Diberi Tinggal Satu Rumah, Pemuda Asal Siantar Ini Malah Mencuri

News

by Patiar Manurung

Diberi Tinggal Satu Rumah, Pemuda Asal Siantar Ini Malah Mencuri

Pematangsiantar, Kabarnas.com - AJ, pria berusia 27 tahun diduga nekat mencuri satu sepeda motor jenis Suzuki Sonic bernomor polisi BK 5381 YBL, setelah pemiliknya, AlfinMuttaqin(25) memberi tumpangan di rumahnya perumahan Sibatu Indah, Kelurahan Bahkapul, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Pematangsiantar.

Kisah awalnya, korban empati dengan tersangka ketika melihatnya seperti "gelandangan" di komplek rumahnya yang ada di Jalan Tima Putih Komplek Asia Mega Mas, Kota Medan. Korban pun berinisiatif mengajak pelaku berbincang-bincang.

Saat itu tersangka mengaku baru bangkrut dari usaha caffe yang dikelolahnya di Kota Jakarta. Sehingga tersangka pulang ke Kota Pematangsiantar, lalu mencoba mencari pekerjaan di Medan. Diujung pembicaraan, korban mengajak tersangka ke rumahnya karena merasa prihatin.

Belum diketahui pasti kapan korban mengajak tersangka ke rumahnya. Namun di hari pertama, tersangka rajin bekerja seperti membersihkan rumah. Hal ini membuat korban memperlakukan tersangka cukup baik sampai mencarikan lowongan pekerjaan.

Sayangnya, berjalan satu minggu, korban mengaku kehilangan sejumlah barang berharga berupa handphone dan uang serta barang lainnya. Awalnya korban tidak begitu curiga pada tersangka. Namun pada Selasa (16/2/2021), tersangka mencuri satu unit Suzuki Sonic warna merah list putih, 1 unit Handphone merk Oppo.

Barang lainnya adalah 1 unit Laptop merk Acer, 1 buah dompet berisikan uang tunai lebih dari Rp 5 juta serta 2 unit ATM Bank Mandiri Syariah dan bank BRI. Usai mengambil barang-barang tersebut. Terlapor selanjutnya pergi meninggalkan korban yang sudah memberikannya tumpangan. Bahkan aksi itu sempat terekam CCTV rumah.

"Saya sadar waktu bangun dari tidur, pas lihat ruang tamu barang-barang yang awalnya berada ditempat semulah malah tidak ada lagi. Terus kami carilah si Andrinus Jayali itu disekitar rumah, tapi sudah tidak ada nampak. Makannya yakin kami dialah pencurinya, orang yang sudah ditolong tapi tak tau ditolong," kata korban, Kamis (18/2/2021).

Atas kerugian itu, korban membuat pengaduan ke polisi dengan Surat Tanda Terima Laporan Polisi (STTLP) sesuai dengan Nomor STTLP / 122 / K / 2021 / Sektor Medan Area yang dikeluarkan Kepala SPKT Aiptu RM Sitanggang NRP 71030057.

"Begitu kejadian, sore itu juga kita datang melapor ke Polsek Medan Area berharap pelaku Andrianus Jayali cepat ditangkap karena saya sudah mengalami kerugian total Rp 35 juta. Ini pun mau ke rumah yang di Siantar masih terhalang, karena masih fokus sama kasus ini bang," jelasnya.