Connect with us

Pembangunan

Presiden Jokowi sebut Proyek Padat Karya berjalan baik

Kabarnas, Banyuasin – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan proyek padat karya Tunai (PKT) berjalan baik.

Pemanfaatan anggaran Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk program PKT di Banyuasin, Sumatra Selatan berjalan dengan baik.

 

“Saya melihat bagus pemanfaatannya, membikin infrastruktur yang kecil, jalan desa dengan total tadi anggaran yang didrop di proyek itu Rp284 juta,” kata Presiden usai meninjau pelaksanaan PKT pengecoran jalan di Pangkalan Geblak, Banyuasin, Sumatra Selatan, Jumat (13/7).

Saya mendapat informasi dari pekerja bahwa gaji yang didapatkan per hari sebesar Rp95.000, “Artinya padat karya ini sudah memberikan manfaat ekonomi untuk income-income di masyarakat,” tutur Presiden.

Selain pengerjaan jalan, dalam program PKT di daerah ini juga dilakukan pembangunan posyandu. Juga dilakukan pembuatan sarana sanitasi berupa 30 jamban untuk 30 Kepala Keluarga (KK) dengan anggaran Rp2 juta per unit.

“Saya lihat juga bagus jambanisasi tadi, membikin jamban-jamban keluarga kurang lebih Rp2 juta per jamban,” tutur Presiden seraya menambahkan pembangunan sanitasi baik bagi keluarga dan kesehatan lingkungan di kampung.

Penggunaan dana desa untuk program-program pembangunan irigasi, jalan, jambanisasi, atau posyandu, dinilai Presiden sangat efektif.

“Dalam 4 tahun ini, sudah kita berikan kurang lebih Rp187 triliun pada desa, pada daerah. Manfaatnya tentu saja kita ingin perputaran uang di bawah juga semakin banyak,” pungkas Presiden.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana dalam peninjauan ini, Mendes PDTT Eko Putro Sandjoyo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin, dan Bupati Banyuasin SA Supriono.

Pembangunan

Presiden Jokowi tinjau lokasi pembangunan PLBN Sota, Merauke, Papua

Papua, Kabarnas – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin pos lintas batas negara (PLBN) yang akan segera dibangun di Sota, Merauke, Papua, bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga negara Indonesia yang tinggal di wilayah perbatasan.

Presiden Jokowi berharap  keberadaan PLBN mampu menggerakkan perekonomian wilayah dan masyarakat sekitar serta menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Indonesia yang tinggal di perbatasan.

Hingga saat ini, sudah ada 7 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang dibangun kembali dengan tujuan mengembangkan kawasan perbatasan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Ketujuh PLBN tersebut terbesar di beberapa titik perbatasan. Di Kalimantan Barat ada PLBN Entikong, Badau, dan Aruk. Kemudian PLBN Motaain, Motamasin, dan Wini di Nusa Tenggara Timur. Terakhir, PLBN Skouw di Jayapura, Papua.

“Selama empat tahun kita telah membangun 7 pos perbatasan di Aruk, Badau, Entikong, Wini, Motaain, Motamasin, dan Skouw. Tiba saatnya juga di Sota Merauke ini akan kita mulai bangun Januari 2019,” kata Presiden saat meninjau lokasi pembangunan PLBN Sota, Jumat (16/11).

“Kita harapkan selain menjadi titik pertumbuhan ekonomi baru, juga menjadi sebuah etalase kebanggaan kita karena merupakan beranda paling depan dari negara ini,” tuturnya.

PLBN Sota, sama seperti PLBN lain yang telah dibangun kembali, rencananya juga akan dilengkapi berbagai fasilitas pendukung seperti pos imigrasi dan pos karantina. Tak hanya itu, Presiden Joko Widodo meminta agar nantinya turut dibangun pasar rakyat di PLBN Sota.

“Saya tadi sampaikan, minta dibangun pasar untuk kegiatan ekonomi agar bisa digunakan masyarakat lokal di sini. Itu penting sekali. Seperti di Skouw juga ada pasarnya,” ujarnya.

Pasar rakyat tersebut akan menjadi fasilitas bagi warga sekitar untuk mengembangkan perekonomiannya sehingga kehadiran PLBN Sota tak hanya berarti sebagai pos perlintasan semata, tapi juga mendatangkan manfaat yang dapat langsung dirasakan masyarakat sekitar.

“Di Skouw itu kalau Sabtu-Minggu ramai banget. Dari Papua Nugini semuanya ke sana untuk beli,” tandasnya.

Di lokasi ini, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertemu dengan Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG Batalyon Infantri (Yonif) Mekanis 521/DY.

