11 Maret 2024, Pengurus PSBI Simbolon Pematangsiantar Akan Dilantik

By Redaksi - Friday, 08 March 2024
Ketua PSBI Wilayah Pematangsiantar Periode 2023-2028 Drs. Lesmon Simbolon, MM. (Foto:Istimewa)
Ketua PSBI Wilayah Pematangsiantar Periode 2023-2028 Drs. Lesmon Simbolon, MM. (Foto:Istimewa)


Pematangsiantar - Pengurus Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI) Wilayah Pematangsiantar Periode 2023-2028 akan dilantik pada Senin, 11 Maret 2024 di Aula Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar.

Ketua PSBI Wilayah Pematangsiantar Periode 2023-2028 Drs. Lesmon Simbolon, MM, mengatakan pelantikan pengurus ini wujud dari komitmen seluruh anggota PSBI khususnya wilayah Pematangsiantar agar roda organisasi terus bergerak, ada kaderisasi, dan ada keberlanjutan.

"Kami berkomitmen agar roda organisasi PSBI terus berjalan dan berlanjut sesuai arahan Ketua Umum PSBI Dr. Effendi MS Simbolon sampai ke tingkat daerah. Pelantikan ini juga wujud komitmen bahwa PSBI sebagai wadah punguan Simbolon dohot boruna dalam beragam kegiatan," kata Lesmon.

Dia melanjutkan, pelantikan ini juga sebagai wujud untuk tetap menjaga dan melestarikan budaya Batak karena dalam pelantikan ini seremoni Habatahon tidak bisa dilepaskan.

Lesmon berharap pelantikan ini juga dapat semakin mengukuhkan dan mempererat persaudaraan sesama marga Simbolon, anak, boru, bere, dan ibebere, juga dengan Tulang Limbong dan Boru Silalahi Raja.

Kata Lesmon, hal ini sejalan dengan tema pelantikan "Hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan."

Juga sesuai dengan sub tema "Membudayakan kultur dan membumikan tradisi."

Dia berharap pelantikan PSBI Wilayah Pematangsiantar ini semakin mempererat tali persaudaraan sesama Simbolon, boru, bere, dan semakin menguatkan dan membumikan tradisi, terutama di kalangan anak muda.

Sementara itu Ketua Panitia Pelantikan, Parlindungan Simbolon, SHut, mengatakan acara pelantikan akan dilakukan Senin, 11 Maret 2024 di Aula Universitas HKBP Nomensen, dimulai pukul 09.00 WIB.

Dia menyebut semua persiapan sudah hampir rampung dan panitia optimis acara akan berjalan sukses.

"Nanti akan dihadiri sekitar 1.000 undangan, baik dari Wali Kota Pematangsiantar dan unsur Forkopimda, dari tulang Limbong, boru Silalahi Raja, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tentu dari marga Simbolon, boru, dan ibebere, juga dari naposo PSBI," kata Parlindungan.

Dia mengajak seluruh pomparan Simbolon yang berdomisili di Kota Pematangsiantar untuk datang di acara tersebut.

"Ayo, kita semua pomparan Simbolon, anak, boru, bere, ibebere, naposo, ramai-ramai kita datang di acara ini. Akan ada makan bersama, acara pelantikan, manortor bersama, dan acara hiburan lainnya," ucap Parlindungan.