Connect with us

Olahraga

Menpora optimis Indonesia masuk 7 besar pada Asian Para Games 2018

Solo –  Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi  optimis tim Indonesia bisa memenuhi target masuk peringkat 7 besar pada Asian Para Games 2018.

Hal itu disampaikan Menpora usai mengunjungi pelatnas cabang olah raga (Cabor) boling di Bengawan Sport Center Solo Baru, Jawa Tengah, Kamis (13/9) sore.
Menpora pastikan persiapan pelatnas boling telah maksimal tinggal beberapa penyesuaian dengan venue pertandingan yang ada di Jakarta.
“Dari boling nanti kita harapkan meraih satu medali emas yang bisa membantu pencapaian tujuh besar dari target prestasi ini,” tegasnya didampingi Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Mulyana.
Ia merasa terkesan salah satu atlet putri potensi peraih emas boling Indonesia Elsa Maris karena memperlihatkan progres latihan yang membanggakan.
“Saya tadi langsung nyoba bersama calon peraih medali emas Elsa rupanya memang pantas banget meraih emas tinggal support, persiapan mental dan fisiknya, saya juga minta kepada NPC agar dijaga kesehatan atlet, nutrisi, psikologi sehingga mereka bisa maksimal dan jauh dari masalah non-teknis,” ujar Menpora.
Hasil try out para atlet menurut Menpora menjadi hal penting dan menjadi tolok ukur yang tidak bisa dikesampingkan.
“Hasil try out menjadi tolok ukur kita dari try out tentu mereka telah bertemu atlet-atlet dari negara lain yang mungkin tidak ikut di APG, ada angka yang membuat kita optimis ada juga ada rencana pencapaian baru tetapi kita akan fokus pada 16 medali emas yang diperjuangkan,” tuturnya.
Pelatih boling APG 2018 Waluyo membenarkan potensi medali emas dari cabor boling hingga 99 persen.
“Iya benar potensi medalinya 99% khususnya dari Elsa karena hasil evaluasi try out di Malaysia kelasnya di-mix dengan putra karena lawannya hanya ada dari tiga negara untuk di APG Jakara lawannya sudah ada empat orang dari tiga negara (Korea, Malaysia dan Singapura),” katanya.
Lebih lanjut, Menpora menjelaskan bahwa para atlet tidak terkendala terkait proses adaptasi dengan venue.
“Terkait venue di Jakarta dari 10 atlet kita (3 putri, 7 putra) memang venue lama tetapi atlet kita akan cepat adaptasi tidak ada kendala karena land di sini tidak lebih baik dari di Ancol hanya saja di oiling (minyak) nya,” tuturnya.
Prestasi Indonesia di APG Guangzhou tahun 2010 Indonesia di peringkat 14 dengan koleksi 1 medali emas, 5 perak dan 5 perunggu. APG ke-2 tahun 2014 Incheon Indonesia Peringkat 9, dengan 9 medali emas, 11 perak dan 18 perunggu.
Di APG ke-3 2018 Jakarta, NPC Indonesia menargetkan Indonesia di peringkat 7 dengan 17 emas, yang diprediksi dari cabor para atletik 2 emas, para badminton 4 emas, chess 4 emas, power lifting 1 emas, swiming 4 emas, table tennis 2 emas.
Sementara, cabang dengan emas terbanyak yaitu di para atletik 169 medali emas. 15 cabang dari 18 cabang APG 2018 merupakan kualifikasi pertama Paralympic 2020 Tokyo.
Asian Games 2018 akan dibuka pada 6 Oktober 2018 mendatang di GOR Bung Karno, Senayan. Pesta olahraga ini diikuti 2.888 atlet dari 42 negara di Asia yang akan bertanding di 18 cabang olahraga.

Olahraga

Edy Rahmayadi sambut obor Indonesia Asian Para Games 2018

Medan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyambut obor Indonesia Asian Para Games 2018 yang akan diarak di Kota Medan, Minggu (23/9). Dari api yang menyala, diharapkan semangat para atlet dari provinsi ini terpancar untuk memenangi setiap pertandingan.

“Saya ucapkan selamat datang kepada Ketua Inapgoc (Indonesia Asian Para Games Organizinig Committee) Bapak Raja Sapta Oktohari dan duta obor Asian Para Games serta undangan yang hadir. Ini hari bersejarah bagi Sumatera Utara yang dilalui api obor yag dimulai dari beberapa tempat dan kini sampai di Medan,” ujar Gubernur Edy Rahmayadi didampingi Wakil Gubernur Musa Rajekshah, Sekdaprov Sumut Dr Hj R Sabrina, Walikota Medan Dzulmi Eldin serta jajaran pimpinan OPD Pemprov Sumut, di halaman Kantor Gubernur Jalan Pengeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Sabtu (22/9).

