Connect with us

Olahraga

Menang Adu Penalti, Kroasia Kubur Ambisi Tuan Rumah Rusia

Kabarnas, Kroasia melaju ke babak semifinal Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Rusia dengan skor 4-3 melalui drama adu penalti dini hari tadi (8/7) di Stadion Fisht.

Bagi Kroasia, ini merupakan untuk kali kedua berhasil mencapai semifinal Piala Dunia sepanjang sejarah. Pertama kali mereka melakukannya pada Piala Dunia 1998 yang menjadi debut mereka.

Tim asuhan Zlatko Dalic itu ke semifinal lewat perjuangan keras. Mereka harus melewati drama adu penalti untuk mengubur ambisi tuan rumah Rusia.

Adu penalti dilakukan setelah dalam waktu normal dan perpanjangan waktu, skor sama kuat 2-2. Dalam adu penalti, Kroasia menang 4-3.

Dua penendang Rusia, Fedor Smolov dan Mario Fernandes, gagal menunaikan tugasnya. Sementara, hanya satu penendang Kroasia yang gagal yakni Mateo Kovacic.

Rusia sendiri memimpin 1-0 pada menit 31 lewat tendangan jarak jauh dari Denis Cheryshev. Kroasia membalas lewat sundulan Andrej Kramaric pada menit 40.

Begitu peluit pertandingan dimulai dibunyikan, Rusia langsung tampil menggebrak. Mereka menekan pertahanan Kroasia pada menit-menit awal. Namun, Kroasia langsung mengambil alih permainan. Mereka pun tak mau kalah dengan memberikan tekanan ke pertahanan Rusia.

Hingga 25 menit pertama, Kroasia dominan dalam penguasaan bola. Namun, Rusia bukan tanpa ancaman. Mereka sangat berbahaya saat mendapat serangan balik. Strategi ini yang membuat mereka unggul pada menit 31.

Lewat sebuah serangan cepat, Artem Dzyuba memberikan bola kepada Cheryshev. Membawa bola sejenak, begitu ada ruang tembak, Cheryshev melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti. Tendangan lengkung gelandang Villarreal itu melesat dan merobek jala gawang Kroasia yang dikawal Danijel Subasic. Kiper AS Monaco itu hanya melongo dan melihat arah bola tanpa beraksi. Subasic benar-benar mati langkah.

Usai gol tersebut, Rusia semakin garang dalam melakukan serangan. Mereka seakan mendapat motivasi tambahan. Beberapa ancaman diberikan dan membuat pertahanan Kroasia sempat kedodoran. Bahkan, dua pemain belakang mereka, Dejan Lovren dan Ivan Strinic harus mendapat kartu kuning.

Kroasia mencoba keluar dari tekanan. Hasilnya, pada menit 40, Kramaric berhasil menggetarkan jala gawang Rusia yang dijaga Igor Akinfeev. Dia mencetak gol lewat sundulan usai menerima umpan silang dari penyerang Mario Mandzukic. Skor berubah menjadi 1-1 pada menit 40.

Tersisa lima menit sebelum jeda, laga makin menarik. Jual beli serangan terjadi. Namun, tak ada tambahan gol hingga babak pertama berakhir.

Kroasia makin agresif. Meski dominan, Kroasia tetap mendapat ancaman. Kroasia memiliki peluang terbaik lewat tendangan Ivan Perisic di awal babak kedua. Tapi, tendangannya membentur tiang gawang dan bola memantul keluar.

Kiper Danijel Subasic melakukan penyelamatan gemilang pada menit-menit akhir. Laga pun harus berlanjut hingga perpanjangan waktu. Dari 2×45 menit, Kroasia dominan dalam penguasaan bola yakni 65% berbanding 35%.

Selain itu, Kroasia juga melepaskan 15 tembakan dengan 2 di antaranya on target. Rusia memang lebih sedikit yakni hanya 9 tembakan. Namun, 4 di antaranya on target. Subasic berhasil melakukan 3 penyelamatan gemilang karena hanya 1 gol yang bersarang ke gawangnya.

Laga dilanjutkan perpanjangan waktu. Dalam 2×15 menit, tercipta dua gol. Satu untuk Rusia dan satu untuk Kroasia. Kroasia mencetak gol lebih dahulu lewat Vida, kemudian dibalas Fernandes.

