Wujudkan Program Kapolri, Kapolres Simalungun Gali Potensi Pangan

By Redaksi - Friday, 26 February 2021

Simalungun, Kabarnas.com - Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo didampingi Kabag Ops Polres Simalungun Kompol Surya melaksanakan kunjungan di Kampung Tangguh Desa Sualan, Nagori Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun guna menindak lanjuti 100 hari program Kapolri RI, Jenderal Drs Listyo Sigit Prabowo, Jumat (26/2/2021).

Daerah kampung tangguh karena memiliki sejumlah potensi ketahanan pangan melalui ketersediaan ikan dan air bersih yang cukup melimpah serta memiliki lahan pertanian dan Desa Sualan diharapkan mampu meningkatkan produksi pertanian sehingga mampu menjaga penanganan pangan di tengah Covid-19.

Kapolres juga menyampaikan, bahwa untuk mendukung program 100 hari kerja Kapolri, jajaran Polres Simalungun menggandeng semua unsur pemerintahan dan seluruh pengusaha maupun organisasi kepemudaan yang ada didaerah setempat agar dapat turut ambil bagian dalam program kampung tangguh.

"Kampung tangguh yang berada di Desa Sualan, Nagori Sibaganding ini merupakan kampung tangguh binaan Polres Simalungun untuk mendukung program penanganan covid-19 dengan menerapankan protokol kesehatan dimulai dari tingkat kampung tangguh," kata Agus.

Selama ini Desa Sualan sudah memenuhi syarat, namum harus lebih ditingkatkan lagi agar sesuai dengan protokol kesehatan, seperti harus ada papan imbauan kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan 5M $memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas).

“Kita pastikan bahwa progres kampung tangguh Nagori Sibaganding akan berjalan dengan baik sesuai dengan harapan sebagai pilot project penanganan pandemi Covid-19. Sistem sudah terbangun dan fasilitas sudah tersedia. Kami harapkan peran serta masyarakat semakin meningkat dan bisa menumbuhkan kesadaran untuk lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," ucapnya.

Sementara itu, Pangulu Nagori Sibaganding, Martno Wandi Bakkara mengucapkan terimakasih atas ditetapkanya Nagori Sibaganding sebagai kampung tangguh. "Mudah-madahan Nagori Sibaganding terhindar dari penyebaran covid-19," ujar Martno Wandi Bakkara.