Mari Saling Membantu Lewat JKN-KIS

News

by Patiar Manurung

Mari Saling Membantu Lewat JKN-KIS

Pematangsiantar - Keberadaan Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Indonesia sudah memberikan dampak yang baik bagi seluruh masyarakat. Salah satu masyarakat yang telah merasakan manfaat dari program ini adalah Nur Elvia Khoriani (27), yang merupakan peserta Program JKN-KIS asal Kota Pematangsiantar.

Saat bertemu di salah satu rumah sakit di Kota Pematangsiantar, Jumat (3/9/2021), Nur menceritakan pengalamannya ketika membawa anaknya mendapatkan pelayanan kesehatan dengan memanfaatkan Program JKN-KIS. Nur juga mengemukakan pandangannya terhadap keberadaan Program JKN-KIS yang sangat penting bagi masyarakat.

“Jadi kemarin anak saya mengalami luka bakar karena terkena air panas dan mengalami infeksi. Pada saat itu saya langsung membawa anak saya ke rumah sakit secepatnya. Untung saja saya sudah terdaftar sebagai peserta BPJS, jadi tinggal ikuti prosedur yang sudah ditetapkan saja, sehingga pelayanan anak saya dijamin,” kata Nur.

“Karena kejadian ini saya semakin mengerti bahwa BPJS itu penting dimiliki oleh seseorang. Pemerintah saat ini sudah menghadirkan jaminan kesehatan bagi masyarakatnya. Kita sebagai warga negara Indonesia sudah sepatutnya menjadi peserta BPJS yang diselenggarakan oleh pemerintah,” ujar Nur.

Nur mengucapkan rasa syukurnya saat pihak rumah sakit menyampaikan bahwa seluruh biaya pelayanan kesehatan anaknya selama dirawat telah dijamin oleh Program JKN-KIS. Berkat hal teersebut, Nur kini dapat lebih fokus memikirkan kesembuhan anaknya.

Bagi Nur, prinsip gotong royong yang ada dalam Program JKN-KIS sangatlah penting. Nur dapat membantu orang lain dan ia pun dapat dibantu oleh orang lain. Menurutnya, inti dari program ini mengajarkan kita untuk saling bantu membantu.

“Dalam ajaran agama saya juga disebutkan bahwa mari saling bantu membantu dalam hal kebaikan. Saya bisa melakukan hal tersebut lewat program BPJS ini,” lanjut Nur.

Nur berharap agar Program JKN-KIS ini dapat terus memberikan manfaat bagi orang-orang yang memang membutuhkan pelayanan kesehatan. Kedepannya ia juga berharap semoga program ini terus ada dan hadir ditengah kebutuhan masyarakat Indonesia, terutama di masa-masa pandemi Covid-19.