Kroasia mampu mencetak gol di perpanjangan waktu lewat sundulan Domagoj Vida pada menit 101 usai memanfaatkan sepak pojok dari Luka Modric.

Namun, Rusia mampu membalas lewat sundulan Mario Fernandes pada menit 115. Dia memanfaatkan umpan tendangan bebas Alan Dzagoev. Skor menjadi sama kuat 2-2 dan berakhir hingga babak perpanjangan waktu selesai. Adu penalti pun dilakukan.

Bagi kedua tim, ini untuk kali kedua harus berlaga hingga adu penalti. Seperti diketahui, saat melewati 16 besar, Rusia dan Kroasia juga menjalani adu penalti. Rusia menyingkirkan Spanyol, sementara Kroasia mengalahkan Denmark. Kroasia akan menantang Inggris pada partai semi final nanti dimana sebelunnya Inggris telah maju duluan setelah menang 2-0 atas Swedia. (SPS)

Olahraga

Barcelona takluk dikandang sendiri saat menjamu Real Betis

Jakarta, Kabarnas – Real Betis sukses mempermalukan Barcelona di Nou Camp, Barcelona, Spanyol, dan meraih kemenangan 4-3 dalam laga pekan ke-12 Liga Spanyol pada Senin (12/11) dini hari WIB.
Pada pertandingan kali ini, mega bintang Barcelona Lionel Messi diturunkan sejak awal pertandingan pascacidera, dan mampu mencetak dua gol pada menit ke 68′ melalui titik penalti, dan 90+2. Arturo Vidal berhasil menyumbangkan satu gol pada menit ke 79′, namun tiga gol tersebut tidak mampu membuat mereka meraih poin.

Menit ke 20′ petaka bagi Barcelona, melalui skema serangan balik Junior Firpo melesakkan bola kegawang Barcelona,  setelah menerima umpan dari William Carvalho dan melepaskan sepakan kaki kanan ke area tiang dekat skor 1-0 untuk Real Betis.
Menit 34′ umpan silang Firpo diteruskan oleh Cristian Tello ke Joaquin yang dengan mudah melesakkan boladan tidak mampu diantisipasi Marc-Andre ter Stegen skor berubah jadi 2-0. Skor ini bertahan sampai turun minum.
Barcelona mencoba mengejar ketertinggalan, pada menit ke 68′, dari titik putih, wasit menunjuk titik putih setelah  Jordi Alba dilanggar Tello. Messi yang maju sebagai eksekutor berhasil melesakkan bola skor berubah jadi 2-1 untuk keunggula Betis.
Tiga menit kemudian, pendukung tuan rumah terdiam setelah tendangan Giovani Lo Celso menit ke 71  tak mampu diantisipasi sempurna oleh kiper Marc-Andre ter Stegen, tepisannya tak mampu menghentikan bola skor jadi 3-1.
Mencoba mengejar ketertinggalan, menerima umpan matang dari Messi, Munir El Haddadi meneruskannya kepada Arturo  Vidal, berdiri bebas Vidal menit ke -79, menyarangkan bola ke gawang yang sudah tak bertuan skor berubah jadi 3-2 untuk kemenangan Betis.
 Keuntungan nampaknya berpihak kepada Betis, setelah sejak menit ke 81′  Barcelona harus bermain dengan sepuluh opemain, Ivan Rakitic harus meninggalkan lapangan setelah menerima kartu kuning kedua akibat melanggar Lo Celso.
Unggul jumlah pemain, kesempatan tersebut dimanfaatkan pemain  Betis, umpan  Firpo kepada Sergi Canales yang berdiri bebas dikotak penalti mampu dikonfersi jadi gol pada menit ke 83′, Betis menjauh dengan skor 4-2.

Memasuki injuri time, pada menit ke 90’+2,  Messi  yang mendapat umpan dari Vidal, melesakkan bola kegawang Betis, gol tersebut disahkan wasit setelah memeriksa rekaman dari asisten wasit video (VAR).

