Connect with us

Keamanan

Indonesia masuk ke dalam daftar 10 negara teraman di dunia

Kabarnas, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, Indonesia ke dalam daftar 10 negara teraman di dunia.

“Sebuah capaian yang membanggakan karena Gallup Law and Order telah menempatkan Indonesia ke dalam daftar 10 negara teraman di dunia, hal ini harus kita jaga dan pertahankan, ujar Jokowi.

Hal tersebut diungkapkan presiden dalam amanatnya ketika menjadi Inspektur Upacara pada Upacara Pembinaan Tradisi Polri dalam rangka Peringatan ke-72 Hari Bhayangkara Tahun 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (11/7) pagi.

Presiden menekankan, pencapaian tersebut merupakan hasil kerja seluruh elemen bangsa, yang di dalamnya tentu ada peran kerja keras serta pengabdian dan dedikasi anggota Polri.

Namun Presiden mengingatkan, agar seluruh anggota Polri tidak cepat berpuas diri. Ia menyebutkan, ke depan, Polri akan menghadapi tantangan tugas yang semakin berat dan kompleks. Tuntutan dan harapan rakyat terhadap Polri semakin meningkat. Terlebih lagi, dunia sekarang ini terus berubah, terus berkembang, dan bergerak yang membawa ancaman-ancaman baru terhadap situasi keamanan.

Di era digital seperti saat ini, tegas Presiden, Polri harus mampu mengantisipasi perkembangan tindak kejahatan yang semakin beragam yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Polri juga harus semakin siap, tambah Presiden, menghadapi kejahatan yang bersifat transnasional, seperti ancaman kejahatan cyberhuman trafficking, drug traffickingsampai dengan arm smuggling.

“Selain itu, Polri harus terus meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan dalam menghadapi ancaman kejahatan terorisme. Negara-negara majupun  sedang menghadapi ancaman yang sama,” tegas Presiden Jokowi.

Di dalam negeri,  kita tidak akan pernah melupakan tindakan biadab dari para pelaku bom bunuh diri, yang bukan hanya menimbulkan korban jiwa warga masyarakat tetapi juga menjadikan aparat Kepolisian sebagai target aksi terornya.

Oleh sebab itu, Presiden meminta agar seluruh anggota Polri jangan pernah lengah, tetap sigap dan waspada dalam mejalankan tugas.

“Selalu meningkatan diri dengan melakukan terobosan-terobosan untuk terus mengatasi berbagai ancaman yang ada. Lakukan pemetaan dini atas potensi ancaman keamanan dan ketertiban yang terjadi dalam masyarakat dan selanjutnya segera melakukan langkah-langkah pencegahan,” pinta Presiden.

Upacara Pembinaan Tradisi Polri dalam rangka Peringatan ke-72 Hari Bhayangkara Tahun 2018 itu dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Wakil Presiden ke-6 Republik Indonesia Try Sutrisno, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, dan Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang.

Usai menghadiri upacara Hari Bhayangkara di Istora Senayan, Presiden bersama Ibu Negara Iriana didampingi Menko PMK Puan Maharani, Menteri Perhubungan Budi K. Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau kesiapan trotoar di area GBK (Gelora Bung Karno) yang menjadi tempat pelaksanaan Asian Games 2018.

Keamanan

Mayjen Yosua Pandit Sembiring jamin keamanan dan mendukung penuh pelaksanaan PON XX pada Thn 2020

Jayapura, Kabarnas – Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen Yosua Pandit Sembiring S.IP menjamin keamanan dan mendukung penuh pelaksanaan PON XX  yang dilaksanakan tahun 2020 nanti di Provinsi Papua.

Pernyataan ini disampaikan Mayjen Yosua Pandit Sembiring ketika menjawab pertanyaan wartawan dalam silaturahmi Pangdam XVII/Cenderawasih dengan insan pers Jayapura, yang dilaksanakan di Aula Tony Rompis Makodam, di Bukit Poimak, Kota Jayapura, Selasa (13/11).

“Saya jamin. Kami mendukung penuh jelang dan pelaksanaan PON XX di Papua,” katanya.

Menurut Mayjen Yosua, PON merupakan agenda nasional yang harus didukung penuh oleh semua pihak agar bisa berjalan aman dan lancar, bukan saja menjadi tanggung jawab satu atau dua institusi/lembaga dan masyarakat.

Pangdam Cenderawasih menyatakan bahwa insan pers merupakan mitra strategis bagi jajaran TNI dalam menyampaikan pencapaian kinerja anggota dan satuan kerja kepada khalayak luas atau kepada masyarakat Papua.

