Masita: Berkat Program JKN, Tekanan Darah Tinggi Jadi Terkontrol

By Redaksi - Monday, 10 July 2023
Masita mendapatkan perawatan medis melalui program JKN-KIS
Masita mendapatkan perawatan medis melalui program JKN-KIS

Pematang Siantar, Kabarnas.com - Seorang warga Pematang Siantar Masita Siregar (56) menyatakan, bahwa dirinya telah banyak merasakan manfaat keberadaan program Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) asal Kota Pematang Siantar

Masita yang sehari-harinya disibukkan dengan kegiatannya sebagai seorang pedagang di pasar Kota Pematang Siantar menceritakan, bahwa dirinya pernah mendapatkan pelayanan kesehatan dengan memanfaatkan Program JKN.

Bagi Masita, menjadi peserta JKN sangat membantu dirinya dan keluarga, khususnya dalam hal pembiayaan pengobatan penyakit darah tinggi yang selama ini ia derita.

“Awalnya saya merasakan sakit kepala yang luar biasa, bagian leher belakang saya terasa pegal-pegal dan setiap malam saya susah tidur. Hingga akhirnya saya memeriksakan diri ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat saya terdaftar. Dari hasil pemeriksaan yang diperoleh, tekanan darah saya tergolong tinggi dan memerlukan tindakan lanjutan sehingga saya harus dirujuk ke rumah sakit,” ungkapnya, Senin (10/7/23).

Saat mengakses pelayanan di FKTP, kata Masita, seluruh petugas melayani dengan sigap dan cepat. Dengan manfaat yang telah ia dapatkan, Masita berharap masyarakat lain dapat segera mendaftarkan diri dan keluarganya dalam Program JKN, agar secara pasti dapat terjamin kesehatannya.

Saat ini ia sangat bersyukur dengan adanya BPJS Kesehatan karena manfaatnya telah dirasakan secara langsung. Apalagi kalau harus membayar pengobatan sendiri pasti berat, biaya yang sangat besar khususnya dalam pengobatan yang saya jalani. Rasa khawatir juga hilang karena semua pengobatan kesehatan telah dijamin

"Saya merasa senang dengan pelayanan di rumah sakit yang tulus seperti keluarga sendiri. Petugas di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Pematang Siantar yang saya jumpai juga sangat baik. Pelayanan peserta dan pelayanan kesehatan yang baik seakan mengurangi beban yang saya rasakan,” ungkap Masita.

Masita mengapresiasi layanan antrean online di rumah sakit yang dapat dimanfaatkan oleh peserta BPJS Kesehatan. Menurutnya antrean online tersebut sangat efektif dan efisien karena dapat menghemat waktu. Masita juga turut mengapresiasi Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) yang diberikan oleh BPJS Kesehatan.

Melalui PANDAWA, pelayanan administrasi Program JKN dapat dilakukan melalui pesan di aplikasi Whatsapp, sehingga masyarakat tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk melakukan pendaftaran ataupun perubahan data. Lewat PANDAWA, semua sudah dapat diakses dari ponsel sehingga pelayanan lebih mudah dan praktis.

Ia melihat BPJS Kesehatan terus melakukan peningkatan dengan membuka kemudahan akses. Walaupun usianya sudah terbilang tidak muda lagi, petugas membantunya dengan sabar untuk mengunduh Aplikasi Mobile JKN. 

"Ternyata sangat mudah dan banyak informasi yang saya peroleh didalamnya. Seperti KIS Digital, perubahan fasilitas kesehatan dan masih banyak lagi. Teknologi sudah sangat maju, sehingga semua kemudahan yang sudah diberikan harus dimanfaatkan dengan maksimal. Usia yang lanjut bukan menjadi alasan, jika mau berusaha memahami hal ini sangat mudah dan sangat membantu untuk dapat mengakses kapan saja,” tambah Masita.

Lebih lanjut, Masita mengungkapkan bahwa ia sangat bersyukur karena tekanan darahnya saat ini menjadi terkontrol.

Menurutnya, Program JKN berperan besar ketika dirinya mendapatkan perawatan. Tidak lupa, Masita mengapresiasi kehadiran BPJS Kesehatan yang terus meningkatkan mutu pelayanan dalam menjamin kesehatan penduduk Indonesia khususnya dalam hal biaya pelayanan kesehatan.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya saya ucapkan kepada pemerintah yang telah mencanangkan program mulia ini. Kemudian kepada BPJS Kesehatan yang juga sebagai penyelenggara program secara berkesinambungan, dan kepada fasilitas kesehatan yang ikut bersinergi melayani peserta dengan sangat baik,” ujar Masita.