Cegah Pemudik, 200 Polisi Ditempatkan di Jalur Masuk Siantar

News

by Patiar Manurung

Cegah Pemudik, 200 Polisi Ditempatkan di Jalur Masuk Siantar

Pematangsiantar, Kabarnas.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Boy Sutan Binangan Siregar akan menempatkan sebanyak 200 orang personil untuk melakukan pengamanan Idul Fitri 1442 H di setiap jalur masuk Kota Pematangsiantar. Tujuan utamanya adalah mencegah mudik di tengah pandemi Covid-19.

Dalam memaksimalkan pencegahan mudik, personil Polres Pematangsiantar akan dibantu oleh TNI, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Satgas Covid-19. "Ini akan dimulai pada tanggal 6 sampai 7 Mei 2021. Yang menjadi prioritas dalam pengaman adalah melakukan penyekatan di perbatasan wilayah kota pematangsiantar," katanya, Jumat (30/4/2021).

Boy Siregar mengakui bahwa pihaknya telah melaksanakan rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka kesiapan PAM Idul Fitri 1442 H ini. Rapat ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam menentukan tindakan apa yang akan di ambil dalam pengamanan perayaan Idul Fitri.

Beberapa hal yang dibahas adalah bagaimana mempersiapkan personil, sarana dan prasarana, kemudian pendukung yang lain sehingga prosesnya ini bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan target yang akan di capai adalah untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif dan aman bagi warga Kota Pematangsiantar.

"Dalam rangka antisipasi gangguan Kamtibmas dan mencegah wabah covid-19 serta mendukung kebijakan pemerintah pusat melalui surat edaran terkait pelarangan mudik selama hari raya Idul Fitri 1442 H tahun 2021 Polres pematangsiantar telah menyiapkan rencana pengamanan yang bersifat terbuka dengan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat merayakan dengan rasa aman dan nyaman," ujarnya.