Gol tersebut merupakan gol terakhir, skor 4-3 untuk kemenangan Real Betis.
Meski kalah, Barcelona tetap berada di puncak klasemen dengan raihan 24 poin, sementara Betis naik ke peringkat 12 dengan poin 16.
Susunan pemain seturut laman resmi Liga Spanyol: Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Ivan Rakitic, Sergio Busquets (Carles Alena), Arthur (Arturo Vidal); Lionel Messi, Luis Suarez, Malcom (Munir El Haddadi)

Pelatih: Ernesto Valverde

Real Betis (3-5-2): Pau Lopez; Aissa Mandi, Marc Bartra, Sidnei; Cristian Tello, Giovali Lo Celso (Takashi Inui), William Carvalho, Andres Guardado, Junior Firpo; Joaquin (Sergio Canales), Lorenzo Moron (Sergio Leon)

Pelatih: Quique Setien (G006).


KOMENTAR
Continue Reading

Olahraga

Fiala AFF 2018: Timnas Indonesia kalah 0-1 dari Timnas Singapura

Singapura, Kabarnas – Tim nasional sepak bola Indonesia kalah 0-1 dari tuan rumah Singapura pada laga Grup B Piala AFF 2018, Jumat (9/11), yang digelar di Stadion Nasional, Singapura.

Satu satunya gol yang terjadi pada pertandingan tersebut, dicetak oleh kapten timnas Singapura, Hariss Harun pada menit ke-37. Satu menit berselang, Indonesia sempat mencetak gol lewat Alberto Goncalves setelah menerima umpan Irfan Jaya. Namun wasit menganulirnya karena Irfan Jaya lebih dulu masuk jebakan offside.

Usai pertandingan Pelatih tim nasional sepak bola Singapura Fandi Ahmad mengatakan, kunci kemenangan timnya atas Indonesia adalah keberhasilan tim asuhannya menghenntikan pemain sayap Indonesia.

Dengan mengunci dua pemain sayap tim Garuda, Febri Hariyadi dan Irfan Jaya, Indonesia tidak bisa mengembangkan permainannya.

“Indonesia memiliki pemain sayap yang cepat dan berbahaya jika diberikan ruang. Kami pun menghentikan suplai bola kepada mereka,” ujar Fandi.

Menurut pelatih yang pernah menangani klub Indonesia Pelita Jaya itu, bola tidak bisa sampai ke sayap karena dia menginstruksikan timnya menekan gelandang tengah Indonesia. Hal ini dilakukan dengan baik oleh anak-anak asuhnya. Dan kalau Febri atau Irfan Jaya akhirnya mendapatkan bola, pertahanan Singapura berhasil menghentikan mereka dengan kerja sama yang solid dan kompak.

“Kami bermain kolektif dan menutup rapat pertahanan kami,” tutur Fandi.

Secara khusus Fandi juga memuji kapten Hariss Harun yang bermain dengan cemerlang dan sukses mempersempit ruang lini tengah Indonesia. Dia  bermain solid dan selalu berusaha merebut bola dan seolah olah berada di semua sisi lapangan dalam laga tadi,” kata Fandi.

Sementara Pelatih tim nasional sepak bola Indonesia Bima Sakti menyoroti mentalitas para pemainnya yang dianggap sulit mengendalikan emosi ketika berhadapan dengan Singapura.

“Setiap pemain seharusnya bertanggung jawab mengendalikan emosi karena sikap emosional bisa merugikan tim,” ujar Bima usai pertandingan.

Pelatih berusia 42 tahun tersebut menyadari bahwa selalu ada tekanan berat di setiap pertandingan perdana turnamen.

Namun, hal itu bukan berarti rasa emosi diumbar begitu rupa. Ketika menghadapi Singapura, beberapa kali pemain Indonesia terlihat beradu argumen dengan pemain Singapura. Ujungnya, hal itu berbuah kartu merah pada menit ke-90+4 untuk bek I Putu Gede Juni Antara yang kedapatan menyikut pemain Singapura.

“Ini menjadi hal yang harus diperbaiki ke depan,” tutur Bima.

Penyerang timnas Indonesia Alberto “Beto” Goncalves, juga meminta para pemain Indonesia tetap tenang meski dalam kondisi tertekan. Menurutnya rasa emosi,  akan membuat pikiran menjadi tidak jernih.

“Di laga berikutnya kami harus tenang karena selalu ada waktu untuk mencetak gol. Emosi dapat membuat pemain kehilangan fokus,” kata Beto.

Kekalahan itu membuat Indonesia untuk sementara berada di peringkat ketiga klasemen Grup B, di bawah pemimpin klasemen Thailand yang menundukkan Timor Leste dengan skor 7-0, Jumat (9/11) dan Singapura di peringkat kedua. Timor Leste sendiri bertengger di peringkat keempat.

