Connect with us

Keamanan

Tiga orang terduga teroris yang ditembak di Yogyakarta hasil pengembanganari Sleman dan Bantul

Kabarnas, Sleman, – Tiga orang terduga teroris di Jalan Kaliurang KM 10 Yogyakarta yang tewas ditembak anggota Detasemen 88 Antiteror Mabes Polri, Sabtu sekitar pukul 17.30 WIB, diincar setelah penangkapan terduga teroris di Kabupaten Sleman dan Bantul Rabu (11/7).

Penangkapan terhadap tiga terduga teroris itu terkait dengan penangkapan dua terduga teroris di Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman dan Bantul, Rabu (11/7), kata Kabid Humas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta AKBP Yulianto di lokasi kejadian, Sabtu (14/7)malam.

“Ketiganya ini kemudian dipantau pergerakannya. Namun, saat akan dilakukan penangkapan, mereka melakukan perlawanan dengan senjata api dan senjata tajam,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal Polisi M. Iqbal mengatakan bahwa anggota Detasemen 88 Antiteror Mabes Polri menembak mati tiga orang terduga teroris di Jalan Kaliurang KM 10 Yogyakarta, Sabtu sekitar pukul 17.30 WIB.

Sebelumnya, terdengar suara letusan di Jalan Kaliurang Km 9,5, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman.

Keamanan

Polda Banten dan Daerah Istimewa Yogyakarta jadi Polda Type A

Jakarta, Kabarnas – Tipologi Polda Daerah Istimewa Yogyakarta dan Polda Banten dinaikkan dari tipe B menjadi tipe A.

Peningkatan tipologi tersebut diketahui dari beredarnya surat telegram rahasia (TR) bernomor ST/2947-2949/XI/KEP/2018 tertanggal 17 November 2018.

Hal ini dikonfirmasi oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo saat dihubungi, Jakarta, Minggu (18/11) pagi.

“Mutasi tersebut dalam rangka peningkatan tipologi Polda DIY dan Polda Banten dari tipe B menjadi tipe A yang pengukuhannya akan dipimpin oleh kapolda dengan pangkat bintang dua. Rencana pengukuhan dalam waktu dekat,” kata Brigjen Dedi.

Dalam TR itu juga tercatat sejumlah perwira tinggi dan perwira menengah yang dimutasi di antaranya Brigjen Pol Teddy Minahasa Putra dari jabatan Kapolda Banten, dipromosikan menjadi Wakapolda Lampung.

Posisi yang ditinggalkan Teddy akan diisi oleh Brigjen Pol Tomsi Tohir.

Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Bimo Anggoro Seno ditunjuk menjadi Wakapolda D.I. Yogyakarta. Brigjen Pol Denni Gapril selanjutnya diangkat untuk mengisi jabatan yang ditinggalkan Bimo yakni Wakapolda Sumsel.

Di beberapa jabatan strategis di Bareskrim Polri juga terjadi mutasi. Wakil Direktur Tindak Pidana Tertentu (Wadirtipidter) Bareskrim, Kombes Pol Tornagogo Sihombing dipromosikan dalam jabatan Kepala Biro Pengawasan Penyidikan (Karowassidik) Bareskrim Polri. Jabatan yang ditinggalkan Tornagogo akan diisi oleh Kombes Pol Lukas Akbar Abriari.

Beberapa kapolres tercatat mengalami rotasi jabatan di antaranya AKBP Ganda Saragih yang saat ini menjabat Kapolres Tapanuli Tengah ditunjuk menjadi Kapolres Metro, Lampung. Posisi Kapolres Tapanuli Tengah selanjutnya akan diisi AKBP Sukamat.

“Ya (mutasi) penyegaran di dalam institusi Polri, dalam rangka ‘tour of duty’ dan ‘tour of area’,” ujarnya.

Continue Reading

Keamanan

Mayjen Yosua Pandit Sembiring jamin keamanan dan mendukung penuh pelaksanaan PON XX pada Thn 2020

Jayapura, Kabarnas – Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen Yosua Pandit Sembiring S.IP menjamin keamanan dan mendukung penuh pelaksanaan PON XX  yang dilaksanakan tahun 2020 nanti di Provinsi Papua.

Pernyataan ini disampaikan Mayjen Yosua Pandit Sembiring ketika menjawab pertanyaan wartawan dalam silaturahmi Pangdam XVII/Cenderawasih dengan insan pers Jayapura, yang dilaksanakan di Aula Tony Rompis Makodam, di Bukit Poimak, Kota Jayapura, Selasa (13/11).

