Pentingnya Menjaga Kesehatan, Roma: Sedia JKN-KIS Sebelum Sakit

By Redaksi - Tuesday, 26 October 2021
Foto istimewa
Foto istimewa

Pematangsiantar - Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi semua orang karena tanpa kesehatan, maka setiap orang akan sulit dalam melaksanakan aktivitasnya sehari-hari. Hal itu disadari oleh Romayana (25) yang paham betapa pentingnya untuk menjaga diri dari bahaya sakit. Salah satu yang dapat diupayakan Romayana adalah dengan memiliki jaminan kesehatan.

Wanita yang akrab disapa Roma ini, mempercayakan jaminan kesehatan pada Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Roma terdaftar sebagai peserta Program JKN-KIS pada segmen Pekerja Penerima Upah (PPU).

“Kita daftar menjadi peserta JKN-KIS bukan berarti mengharapkan sakit, tetapi anggaplah iuran yang dibayarkan menjadi berkah untuk kita sendiri. Karena kita bisa saling membantu peserta JKN-KIS yang lain. Berkahnya semoga kita selalu diberikan kesehatan. Sakit juga bisa dinamakan berkah dari yang maha kuasa, karena sehat atau sakit merupakan karunia dari-Nya,” Roma, Selasa (19/10/2021)

Apa yang diutarakan Roma tidak lepas dari pengalamannya saat terjatuh dari tangga dan mengalami luka robek. Ia pun harus dilarikan ke rumah sakit untuk memperoleh perawatan. Pihak rumah sakit dengan cekatan mengobati. Luka robek yang dialaminya harus mendapat jahitan.

Ia sempat kuatir soal biaya pengobatan yang sangat mahal. Rasanya kalut sekali. "Dengan penghasilan yang pas-pasan, apa bisa saya membayarnya? Tapi alhamdullilah, saya memiliki kartu JKN-KIS. Dengan hanya menujukkan kartu JKN–KIS ini, saya tidak perlu membayar sepeserpun biaya pengobatan saya,” ungkap Roma sambil memperlihatkan KIS miliknya.

“Yang namanya penyesalan datang di belakang. Untuk jaga-jaga jika suatu saat kita dan keluarga membutuhkan untuk berobat sudah ada KIS. Kalau sudah ada KIS, saya jadi lebih tenang,” ungkap Roma.

Roma mengimbau kepada masyarakat yang belum terdaftar agar segera mendaftarkan dirinya dan keluarganya menjadi peserta JKN-KIS.

“Sedia payung sebelum hujan, sedia JKN-KIS sebelum sakit,” pesan Roma.

Roma pun berharap BPJS Kesehatan dapat terus menjadi penjamin kesehatan bagi masyarakat kecil dan untuk anak cucu nantinya. 

"Semoga pemerintah juga bisa terus menjaga keberlangsungan Program JKN-KIS ini. Kami benar-benar terbantu dengan kehadiran program ini,” pungkas Roma mengakhiri perbincangan.

Kategori