Astronout Nainggolan Rutin Bantu Warga Mencegah Sebaran Covid-19

News

by Patiar Manurung

Astronout Nainggolan Rutin Bantu Warga Mencegah Sebaran Covid-19

Pematangsiantar, Kabarnas.com - Salah seorang anggota DPRD Kota Pematangsiantar, Astronout Nainggolan melakukan penyemprotan disinfektan ke kawasan pemukiman warga yang ada di Jalan Balige II, Kelurahan Martimbang, Kecamatan Siantar Selatan, Selasa (27/7/2021).

Kegiatan sosial ini akan rutin dilaksanakannya bersama Tim Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPC PDI Perjuangan Kota Pematangsiantar. Sasaran utamanya adalah daerah tempat tinggal yang ada warganya terpapar Covid-19. Untuk penyemprotan, akan terlebih dahulu mendapatkan data dari BPBD.

Tindakan itu dilakukan guna menambah rasa aman dan nyaman masyarakat dalam melakukan aktivitas sekitar rumah masing-masing di tengah meningkatnya sebaran Covid-19. Penyemprotan ini hanya salah satu cara menangkal sebaran. Karena itu Astronout juga berpesan kepada warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Pada kesempatan ini, politisi PDI Perjuangan yang duduk di Komisi III tersebut berharap Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar lebih tanggap terhadap keluhan warga guna mencegah munculnya keresahan dan traumatik. Dalam hal ini, pemerintah diminta lebih sensitif memahami psikologi warga.

Salah satu contoh yang sangat perlu diperhatikan pemerintah adalah memenuhi kebutuhan anggota keluarga yang terpapar Covid-19 dan keluarga yang sedang menjalani isolasi mandiri (Isoman)

"Kalau satu keluarga isolasi mandiri, siapa lagi yang belanja dan memasak makanan mereka. Harusnya kebutuhan mereka disuplai oleh pemerintah. Jangan dibiarkan agar proses isoman berjalan baik dan cepat sembuh," ujarnya dengan berharap petugas medis bergerak cepat mengobati mereka yang sedang menjalani isoman.

Melihat adanya warga mengucilkan pasien yang terpapar Covid-19 dan keluarganya, Ketua Bapemperda DPRD Pematangsiantar pun mendorong pihak kelurahan dan medis segera mengatasinya dengan cara memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa Covid-19 ini merupakan musuh bersama dan melawannya dibutuhkan rasa tolong menolong.

"Jadi, kalau ada yang terkena Covid-19, harusnya tetangga atau pun keluarga membantu. Namun dengan cara yang aman. Ini harusnya disosialisasikan oleh pihak kelurahan, sehingga tidak ada yang merasa dikucilkan. Kemudian petugas harus cepat melakukan tracking," ucapnya.

Sementara itu, Roy Sijabat Lurah Kelurahan Martimbang ditemui di lokasi yang sama mengaku sejauh ini belum ada bantuan berbentuk makanan kepada warga yang menjalani Isoman. " Masih sebatas penyemprotan, belum ada kita lakukan pemberian bantuan makanan buat warga yang Isoman" tandasnya.