Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Lahan Seluas 10 Hektar di Simalungun

By Redaksi - Saturday, 13 May 2023

Simalungun, Kabarnas.com - Seluas 10 hektar lahan perbukitan yang ada di kawasan Dusun Dolok Maria, Nagori Ujung Saribu, Kecamatan Pematang Silimakuta, terbakar.

Tim Karhutla dan sebanyak 30 orang anggota Polres Simalungun yang langsung turun ke lokasi berhasil memadamkan api dengan cara manual, Jumat (12/5/2023).

"Api yang membakar lahan seluas 10 hektar telah berhasil dipadamkan berkat kerjasama yang terintegritas dan sinergitas antara Personel Polres Simalungun bersama Kementerian Kehutanan Manggala Agni yang tergabung dalam Satgas Karhutla serta warga masyarakat setempat, "ucap Kapolres Simalungun, Ronald Sipayung.

AKBP Ronald menjelaskan bahwa kebakaran lahan tersebut diketahui berdasarkan pantauan aplikasi lancang kuning (RCM) Monitor Hotspot jadi lebih mudah dengan Notifikasi jika ada Hotspot.

"Dari Aplikasi Lancang Kuning diketahui kebakaran lahan terjadi pada hari Kamis 11 Mei 2023 sekira pukul 20.00 WIB dan berhasil kita padamkan pada hari Jumat 12 Mei 2023 sekira pukul 11.00 WIB, karena banyak keterbatasan dan kendala seperti peralatan dan medannya yang cukup terjal. Karena ini adalah arel perbukitan, "ujar Kapolres Simalungun.

Kapolres mengatakan, pemicu kebakaran sudah dalam penyelidikan. Kemudian, ia mengingatkan masyarakat agar tidak membuka lahan perladangan dengan cara membakar lahan.

"Mengingat cuaca saat ini sedang panas, jadi diharapkan kita kepada masyarakat agar tidak membakar rumput, sampah sembarangan, dan tidak membuka lahan dengan cara dibakar agar tidak terjadi kebakaran yang akan membawa dampak buruk bagi lingkungan dan pelakunya dapat dijerat pidana," bebernya.(*)