“Saya jamin. Kami mendukung penuh jelang dan pelaksanaan PON XX di Papua,” katanya.

Menurut Mayjen Yosua, PON merupakan agenda nasional yang harus didukung penuh oleh semua pihak agar bisa berjalan aman dan lancar, bukan saja menjadi tanggung jawab satu atau dua institusi/lembaga dan masyarakat.

Pangdam Cenderawasih menyatakan bahwa insan pers merupakan mitra strategis bagi jajaran TNI dalam menyampaikan pencapaian kinerja anggota dan satuan kerja kepada khalayak luas atau kepada masyarakat Papua.

“Saya juga membutuhkan saran dan masukan, hingga kritikan dari seluruh rekan pers di Jayapura dalam melaksanakan tugas dan kebijakan di lapangan,” katanya.

Terkait berita hoaks, Pangdam Cenderawasih mengatakan bahwa pihaknya mendukung penuh penyampaian informasi yang benar dan akurat, dan akan melawan berita hoaks.

“Karena informasi hoaks bisa membuat masalah. Kami bersama Polri, terutama Polda Papua sudah komitmen untuk memberikan edukasi kepada semua pihak bahwa berita tidak benar atau hoaks tidak perlu dipercaya tetapi dikonfirmasi kembali, dicek kebenarannya,” kata Mayjen Yosua Pandit Sembiring.

Secara terpisah, Sekretaris AJI Jayapura Anang Budiono mengapresiasi kegiatan silaturahmi yang digelar oleh Polda Papua dan Kodam Cenderawasih.

“Ya, sebagai mitra kerja, mitra strategis ini juga acara saling mengenal pimpinan tertinggi TNI dan Polri di Papua dengan wartawan,” katanya.

Anang yang juga Wakil Pemimpin Redaksi Harian Pagi Papua mendukung penuh sikap Kodam Cenderawasih dan Polda Papua dalam memberantas berita hoaks yang banyak beredar.

“Ya, saya sepakat untuk bagaimana berita hoaks ini diantisipasi oleh Polda Papua dan Kodam Cenderawasih,” ujar Anang.

Dalam silaturahmi itu, nampak hadir para ketua organisasi pers seperti Ketua Indonesia Journalist Network atau Jaringan Jurnalis Indonesia Provinsi Papua dan Papua Barat Roberth Vanwi, Ketua Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Jayapura Lucky N Ireeuw, dan Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Provinsi Papua Mierto Tangkepayung.

Juga, Kepala Biro LKBN Antara Provinsi Papua Anwar Maga, Pemimpin Redaksi koran harian Wone Yudhi Efendi K, Wakil Pemimpin Redaksi Harian Pagi Papua (HPP), Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal dan sejumlah wartawan/kontributor media cetak/daring lokal dan nasional.

Beberapa jam sebelumnya, Kapolda Papua bersilaturahmi dengan insan pers Jayapura di Aula Rastra Samara, Mapolda, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura.

Continue Reading

Keamanan

Kapolda Sumatera Utara resmi membentuk tiga Sub Sektor dibawah naungan Polres Nias.

Gunung Sitoli, Kabarnas – Untuk meningkatkan pelayanan dan keamanan masyarakat di Nias, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto resmi membentuk tiga Sub Sektor dibawah naungan Polres Nias.

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti di rumah dinas Bupati Nias Sokhiatulo.

“Dibentuk dan diresmikannya tiga Sub Sektor ini untuk memberikan pelayanan dan pengamanan yang terbaik untuk masyarakat. Mengingat wilayah Polres Nias sangat luas,” kata Agus usai menandatangani prasasti di rumah dinas Bupati Nias Sokhiatulo, Jumat (9/11/2018) .

Kapolda Sumut berterimakasih atas keinginan empat kepala daerah yakni Gunung Sitoli, Nias Barat, Nias Utara dan Nias yang menginginkan berdiri Polres pemekaran dari Polres Nias, dengan memberikan hibah tanah kepada Polda Sumatera Utara.

Ketiga Polsubsektor tersebut yaitu Mako Polsubsektor Latu, Mako Polsub Sektor Afulu dan Mako Polsub Sektor Ehoshakozi dibawah Polres Nias.

Agus menjelaskan pembentukan Polres pemekaran dapat cepat terwujud kalau pemerintah setempat sudah mendirikan dahulu bangunan dan fasilitas lainnya, dan mengenai kekurangan akan dipenuhi selanjutnya.

“Hari ini hibah tanah sudah diberikan ke Polri melalui Polda Sumut, atas nama Kapolri Jenderal Tito saya ucapkan terimakasih,” ucapnya.