Tim lainnya di Grup B, Filipina baru memainkan laga perdananya pada Selasa (13/11) melawan Singapura.

Pada laga selanjutnya di Grup B, Selasa (13/11), Indonesia akan menghadapi Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Susunan Pemain:

Singapura (3-6-1): Hassan Abdullah Sunny; Muhammad Shakir Hamzah (Nasrul Nazari 85′), Irfan Fandi Ahmad, Muhammad Safuwan Baharudin; Muhammad Zulqarnaen Suzliman, Muhammad Faris Ramli, Muhammad Tasir Hanapi, Muhammad Izzdin Shafiq Yacob, Harris Harun, Gabriel Quak Yil (Adam Swandi 77′); Ikhsan Fandi Ahmad

Pelatih: Fandy Ahmad

Indonesia (4-5-1): Andritany Ardhiyasa; Putu Gede Juniantara, Ricky Fajrin (Fachrudin Aryanto 64′), Hansamu Yama Pranata, Rizky Pora; Evan Dimas Darmono, Zulfiandi, Irfan Jaya (Riko Simanjuntak 46′), Stefano Lilipaly (Septian David 84′), Febri Hariyadi; Alberto Goncalves.
Pelatih: Bima Sakti

Continue Reading

Olahraga

Daftar Klasemen Gruf A-F Liga Eropa

Jakarta, Kabarnas –  Sebanyak empat tim dari Grup A-F Liga Europa, yakni Bayer Leverkusen, FC Zurich, Dinamo Zagreb, dan Arsenal mengamankan kursi mereka di putaran 32 besar setelah menjalani pertandingan-pertandingan fase grup putaran keempat yang dimainkan pada Jumat dini hari WIB.

Bayer Leverkusen mencatatkan kemenangan 1-0 atas FC Zurich untuk memastikan diri melaju ke fase berikutnya, namun tim Swiss yang menjadi lawan mereka juga berhak mendampingi tim Jerman tersebut, setelah keduanya memiliki koleksi poin (sembilan) yang mustahil disamai oleh dua tim lain di grup tersebut, yakni Ludogoretz dan AEK Larnaca.

Berikut klasemen sementara Piala Eropa 2018 sampai Jumat (9/11).

Grup A
 No  Tim  Main  Menang  Imbang  Kalah  Memasukan Kemasukan  Poin
 1. Bayer Leverkusen  4  3  0  1  10 7  9*
 2. FC Zurich  4 3  0  1  5 3  9*
 3. Ludogorets  4  0  2  2  3 5  2
 4 AEK Larnaca  4  0  2  2  3 6  1
Grup B
 No  Tim  Main  Menang  Imbang  Kalah  Memasukan Kemasukan  Poin
 1. Salzburg 4 4 0 0 14 5 12
 2. RB Leipzig 4 2 0 2 8 6 6
 3. Celtic 4 2 0 2 4 6 6
 4 Rosenborg  4 0 0 4 3 12 0
Grup C
 No  Tim  Main  Menang  Imbang  Kalah  Memasukan Kemasukan  Poin
 1.
Zenit St Petersburg
4 2 2 0 5 3 8
 2. Slavia Praha 4 2 1 1 2 1 7
 3. Copenhagen 4 1 2 1 3 3 5
 4 Bordeaux 4 0 1 3 3 6 1
Grub D
 No  Tim  Main  Menang  Imbang  Kalah  Memasukan Kemasukan  Poin
 1. Dinamo Zagreb 4 4 0 0 11 3 12*
 2.  Fenerbahce 4 2 1 1 7 6 7
 3. Spartak Trnava 4 1 0 3 3 7 3
 4 Anderlecht 4 0 1 3 2 7 1
Grup E
 No  Tim  Main  Menang  Imbang  Kalah  Memasukan Kemasukan  Poin
 1. Arsenal 4 3 1 0 8 2 10*
 2. Sporting 4 2 1 1 4 2 7
 3. Vorslka 4 1 0 3 4 7 3
 4  Qarabag 4 1 0 3 1 6 3
Grup F
 No  Tim  Main  Menang  Imbang  Kalah  Memasukan Kemasukan  Poin
 1. Real Betis 4 2 2 0 6 2 8
 2. AC Milan 4 2 1 1 6 4 7
 3. Olympiacos 4 2 1 1 8 4 7
 4  Dudelange 4 0 0 4 1 11 0

Keterangan: *Klub yang lolos ke babak 16 besar.