Presiden juga menyapa warga yang berada di sekitar PLBN Sota. Banyak warga yang meminta berswafoto dan bersalaman dengan Presiden.

Turut hadir mendampingi Presiden dan Ibu Iriana, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Gubernur Papua Barat Lukas Enembe, dan Bupati Merauke Frederikus Gebze.

 

Continue Reading

Pembangunan

Presiden Jokowi tinjau Pembangunan Trans Papua

Papua, Kabarnas – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerjanya di Papua pada Jumat (16/11), meninjau pengerjaan salah satu ruas jalan Trans Papua. Ruas jalan yang ditinjau olehnya tepatnya berada pada kilometer 23 ruas Jalan Merauke-Sota di Kabupaten Merauke.

“Saya ingin melihat langsung di lapangan karena dari data yang saya terima dari Merauke ke Boven Digoel itu jalannya berlumpur masih banyak sekali,” kata Presiden di lokasi.

Secara keseluruhan, ruas Merauke-Boven Digoel berjarak 422 kilometer. Sementara untuk ruas Merauke-Sota memiliki panjang 78 kilometer dengan tinggal 3 kilometer yang belum selesai.

“Jadi ini dari Trans Papua, dari Merauke-Sota-Boven Digoel, panjangnya 422 kilometer. Yang dari Merauke ke Sota 78 kilometer ini tinggal 3 kilometer yang belum selesai. Tanah di sini memang khas, tanahnya perlu pengerjaan khusus. Kita harapkan akhir bulan ini selesai,” ucapnya.

Sementara untuk ruas Sota-Boven Digoel sepanjang 21 kilometer ditargetkan untuk dapat selesai pada akhir tahun 2018 ini.

Untuk diketahui, ruas Merauke-Boven Digoel sepanjang 422 kilometer tersebut kini dapat ditempuh dalam waktu delapan jam perjalanan. Sebelumnya, untuk menempuh jarak yang sama diperlukan waktu hingga berminggu-minggu lamanya.

Kehadiran jalan Trans Papua tersebut diharapkan mampu memangkas waktu tempuh distribusi barang, kebutuhan logistik, dan masyarakat.

“Kita harapkan dengan selesainya jalan-jalan Trans Papua ini mobilitas barang, mobilitas orang, pengiriman logistik bisa lebih cepat lagi dan akhirnya menurunkan biaya-biaya logistik transportasi. Saya kira arahnya ke sana,” ujar Presiden.

Meski menargetkan untuk dapat diselesaikan dengan cepat, Kepala Negara menekankan bahwa kualitas tetap menjadi prioritas utama. Hal itu untuk menekan biaya pemeliharaan jalan yang memang tidak murah.

“Selalu saya tekankan soal kualitas yang baik sehingga bisa dipakai lama. Biaya pemeliharaan jalan-jalan di tengah hutan kan juga mahal. Jadi kalau kualitasnya baik, sekian tahun bisa kita pakai terus,” tandasnya.

Sementara itu, saat meninjau kilometer 84 ruas jalan Merauke-Sota, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Presiden mengatakan bahwa ruas jalan tersebut semula merupakan jalan berlumpur.

“Dulu jalannya berlumpur menuju ke Boven Digoel, yang sering pada menginap di jalan. Sekarang jalannya sudah selesai tapi ini juga baru saja selesai, baru saja. Markanya juga belum ada juga,” ucap Presiden.

Dalam peninjauan ini, Presiden didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Continue Reading

Pembangunan

Presiden Jokowi sebut Monumen Kapsul Waktu di Kabupaten Merauke seperti markas Avengers

Papua, Kabarnas – Mengawali kunjungan kerjanya ke Provinsi Papua hari ini, Jumat (16/11), Presiden Joko Widodo (Jokowi)  meresmikan Monumen Kapsul Waktu di Kabupaten Merauke.

Presiden Jowi sebut Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Provinsi Papua, sangat futuristik seperti markas Avengers sehingga diharapkan mampu mendorong anak bangsa memiliki jiwa dan semangat yang sama dengan para Avengers.

“Saya juga mengikuti di media sosial yang ramai membicarakan Monumen Kapsul Waktu ini. Katanya, bentuknya seperti markas Avengers yang juga sangat futuristik, ucap Jokowi setelah meresmikan Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Provinsi Papua, Jumat (16/11.

Tujuh mimpi anak-anak bangsa diletakan secara permanen di Monumen Kapsul Waktu Impian Indonesia di Merauke, di ujung timur Indonesia.