Provinsi ini, kata Gubernur, dikenal dengan keberagaman suku bangsa dan toleransi tinggi antar umat beragama. Begitu juga sebagai daerah yang ramah bagi penyandang disabilitas. Hal tersebut dibuktikan dengan keberhasilan para atlet (para games) Sumut menduduki peringkat tiga nasional pada Pekan Paralympic Nasional 2016 di Jawa Barat.

“Dukungan kepada saudara-saudara kita penyandang disabilitas akan tetap dan terus dilanjutkan. Pemprov Sumut mengapresiasi setingginya kepada Inapgoc, NPC Sumut, Pemko Medan serta masyarakat yang antusias menyemarakkan pawai obor Asian para Games esok hari (Minggu, 23 September 2018),” sebut Edy.

Dengan penyambutan ini, Gubernur berharap bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat sekaligus penyemangat bagi para atlet penyandang disabilitas untuk sukses dalam kehidupan.

Sementara Ketua Inapgoc Raja Sapta Oktohari menyampaikan bahwa kegiatan Asian para Games 2018 adalah yang palng bergengsi di Asia untuk disabilitas. Merupakan yang kedua bergengsi di dunia setelah Paralympic.

“Ini juga menjadi momentum bersejarah karena Indonesia dipercaya sebagai negara ketiga menjadi tuan rumah. Kami laporkan dengan bangga, ada tujuh anak Medan (Sumut) yang akan berlaga. Dua diantaranya mendapatkan prestasi mendali emas di Asean Para Games Kuala Lumpur yang lalu,” katanya, yang juga menyampaikan pesan agar prestasi yang ditorehkan atlet sebelumnya, bisa memberikan semangat bagi atlet yang lainnnya.

Dalam penyambutan tersebut, disuguhkan tarian Melayu untuk menyambut obor Asian Para Games di Kota Medan yang akan diarak pada esok harinya. *

 

Continue Reading

Olahraga

Korea kemungkinan besar akan bergabung di Asian Para Games 2018

Jakarta – Atlet Korea Selatan dan Korea Utara kemungkinan besar akan bergabung menjadi satu tim dalam beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan pada Asian Para Games 2018.

“Kami belum menerima informasi resmi tentang cabang olahraga apa saja yang akan diwakili oleh Korea Bersatu, tetapi kemungkinan besar tenis meja,” ujar Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom kepada sejumlah media di Jakarta, Jumat (21/9) sebagaimana ditulis Antara.

Sebelumnya, tim Korea Bersatu berpartisipasi dalam tiga cabang olahraga Asian Games 2018 yakni cabang bola basket putri, cabang perahu kano/kayak, dan cabang dayung.

Bahkan, tim putri Korea Bersatu berhasil menyabet medali emas Asian Games untuk nomor balap perahu tradisional 500 meter.

Kesuksesan tersebut diharapkan akan kembali terulang dalam ajang Asian Para Games yang diselenggarakan di Jakarta pada 6-13 Oktober 2018.

“Kami mendengar para atlet Korea Selatan dan Korea Utara akan berpawai bersama dalam pembukaan Asian Para Games, seperti yang dilakukan para atlet dalam pembukaan dan penutupan Asian Games lalu,” ujar Dubes Kim.

Korea Selatan akan mengirimkan delegasi berjumlah 300 orang terdiri dari atlet, pelatih, dan officials dalam pesta olahraga bagi penyandang disabilitas itu.

Sebelumnya, Korea Selatan dan Korea Utara telah sepakat untuk bersama mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

Kesepakatan tersebut dicapai dalam pertemuan Intra-Korea antara Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Pyongyang, pada Rabu (19/9).

Dalam pernyataan bersama kedua pemimpin, disebutkan bahwa dua Korea juga setuju untuk bergabung dalam berbagai kompetisi olahraga internasional termasuk Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang.

Ide untuk menjadi tuan rumah bersama di Olimpiade 2032 diajukan oleh oleh Menteri Olahraga Korea Selatan Do Jong-hwan.

Menurut Do, keinginan menjadi tuan rumah bersama Olimpiade 2032 menyusul suksesnya Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, dimana partisipasi Korea Utara ketika itu ikut membantu meredakan ketegangan di Semenanjung Korea.

“Untuk mempromosikan rasa solidaritas dan persatuan antara masyarakat kedua Korea, Presiden Moon dan Pemimpin Kim ingin meningkatkan partisipasi bersama dalam ajang-ajang olahraga internasional selanjutnya,” ujar Dubes Kim.

Continue Reading

Olahraga

Manchester United menang 3-0 atas BSC Young Boys di grup H Liga Champions

Bern, Swiss – Bintang Manchester United Paul Pogba, mengemas dua gol pada laga perdana mereka di penyisihan Grup H Liga Champions ketika bertandang ke markas BSC Young Boys Stadion de Suisse, Bern, Swiss, Kamis (20/9) dini hari WIB.