Berikut hasil pertandingan keempat penyisihan Grup A-F Liga Europa yang berlangsung Jumat dini hari WIB seturut laman resmi UEFA: Grup A Bayer Leverkusen 1 (Tin Jedvaj 60′) – FC Zurich 0 Ludogorets 0 – AEK Larnaca 0
Grup B Celtic 2 (Kieran Tierney 11′, Odzonne Edouard 79′) – RB Leipzig 1 (Jean-Kevin Augustin 78′) Rosenborg 2 – Salzburg 5 Grup C Bordeaux 1 (Francois Kamano 35′ PEN) – Zenit St Petersburg 1 (Anton Zoboltny 72′) Slavia Praha 0 – Copenhagen 0 Grup D Fenerbahce 2 (Mathieu Valbuena 71′, Michael Frey 74′) – Anderlecht 0 Dinamo Zagreb 3 (Amer Gojak 22′, Andrej Kadlec 36′ OG, Mislav Orsic 80′) – Spartak Trnava 1 (Vakhtang Tchanturishvili 63′) Grup E Arsenal 0 – Sporting 0 Grup F Olympiacos 5 (Vasilios Torosidis 6′, Konstantinos Fortounis 15′, Lazaros Christodoulopoulos 26′, Konstantinos Fortounis 36′ Ahmed Hassan Koka 70′) – Dudelange 1 (Danel Sinani 69′) Real Betis 1 (Giovani Lo Celso 12′) – AC Milan 1 (Suso 62′)
Continue Reading

terbaru

Berita8 jam ago

Sangat Tidak Etis Sandiaga Uno melangkahi makam KH Bisri Syansuri

Jakarta, Kabarnas – Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa Abdul Kadir Karding menilai calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno...

Nasional8 jam ago

KLHK butuh dana Rp. 200 T untuk pemulihan DAS

Jakarta, Kabarnas – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) membutuhkan dana sekitar Rp200 triliun untuk mendanai pola induk pemulihan daerah...

Agama9 jam ago

Klasis GPI Jayapura – Nabire gelar Rakersis ke 7

Jayapura, Kabarnas – Klasis Gereja Protestan Indonesia (GPI) Jayapura-Nabire menggelar rapat kerja klasis (Rakersis) yang ke-7 dan rapat kerja pelayanan...

Internasional9 jam ago

UNS jadi tuan rumah Diaspora Jawa dunia pada 20 hingga 23 Juni 2019

Solo, Kabarnas – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan menjadi tuan rumah pertemuan Ngumpulke Balung Pisah Javanese Diaspora Event ke-4....

Pendidikan9 jam ago

UNS bentuk Pusat Studi Pancasila

Solo, Kabarnas – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan meningkatkan produktivitas pusat studi dengan aktivitas yang mendukung kinerja kampus. “Saat...

Politik9 jam ago

Jokowi pilih Kiai Ma’ruf Amin karena cinta ulama dan santri

Lebak, Kabarnas – Kiai Ma’ruf Amin mengaku bangga sebagai putra Banten ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi calon wakil presiden...

Berita10 jam ago

Penjara 5 tahun dan denda Rp. 1 M bagi yang merusak, memotong, menghancurkan, mengubah Rupiah, diancam 5 tahun penjara

Jakarta, Kabarnas – Bank Indonesia (BI) menghimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga dan merawat uang Rupiah dengan baik agar layak edar...

Nasional10 jam ago

Dihadapan 31 Bupati, Jokowi klarifikasi isu dirinya sebagai antek asing dan aseng

Jakarta, Kabarnas – Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menerima 31 Bupati, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (12/11) siang, mengklarifikasi isu...

peristiwa11 jam ago

Gempa bumi 3.1 SR guncang Mamasa, Sulbar

Mamasa,  Kabarnas – Gempa bumi 3.1 SR guncang Mamasa, Sulbar,   pada 12 Nov 2018, 16:14:35 WIB Hasil analisis Badan Meteorologi,...

Agama16 jam ago

Presiden Jokowi terima Panitia dan Pemenang Pesparani 2018

Bogor, Kabarnas – Usai menerima menerima peserta Kongres Indonesia Millenial Movement Tahun 2018, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersilaturahim dengan Panitia...

Trending