Menjawab permintaan dari Bupati Nias Sokhiatulo agar didirikan Markas Brimob di Kepulauan Nias. Agus mengatakan sangat perlu dan tepat, karena luasnya wilayah tersebut, hal itu sudah direncanakan, yang penting fasilitasnya dulu dipenuhi,” pinta Kapolda.

Sebagai bentuk terimakasih karena mau berkunjung ke Kepulauan Nias selama 5 hari,  masyarakat  Nias melalui Bupati menyematkan pakaian adat kepada Kapolda Sumut dan Ketua Bhayangkari Polda Sumut Evi Agus Andrianto.

Bupati Nias Sokhiatulo mengatakan banyak pejabat negara dan pemerintah yang datang ke Kepulauan Nias, namun mereka hanya datang dan pergi selama satu hari. Tapi Kapolda dalam kunjungan kerjanya ke Nias dilakukan selama 5 hari. “Saya salut pada Pak Agus, kunjungan kerjanya lama di Kepulauan Nias. Apalagi sampai melakukan uji nyali menerjang ombak dan badai untuk bisa sampai ke pulau Telo,” ujarnya.

Sokhiatulo menyatakan masyarakat Nias siap untuk mensukseskan Pilpres dan pileg serta membantu tugas Polri dalam menciptakan situasi aman, damai dan kondusif di Sumatera Utara.

Pada acara tersebut tampak hadir Wali kota Gunung Sitoli Lakhomi Zalo, Bupati Nias Barat Faduhusi Daeli, Nias Utara Marselinus Ingati Nazara serta masyarakat.

(JRS/RES)

Continue Reading

terbaru

Keamanan7 jam ago

Polda Banten dan Daerah Istimewa Yogyakarta jadi Polda Type A

Jakarta, Kabarnas – Tipologi Polda Daerah Istimewa Yogyakarta dan Polda Banten dinaikkan dari tipe B menjadi tipe A. Peningkatan tipologi...

Internasional8 jam ago

Presiden Jokowi hadiri pertemuan APEC

Jakarta, Kabarnas – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pertemuan Dewan Bisnis Asia-Pacific Economic Cooperation atau APEC Business Advisory Council (ABAC)...

Ekonomi8 jam ago

Presiden Jokowi tegaskan pentingnya bersikap inklusif dalam era ekonomi digital

Jakarta, Kabarna- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pentingnya bersikap inklusif dalam era ekonomi digital saat pertemuan dengan Asia-Pacific Economic Cooperation...

Berita8 jam ago

Tingkat Pengangguran Terbuka Terendah Selama Pemerintahan Jokowi-JK

Jakarta, Kabarnas –  Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri mengemukakan, tingkat pengangguran tahun 2018 ini merupakan angka terendah selama dalam pemerintahan Jokowi-JK...

peristiwa8 jam ago

Sejak Dinihari tadi sudah 12 kali Gempa dirasakan warga di Mamasa

Mamasa,  Kabarnas – Gempa bumi 2.9 SR guncang Lombok Utara, Sulbar,   pada 18 Nov 2018, 07:40:43 WIB Hasil analisis Badan...

peristiwa8 jam ago

Gempa bumi 5.0 SR guncang MANDAILING NATAL, SUMUT

Panyabungan,  Kabarnas – Gempa bumi 5.0 SR guncang MANDAILING NATAL, SUMUT,   pada 17 Nov 2018, 17:41:49 WIB Hasil analisis Badan...

Berita1 hari ago

MENHAN : Kejahatan Merajalela Kalau Orang Baik Diam

Kabarnas, Semarang – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menilai kejahatan akan merajalela di negeri bila orang baik diam saja dan tidak...

peristiwa1 hari ago

Gempa bumi 3 SR guncang Lombok Utara, NTB

Tanjung,  Kabarnas – Gempa bumi 3 SR guncang Lombok Utara, NTB,   pada 17 Nov 2018, 05:46:47 WIB Hasil analisis Badan...

peristiwa2 hari ago

Gempa bumi 2.4 SR guncang Mamasa, Sulbar untuk yang ke 15 kalinya hari ini

Mamasa,  Kabarnas – Gempa bumi 2.4 SR guncang Mamasa, Sulbar,   pada 16 Nov 2018, 21:53:34 WIB Hasil analisis Badan Meteorologi,...

Pembangunan2 hari ago

Presiden Jokowi tinjau lokasi pembangunan PLBN Sota, Merauke, Papua

Papua, Kabarnas – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin pos lintas batas negara (PLBN) yang akan segera dibangun di Sota, Merauke,...

Trending