Sedangkan Anthony Martial turut mencetak satu gol melengkapi kemenangan yang mengantarkan tim besutan Jose Mourinho itu memuncaki klasemen sementara Grup H, setelah di pertandingan lain Juventus hanya menang 2-0 atas Valencia.

Tuan rumah mengancam lebih dulu lewat tembakan Mohamed Ali Camara pada menit 17 namun penjaga gawang David de Gea sigap menepis bola.

Pogba memecah kebuntuan dan membawa United unggul pada menit 35 ketika ia menerima umpan dari Fred di luar kotak penalti dan menggiring bola kedalam kotak pinalti lalu melesakkan tendangan keras sehingga mengetarkan jala gawang yang dijaga kiper David von Ballmoos.

United memperoleh peluang untuk menggandakan keungggulan ketika wasit mendakwa tangan Kevin Mbambu menyentuh bola umpan silang Luke Shaw pada menit 43.

Pogba yang mengambil alih tugas sebagai algojo dan kendati arah tembakannya bisa ditebak oleh Von Ballmoos namun laju bola tetap tak terbendung demi membawa United unggul 2-0 atas Young Boys pada menit 44.

Tuan rumah belum menyerah setelah turun minum, namun mereka kesulitan membongkar pertahanan United.

Tim tamu malahan memperbesar keunggulan mereka ketika Martial berlari bebas sendirian dan menyelesaikan umpan sodoran Pogba dengan tembakan yang sempat membentur pemain lawan sebelum melesak ke gawang Young Boys pada menit 66.

Dewi Fortuna agaknya memang memalingkan wajahnya dari Young Boys, ketika percobaan tembakan Ali Camara hanya membentur mistar gawang pada menit 74. Kedudukan 3-0 bertahan hingga wasit meniup peluit tanda laga usai.

Continue Reading

terbaru

Keamanan6 jam ago

Pangdam I/BB dan Kapoldasu mimpin apel gabungan TNI/Polri di depan kantor DPRD Sumut

Medan –  Kodam I/BB dan Polda Sumut menggelar apel gabungan TNI-Polri di Jalan Imam Bonjol depan DPRD Sumut,guna mengamankan pileg...

Internasional6 jam ago

Masa keketuaan Indonesia di IAEA berakhir

London – Mas keketuaan  Indonesia di Dewan Gubernur Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) selama satu tahun dari September 2017 hingga...

Berita6 jam ago

Caleg maupun partai politik belum boleh Berkampanye di Media.

Karimun – Walaupun sudah memasuki tahapan Kampanye, namun  calon anggota legislatif (Caleg) maupun partai politik untuk tidak berkampanye di media....

Berita7 jam ago

Presiden Jokowi hadiri ulang tahun ke 50 Kadin.

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) Senin malam, menghadiri perayaan HUT Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia yang ke-50 di...

Berita19 jam ago

BNN sebut sipir LP dengan uang SPP RP.50 Jt, bantu selundupkan Narkoba

Jakarta- Badan Narkotika Nasional (BNN) menyatakan oknum sipir Lembaga Pemasyarakatan (LP) Lubuk Pakam, Sunggal Medan, Tanjung Balai, Sumatera Utara, bernama...

Berita19 jam ago

Pemilu 2019 lebih rumit, lebih kompleks, lebih massal, dibandingkan pemilu yang lalu

Jakarta – Menko Polhukam Wiranto, perkirakan  Pemilihan Umum 2019akan lebih rumit, kompleks, dan massal daripada pemilu yang lalu, karena akan...

Daerah19 jam ago

Pemkot Medan ingin adopsi aplikasi Smart City Kota Tangerang

Tangerang – Pemerintah Kota (Pemkot) Medan menandatangani Memorandum of Understanding dengan Pemkot Tangerang dalam pemanfaatan teknologi Smart City. Ragam prestasi...

Hukum19 jam ago

Sebarkan Video Hoaks, akun instagram dilaporkan ke Polrestabes Medan

Medan, – Pengelola Kompleks Perumahan Cemara Asri, Desrazeki Putra (38) melaporkan salah satu akun instagram ke Polrestabes Medan karena dinilai...

Berita1 hari ago

Ma’ruf Amin mendapat dukungan dari habaib muda

Jakarta – Calon Wakil Presiden RI nomor urut 01, Ma’ruf Amin mengaku mendapat dukungan dari habaib muda atas posisinya hijrah...

Berita1 hari ago

Salahuddin Uno bertemu dengan Ketua DPR dari Partai Golkar Bambang Soesatyo

Jakartra – Calon Wakil Presiden RI nomor urut 02 yang diusung koalisi partai Gerindra, Demokrat, PAN, dan PKS, Sandiaga Salahuddin...

Trending