Connect with us

Keamanan

Dua senjata api milik Polri berhasil direbut kembali dari KKB Papua

Kabarnas, Jayapura – Kontak senjata di Popome, Papua antara tim gabungan TNI dan Polri dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) berhasil merebut dua senjata api dan menewaskan dua anggota KKB yang merupakan anak buah Puron Wenda.

Memang betul dari laporan yang diterima terungkap selain merampas kembali dua senpi organik Polri dari tangan KKB juga dua anak buah Puron Wenda tewas dalam kontak senjata yang terjadi Sabtu (3/11), kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal kepada Antara di Jayapura,Minggu (4/11).

Kombes Ahmad Kamal mengatakan kedua senpi yang berhasil direbut adalah senapan serbu/SS 1 dan satu pucuk senpi jenis jungle/US Carabine beserta 341 butir peluru berbagai jenis. Sedangkan anggota KKB yang tewas yaitu Gomes dan Kulomabuk.

Khusus Kulomabuk terlibat dalam aksi penyerangan Polres Pirime tahun 2012 lalu (bukan 2016 red) yang menewaskan tiga anggota polsek termasuk Kapolsek Pirime Ipda Rofli Takubesi, kata Kombes Kamal.

ia mengatakan, kontak tembak itu terjadi saat tim gabungan TNI dan Polri yang dipimpin Kapolres Lanny Jaya AKBP Tony Ananda terjadi saat mengevakuasi jenazah Yanmar (42) tukang ojek yang tewas ditembak di Popome, Sabtu (3/11).

“Kedua senpi itu diduga merupakan hasil rampasan dari Polsek Pirime,” ujar Kamal.

Kabid Humas Polda Papua mengatakan, dalam kontak tembak yang berlangsung sekitar tujuh jam itu tidak ada korban jiwa dari tim gabungan. Namun dua kendaraan yang digunakan mengalami kerusakan akibat ditembak KKB, kata Kombes Kamal.

Evakuasi jenazah Yanmar yang berprofesi sebagai tukang ojek berhasil dilakukan dan saat ini jenazahnya sudah berada di Wamena. Dijadwalkan Minggu (4/11), jenazah tukang ojek akan dievakuasi ke Makassar melalui Jayapura.

Keamanan

Kapolda Sumatera Utara resmi membentuk tiga Sub Sektor dibawah naungan Polres Nias.

Gunung Sitoli, Kabarnas – Untuk meningkatkan pelayanan dan keamanan masyarakat di Nias, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto resmi membentuk tiga Sub Sektor dibawah naungan Polres Nias.

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti di rumah dinas Bupati Nias Sokhiatulo.

“Dibentuk dan diresmikannya tiga Sub Sektor ini untuk memberikan pelayanan dan pengamanan yang terbaik untuk masyarakat. Mengingat wilayah Polres Nias sangat luas,” kata Agus usai menandatangani prasasti di rumah dinas Bupati Nias Sokhiatulo, Jumat (9/11/2018) .

Kapolda Sumut berterimakasih atas keinginan empat kepala daerah yakni Gunung Sitoli, Nias Barat, Nias Utara dan Nias yang menginginkan berdiri Polres pemekaran dari Polres Nias, dengan memberikan hibah tanah kepada Polda Sumatera Utara.

Ketiga Polsubsektor tersebut yaitu Mako Polsubsektor Latu, Mako Polsub Sektor Afulu dan Mako Polsub Sektor Ehoshakozi dibawah Polres Nias.

Agus menjelaskan pembentukan Polres pemekaran dapat cepat terwujud kalau pemerintah setempat sudah mendirikan dahulu bangunan dan fasilitas lainnya, dan mengenai kekurangan akan dipenuhi selanjutnya.

“Hari ini hibah tanah sudah diberikan ke Polri melalui Polda Sumut, atas nama Kapolri Jenderal Tito saya ucapkan terimakasih,” ucapnya.

Menjawab permintaan dari Bupati Nias Sokhiatulo agar didirikan Markas Brimob di Kepulauan Nias. Agus mengatakan sangat perlu dan tepat, karena luasnya wilayah tersebut, hal itu sudah direncanakan, yang penting fasilitasnya dulu dipenuhi,” pinta Kapolda.

