumi 3.4 SR guncang Ambalau, Buru Selatan, Maluku

Ambalau, Kabarnas – Gempa bumi 3.4 SR guncang Ambalau, Buru Selatan,  sekitar pukul  19 Okt 2018, 03:10:16 WIB Hasil analisis...

peristiwa19 jam ago

Gempa bumi 5.3 SR guncang Aceh Barat

Banda Aceh, Kabarnas – Gempa bumi 5.3 SR guncang Aceh Barat, sekitar pukul  18 Okt 2018, 11:29:04 WIB Hasil analisis...

Berita2 hari ago

Mohon Perlindungan Hukum : DR.med dr Polentyno Girsang Sp.B KBD Fina Cs FICS Surati Ketua PN P.Siantar

Pematangsiantar, Kabarnas – Guna memohon perlindungan Hukum dan keadilan DR med dr Polentyno Girsang SpB KBD Fina Cs FICS menyurati...

Trending