Presiden menjelaskan bahwa untuk bisa dibaca, bertahan puluhan tahun, maka tujuh impian anak-anak bangsa dimasukan dalam kapsul yang bentuknya sangat futuristik.  “Sehingga kelak di tahun 2085 dibuka oleh penerus kita. Apakah tujuh mimpi besar itu telah bisa kita wujudkan? Jadi, ini bukan semata-mata monumen biasa. Ini adalah monumen impian kita bersama, kata Presiden dalam sambutannya.

Monumen itu, lanjut Presiden, memiliki jiwa dan semangat yang sama dengan para Avengers yang bukan hanya punya mimpi besar.  “Tapi melakukan tindakan yang besar untuk melindungi orang banyak, melindungi orang yang lemah. Begitu pula, melalui monumen ini, kita bukan saja meletakkan mimpi kita sebagai bangsa yang besar, tapi kita akan bekerja keras, bekerja bersama, berikhtiar untuk mewujudkan mimpi besar itu,  kata Kepala Negara.

Sebanyak tujuh mimpi anak-anak bangsa dari 34 provinsi yang ditulis dan disimpan dalam kapsul waktu itu yakni satu, SDM Indonesia kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia.

Dua, masyarakat Indonesia menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius, dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika.

Tiga, Indonesia sebagai pusat pendidikan, teknologi, dan peradaban dunia.

Empat, masyarakat dan aparatur pemerintah kita bebas dari perilaku korupsi.

Lima, membangun infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia.

Enam, Indonesia sebagai negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia Pasifik.

Tujuh, Indonesia sebagai barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

Turut hadir mendampingi Presiden dan Ibu Negara Irianto Joko Widodo, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Gubernur Papua Barat Lukas Enembe, dan Bupati Merauke Frederikus Gebze.

 

Continue Reading

terbaru

Keamanan8 jam ago

Polda Banten dan Daerah Istimewa Yogyakarta jadi Polda Type A

Jakarta, Kabarnas – Tipologi Polda Daerah Istimewa Yogyakarta dan Polda Banten dinaikkan dari tipe B menjadi tipe A. Peningkatan tipologi...

Internasional8 jam ago

Presiden Jokowi hadiri pertemuan APEC

Jakarta, Kabarnas – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pertemuan Dewan Bisnis Asia-Pacific Economic Cooperation atau APEC Business Advisory Council (ABAC)...

Ekonomi8 jam ago

Presiden Jokowi tegaskan pentingnya bersikap inklusif dalam era ekonomi digital

Jakarta, Kabarna- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pentingnya bersikap inklusif dalam era ekonomi digital saat pertemuan dengan Asia-Pacific Economic Cooperation...

Berita8 jam ago

Tingkat Pengangguran Terbuka Terendah Selama Pemerintahan Jokowi-JK

Jakarta, Kabarnas –  Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri mengemukakan, tingkat pengangguran tahun 2018 ini merupakan angka terendah selama dalam pemerintahan Jokowi-JK...

peristiwa8 jam ago

Sejak Dinihari tadi sudah 12 kali Gempa dirasakan warga di Mamasa

Mamasa,  Kabarnas – Gempa bumi 2.9 SR guncang Lombok Utara, Sulbar,   pada 18 Nov 2018, 07:40:43 WIB Hasil analisis Badan...

peristiwa8 jam ago

Gempa bumi 5.0 SR guncang MANDAILING NATAL, SUMUT

Panyabungan,  Kabarnas – Gempa bumi 5.0 SR guncang MANDAILING NATAL, SUMUT,   pada 17 Nov 2018, 17:41:49 WIB Hasil analisis Badan...

Berita1 hari ago

MENHAN : Kejahatan Merajalela Kalau Orang Baik Diam

Kabarnas, Semarang – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menilai kejahatan akan merajalela di negeri bila orang baik diam saja dan tidak...

peristiwa1 hari ago

Gempa bumi 3 SR guncang Lombok Utara, NTB

Tanjung,  Kabarnas – Gempa bumi 3 SR guncang Lombok Utara, NTB,   pada 17 Nov 2018, 05:46:47 WIB Hasil analisis Badan...

peristiwa2 hari ago

Gempa bumi 2.4 SR guncang Mamasa, Sulbar untuk yang ke 15 kalinya hari ini

Mamasa,  Kabarnas – Gempa bumi 2.4 SR guncang Mamasa, Sulbar,   pada 16 Nov 2018, 21:53:34 WIB Hasil analisis Badan Meteorologi,...

Pembangunan2 hari ago

Presiden Jokowi tinjau lokasi pembangunan PLBN Sota, Merauke, Papua

Papua, Kabarnas – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin pos lintas batas negara (PLBN) yang akan segera dibangun di Sota, Merauke,...

Trending