Sebagai bentuk terimakasih karena mau berkunjung ke Kepulauan Nias selama 5 hari,  masyarakat  Nias melalui Bupati menyematkan pakaian adat kepada Kapolda Sumut dan Ketua Bhayangkari Polda Sumut Evi Agus Andrianto.

Bupati Nias Sokhiatulo mengatakan banyak pejabat negara dan pemerintah yang datang ke Kepulauan Nias, namun mereka hanya datang dan pergi selama satu hari. Tapi Kapolda dalam kunjungan kerjanya ke Nias dilakukan selama 5 hari. “Saya salut pada Pak Agus, kunjungan kerjanya lama di Kepulauan Nias. Apalagi sampai melakukan uji nyali menerjang ombak dan badai untuk bisa sampai ke pulau Telo,” ujarnya.

Sokhiatulo menyatakan masyarakat Nias siap untuk mensukseskan Pilpres dan pileg serta membantu tugas Polri dalam menciptakan situasi aman, damai dan kondusif di Sumatera Utara.

Pada acara tersebut tampak hadir Wali kota Gunung Sitoli Lakhomi Zalo, Bupati Nias Barat Faduhusi Daeli, Nias Utara Marselinus Ingati Nazara serta masyarakat.

(JRS/RES)

Continue Reading

Keamanan

Presiden Jokowi direncanakan akan meresmikan “Medium Tank” buatan PT Pindad

Jakarta, Kabarnas  – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan dan memberikan nama produk unggulan anak bangsa, yakni “Medium Tank” yang dibuat oleh PT Pindad saat pembukaan Pameran Industri Pertahanan atau “Indo Defence 2018 Expo & Forum” pada 7 November 2018, di JIEXpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Presiden Jokowi rencananya akan meresmikan dan memberikan nama ‘Medium Tank’ buatan PT Pindad,” kata Dirut PT Napindo Media Ashatama, Arya Seta Wiriadipoera, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Minggu (4/11).

Kegiatan yang digelar selama empat hari, yakni 7 November sampai dengan 10 November 2018 merupakan ke-8 kalinya diselenggarakan oleh Kementerian Pertahanan RI bekerja sama dengan PT Napindo Media Ashatama selaku organiser.

Pameran ini diikuti oleh lebih dari 867 peserta dari 59 negara termasuk Indonesia, dan juga akan menampilkan 30 paviliun perwakilan negara, menjadikan Indo Defence sebagai pameran terbesar di Asia Tenggara dan masuk ke dalam kalendar event dunia.

“Hal menarik dan membedakan Indo Defence 2018 dengan penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya adalah kehadiran ‘paviliun komoditas ekspor’ yang akan menampilkan produk-produk ekspor industri pertahanan karya anak bangsa,” kata Arya.  Menurut dia, dalam perhelatan akbar Indo Defence 2018 Forum dan Expo tahun ini jumlah ofisial delegasi negara yang hadir jauh meningkat.

“Ada 10 menteri pertahanan dan setingkat serta sejumlah kepala staf angkatan maupun panglima dari sejumlah negara undangan yang hadir pada penyelenggaraan Indo Defence 2018 Expo dan Forum,” ujar Arya.

Ia menyebutkan, pameran industri pertahanan yang digelar dua tahun sekali ini, tidak hanya menjadi ajang promosi bisnis dan alih teknologi bagi industri pertahanan Indonesia dan dunia.

Namun, penyelenggaraan Indo Defence 2018 Expo & Forum juga akan menjadi sarana informasi dan edukasi bagi masyarakat Indonesia secara umum lantaran adanya forum pada kegiatan tersebut.

Forum-forum tersebut, antara lain “Indo Defence Business Forum” dengan tema “Promoting National Defence Industry” serta “Indo Marine Internasional Forum” dengan tema ‘Ensuring Regional Stability Through Development of National Maritime Capability And Maritime Security Cooperation’ yang akan diselenggarakan pada 7 November 2018 di Hall C3.

Ada pula forum “Indo Defence Internasional Forum” dengan tema ‘Ensuring Regional Stability Through Cooperation on Counter Terrorism’ serta “Indo Aerospace Business Forum” dengan tema ‘Strategy to Maintain The Sustainability Of Civil Aviation In Indonesia By Fulfilling International Civil Aviation Safety and Safety Standards” pada 8 November 2018 di Hall F.

