Akibat Narkoba 65 Orang Ditangkap di Siantar, 4 Diantaranya Pelajar

News

by Patiar Manurung

Akibat Narkoba 65 Orang Ditangkap di Siantar, 4 Diantaranya Pelajar

Pematangsiantar, Kabarnas.com - Sejak Januari hingga Maret 2021 ini, Sat Narkoba Polres Pematangsiantar berhasil menangkap sebanyak 65 orang laki-laki tersangka penyalahgunaan narkoba. Para tersangka bukan residivis. Semuanya menjadi 45 kasus.

Kapolres Pematangsiantar AKBP Boy Sutan Binangan Siregar mengatakan, tersangka umumnya pengedar dengan ancaman paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun sebagaimana diatur dalam pasal 111, 112 dan pasal 114 Nomor 35 Undang-undang Tahun 2009.

"Barang bukti yang kita dapat berupa ganja 1944,9 gram, sabu 351,3 gram dan ekstasi 52 butir. Dan rata-rata yang melakukan pelanggaran ini adalah 33 orang wiraswasta, 21 orang pengangguran dan 7 orang buruh serta 4 orang pelajar," kata Kapolres Pematangsiantar.

Boy Siregar juga menyinggung informasi adanya peredaran narkoba yang dikendalikan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Pematangsiantar. Terkait itu, akan ditindak lanjuti setelah mengumpulkan data yang lebih akurat.

"Untuk jaringan lapas ini kita sedang mendalami, mendalam informasi dari yang kita himpun baru kita bisa menindak lanjuti. Kalau pun ada yang beredar, kita tidak bisa serta-merta menentukan apakah ini dari lapas atau tidak tapi kita akan tindak lanjuti," terangnya.

Untuk mengungkap dugaan pengendalian narkoba dari dalam lapas, kata Boy Siregar lagi, pihaknya akan bekerjasama dengan pihak lapas. "Kita sudah ada kerjasama dengan lapas dan Kalapas sendiri pun menyatakan akan bekerjasama sepenuh hati untuk membantu kepolisian bila mana ada yang dicurigai," ucapnya.