Kurun 3 Bulan Sebanyak 39 Kali Gempa Terjadi di Danau Toba

By Redaksi - Tuesday, 06 April 2021
Gambar
Gambar

Medan, Kabarnas.com - Gempa bumi di kawasan Danau Toba terus terjadi khususnya di Kabupaten Samosir. Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah 1 Medan mencatat, ada 39 kali gempa bumi terjadi di sana kurun waktu tiga bulan terakhir.

Sri Wahyuni selaku Sun Kordinator Pelayanan Jasa BBMKG Wilayah 1 Medan menjelaskan, gempa cukup variatif memiliki variasi maginitudo bervariasi antara 1.6 hingga 3.9. Hal ini diutarakannya kepada wartawan seperti dikutip dari Antara, Selasa (6/4/2021).

Sementara itu Staf Analisis Pusat Gempa Bumi Regional I Chichi Nurhafiza menjelaskan, distribusi gempa bumi yang terjadi sangat banyak. Tetapi belum ada gempa bumi utamanya (mainshock) dengan magnitudo yang signifikan.

Gempa bumi yang terjadi umumnya dibagi menjadi dua tipe, yaitu gempa bumi dengan kedalaman menengah yang diakibatkan subduksi dan gempa bumi dengan kedalaman dangkal yang berasosiasi dengan sesar lokal yang disebabkan intrusi fluida ke zona seismogenik aktifitas sesar lokal.

Perlu kajian mendalam terkait gempa bumi yang terjadu selama periode Januari hingga awal April. Karena sebaran distribusi gempa bumi terbanyak di daerah Kabupaten Samosir terjadi di daerah Kecamatan Palipi, Nainggolan dan Onan Runggu.

"Selain itu, diperlukan survei lanjutan untuk mengetahui detail kondisi tektonik di Kabupaten Samosir," kata Chichi.

Soal getaran yan sering dirasakan, BMKG mengimbau supaya masyarakat tidak panik. "Masyarakat dipersilakan untuk menghubungi BMKG Medan untuk mendapatkan informasi yang benar," pungkasnya.

Kategori