Lalu, “The Committee Of The Defence Industry Policy” dengan tema ‘Enhancing Synergy Among the Government, Defense Industry, and Users Towards the Self-Sufficiency of Fulfilling The Defense and Security Equipment’ pada 8 November 2018.

Penyelenggaraan Indo Defence 2018 ini, kata Arya, juga merupakan ajang pertemuan bagi para pemangku kepentingan antarnegara.

Hal tersebut didasari oleh kesediaan Presiden Joko Widodo untuk hadir dan membuka kegiatan Indo Defence 2018 Expo & Forum pada tanggal 7 November 2018.

“Itu menunjukkan perhatian dan dukungan yang dinantikan selalu oleh dunia industri pertahanan serta akan memotivasi profesionalisme anak bangsa, sehingga akan menambah semangat bagi semua yang terkait dalam mewujudkan Indonesia berdaulat,” kata Arya.

Di sela kegiatan Indo Defence, kata dia pula, juga ada ‘Live Demonstration Indo Defence’ yang merupakan salah satu kegiatan komprehensif dalam pameran yang memiliki tujuan untuk mempromosikan produk industri pertahanan nasional.

Promosi tersebut juga akan dilakukan dalam delapan rangkaian skenario berbeda yang diselenggarakan secara langsung pada area outdoor pameran kepada para tamu negara dan seluruh pengunjung.

“Dengan tema ‘Developing Defence Science and Technology’, Live Demonstration ini akan dipersembahkan oleh Komando Strategis Angkatan Darat (KOSTRAD), Batalion Intai Tempur (Taipur) pada 7-10 November 2018 di area outdoor pukul 11.00 dan 15.00 WIB setiap harinya,” demikian Arya.

Continue Reading

Keamanan

Pangdam I/BB bersilahturahim ke Polda Sumbar

Kabarnas, Padang – Pangdam I/BB Mayjen   TNI MS.Fadhilah bersama Asinteldam I/BB Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin,  Asops Dam I/BB Kolonel Inf Togu Parmonangan,  Kapendam I/BB Kolonel Inf Roy Hansen Sinaga dan Kazidam I/BB Kolonel Czi Tri Raharjo, melaksanakan kunjungan Silaturrahim ke Polda Sumbar.

Kunjungan tersebut dilakukan Pangdam Setelah melaksanakan Pembukaan Latihan Gladi Posko di Makorem 032/Wbr, pada Senin 22 Okt 2018.

Pangdam I/BB beserta rombongan melaksanakan acara ramah tamah dengan Kapolda beserta para staf Polda Sumbar.

Panglima Kodam I Bukit Barisan (Pangdam I/BB), Mayjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah dan Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Fakhrizal memastikan institusinya netral dalam Pilpres 2019. Dalam hal ini,institusi TNI/POLRI terus saling bersinergi untuk memastikan pesta demokrasi itu berjalan aman dan lancar tanpa gangguan.

Sedangkan Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Fakhrizal menegaskan, netralitas Polri dalam Pilpres 2019 merupakan harga mati. Begitupun bagi TNI dan pihaknya akan terus bersinergi untuk meningkatan solidiratis dan sinergitas.

“Selalu kita sampaikan bahwa itu (netralitas) harga mati. Bahwa TNI Polri netral dalam Pileg.

Dalam lawatannya Mayjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah mengatakan silahturahmi ini sebagai penambah kekompakan antara TNI dan Polri khususnya di wilayah Sumatera Barat.

Seperti diketahui, Pangdam I Bukit Barisan wilayah kerjanya mencakup di beberapa daerah seperti Sumatera Barat, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, dan Riau.

“Ada banyak hal yang saya ingin datang ke Polda Sumatera Barat. Satu saya orang baru di wilayah tugas yang baru buat saya ini, yang kebetulan Sumatera Barat juga masuk wilayah saya. Tentu menjadi kewajiban saya memperkenalkan diri.

“Kapolda ini senior saya, saya sudah banyak mendengar dari Danrem tentang kegiatan solidaritas dan sinergitas yang dibangun Kapolda. Saya tentu sambil perkenalan juga mengucapkan terimakasih sama Kapolda segala jerih payah upaya dan seterusnya untuk menjaga sinergitas (TNI/Polri),” ujarnya.

