Jalin Sumut Terbentuk, Mimpi Pengurus Mensejahterakan Warga

By Redaksi - Wednesday, 14 April 2021

Pematangsiantar, Kabarnas.com - Satu organisasi yang bergerak di bidang lingkungan hidup kembali terbentuk. Organisasi baru itu adalah Jaga Lingkungan Sumatera Utara (Jalin Sumut). Dan usai terbentuk langsung digelar Musyawarah Besar I dan deklarasi organisasi.

Mubes I tersebut berlangsung pada tanggal 8 sampai 10 April 2021 bertempat di Desa Sihaporas, Kabupaten Simalungun. Sedangkan untuk acara deklarasi tersebut dilaksanakan pada Senin, 12 April 2021, di Kota Pematangsiantar.

Adapun jajaran pengurus antara lain, Ketua, Kevin Lumban Gaol, Sekretaris Andre Sinaga dan Gomgom Sijabat sebag Bendahara. Kemudian Sumitro R. Sitanggang sebagai Kabid Hukum dan Ham, Edis Galingging Kabid Kajian Strategi dan Aksi, Arianto Sitorus Sekbid Kajian Strategi dan Aksi, Honbersan Panggabean Kabid Pendidikan Lingkungan Hidup, Raja Silaban Sekbid Pendidkan Lingkungan Hidup, dan Jhosua Sidauruk Kabid Media Komunikasi dan Informasi.

Andre Sinaga selaku Sekretaris menyampaikan, mubes adalah langkah awal Jalin Sumut menjadi organisasi yang baru. "Kami bentuk bersama-sama dan basisnya di lingkup Provinsi Sumut. Tentu dengan hadirnya wadah ini kiranya mampu memberikan sumbangsi yang baik terhadap lingkungan di Sumut,” pungkasnya.

Jalin Sumut, kata Andre, siap mengontrol pemanfaatan lingkungan serta mewujudkan keadilan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Kevin Lumban Gaol, menyampaikan bahwa organisasi ini akan bergerak dalam bidang lingkungan, yakni memberikan edukasi tentang lingkungan kepada masyarakat, pendampingan masyarakat dan akan turut serta mengkaji terkait persoalan-persoalan lingkungan di Sumut.

“Dengan terpilihnya saya dalam Mubes I Jalin Sumut, saya menjalankan visi-misi organisasi yang telah kami sepakati bersama sehingga dapat berkontribusi secara maksimal dalam organisasi ini. Saya sangat berharap agar seluruh pengurus mampu berkontribusi, bekerja sama dan konsisten dalam pergerakan yang baik untuk mencapai tujuan yang telah kita sepakati bersama,” tutupnya.

Usai mubes, jajaran pengurus Jalin Sumut secara langsung melakukan penanaman beberapa bibit pohon bersama masyarakat Sihaporas.