Pangdam I/BB digendong personil TNI dan Polri

Melalui solidaritas dan sinergitas itu, Mayjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah juga menitipkan pesan ke Kapolda Sumatera Barat agar terus mempertahankan kekompakan itu dan saling bersinergi dalam berbagi informasi. Hal-hal yang terkait dengan tugas dan memang harus diwaspadai dalam kegiatan tugas agar bisa selesai dengan baik.

Sebelumnya Pangdam I Bukit Barisandi lapangan Markas Komando Yonif 131/Brs  melakukan penanaman pohon rambutan di Markas Komando Yonif 131/Braja sakti Kel. Tiakar jalan Rasuna Said Kec. Payakumbuh Timur Kota Payakumbuh, Senin (22/10).

Sesampai dilokasi Pangdam digendong oleh personil TNI/Polri Sebagai wujud semangat solidaritas yang tinggi. Dalam kesempatan tersebut Pangdam I/BB disambut oleh Dandim 0306/50 Letkol Kav Solikhin S.Sos., M.M, Danyon 131/Braja sakti Mayor Inf Yusuf Saud Tanjung, Kapolres Kota Payakumbuh AKBP Endrastiawan S, S.IK, MH, Kapolres Kab. 50 Kota AKBP Haris Hadis S.Ik, Bupati Kab 50 Kota Ir Irfendi Arbi dan Wakil Walikota Payakumbuh H. Erwin Yunaz SE.Kemudian dilanjutkan dengan pemberian arahan kepada personil Yonif 131/Braja sakti.

Setelah melaksanakan silaturahim di Polda Sumbar Pangdam I/BB beserta rombongan melanjutkan kegiatan menuju Secata B Padang Panjang.

 

Continue Reading

terbaru

Berita9 jam ago

Sangat Tidak Etis Sandiaga Uno melangkahi makam KH Bisri Syansuri

Jakarta, Kabarnas – Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa Abdul Kadir Karding menilai calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno...

Nasional9 jam ago

KLHK butuh dana Rp. 200 T untuk pemulihan DAS

Jakarta, Kabarnas – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) membutuhkan dana sekitar Rp200 triliun untuk mendanai pola induk pemulihan daerah...

Agama9 jam ago

Klasis GPI Jayapura – Nabire gelar Rakersis ke 7

Jayapura, Kabarnas – Klasis Gereja Protestan Indonesia (GPI) Jayapura-Nabire menggelar rapat kerja klasis (Rakersis) yang ke-7 dan rapat kerja pelayanan...

Internasional9 jam ago

UNS jadi tuan rumah Diaspora Jawa dunia pada 20 hingga 23 Juni 2019

Solo, Kabarnas – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan menjadi tuan rumah pertemuan Ngumpulke Balung Pisah Javanese Diaspora Event ke-4....

Pendidikan10 jam ago

UNS bentuk Pusat Studi Pancasila

Solo, Kabarnas – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan meningkatkan produktivitas pusat studi dengan aktivitas yang mendukung kinerja kampus. “Saat...

Politik10 jam ago

Jokowi pilih Kiai Ma’ruf Amin karena cinta ulama dan santri

Lebak, Kabarnas – Kiai Ma’ruf Amin mengaku bangga sebagai putra Banten ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi calon wakil presiden...

Berita10 jam ago

Penjara 5 tahun dan denda Rp. 1 M bagi yang merusak, memotong, menghancurkan, mengubah Rupiah, diancam 5 tahun penjara

Jakarta, Kabarnas – Bank Indonesia (BI) menghimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga dan merawat uang Rupiah dengan baik agar layak edar...

Nasional11 jam ago

Dihadapan 31 Bupati, Jokowi klarifikasi isu dirinya sebagai antek asing dan aseng

Jakarta, Kabarnas – Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menerima 31 Bupati, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (12/11) siang, mengklarifikasi isu...

peristiwa11 jam ago

Gempa bumi 3.1 SR guncang Mamasa, Sulbar

Mamasa,  Kabarnas – Gempa bumi 3.1 SR guncang Mamasa, Sulbar,   pada 12 Nov 2018, 16:14:35 WIB Hasil analisis Badan Meteorologi,...

Agama16 jam ago

Presiden Jokowi terima Panitia dan Pemenang Pesparani 2018

Bogor, Kabarnas – Usai menerima menerima peserta Kongres Indonesia Millenial Movement Tahun 2018, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersilaturahim dengan Panitia...

Trending