“Saya juga membutuhkan saran dan masukan, hingga kritikan dari seluruh rekan pers di Jayapura dalam melaksanakan tugas dan kebijakan di lapangan,” katanya.

Terkait berita hoaks, Pangdam Cenderawasih mengatakan bahwa pihaknya mendukung penuh penyampaian informasi yang benar dan akurat, dan akan melawan berita hoaks.

“Karena informasi hoaks bisa membuat masalah. Kami bersama Polri, terutama Polda Papua sudah komitmen untuk memberikan edukasi kepada semua pihak bahwa berita tidak benar atau hoaks tidak perlu dipercaya tetapi dikonfirmasi kembali, dicek kebenarannya,” kata Mayjen Yosua Pandit Sembiring.

Secara terpisah, Sekretaris AJI Jayapura Anang Budiono mengapresiasi kegiatan silaturahmi yang digelar oleh Polda Papua dan Kodam Cenderawasih.

“Ya, sebagai mitra kerja, mitra strategis ini juga acara saling mengenal pimpinan tertinggi TNI dan Polri di Papua dengan wartawan,” katanya.

Anang yang juga Wakil Pemimpin Redaksi Harian Pagi Papua mendukung penuh sikap Kodam Cenderawasih dan Polda Papua dalam memberantas berita hoaks yang banyak beredar.

“Ya, saya sepakat untuk bagaimana berita hoaks ini diantisipasi oleh Polda Papua dan Kodam Cenderawasih,” ujar Anang.

Dalam silaturahmi itu, nampak hadir para ketua organisasi pers seperti Ketua Indonesia Journalist Network atau Jaringan Jurnalis Indonesia Provinsi Papua dan Papua Barat Roberth Vanwi, Ketua Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Jayapura Lucky N Ireeuw, dan Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Provinsi Papua Mierto Tangkepayung.

Juga, Kepala Biro LKBN Antara Provinsi Papua Anwar Maga, Pemimpin Redaksi koran harian Wone Yudhi Efendi K, Wakil Pemimpin Redaksi Harian Pagi Papua (HPP), Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal dan sejumlah wartawan/kontributor media cetak/daring lokal dan nasional.

Beberapa jam sebelumnya, Kapolda Papua bersilaturahmi dengan insan pers Jayapura di Aula Rastra Samara, Mapolda, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura.

Continue Reading

Keamanan

Kapolda Sumatera Utara resmi membentuk tiga Sub Sektor dibawah naungan Polres Nias.

Gunung Sitoli, Kabarnas – Untuk meningkatkan pelayanan dan keamanan masyarakat di Nias, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto resmi membentuk tiga Sub Sektor dibawah naungan Polres Nias.

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti di rumah dinas Bupati Nias Sokhiatulo.

“Dibentuk dan diresmikannya tiga Sub Sektor ini untuk memberikan pelayanan dan pengamanan yang terbaik untuk masyarakat. Mengingat wilayah Polres Nias sangat luas,” kata Agus usai menandatangani prasasti di rumah dinas Bupati Nias Sokhiatulo, Jumat (9/11/2018) .

Kapolda Sumut berterimakasih atas keinginan empat kepala daerah yakni Gunung Sitoli, Nias Barat, Nias Utara dan Nias yang menginginkan berdiri Polres pemekaran dari Polres Nias, dengan memberikan hibah tanah kepada Polda Sumatera Utara.

Ketiga Polsubsektor tersebut yaitu Mako Polsubsektor Latu, Mako Polsub Sektor Afulu dan Mako Polsub Sektor Ehoshakozi dibawah Polres Nias.

Agus menjelaskan pembentukan Polres pemekaran dapat cepat terwujud kalau pemerintah setempat sudah mendirikan dahulu bangunan dan fasilitas lainnya, dan mengenai kekurangan akan dipenuhi selanjutnya.

“Hari ini hibah tanah sudah diberikan ke Polri melalui Polda Sumut, atas nama Kapolri Jenderal Tito saya ucapkan terimakasih,” ucapnya.

Menjawab permintaan dari Bupati Nias Sokhiatulo agar didirikan Markas Brimob di Kepulauan Nias. Agus mengatakan sangat perlu dan tepat, karena luasnya wilayah tersebut, hal itu sudah direncanakan, yang penting fasilitasnya dulu dipenuhi,” pinta Kapolda.

Sebagai bentuk terimakasih karena mau berkunjung ke Kepulauan Nias selama 5 hari,  masyarakat  Nias melalui Bupati menyematkan pakaian adat kepada Kapolda Sumut dan Ketua Bhayangkari Polda Sumut Evi Agus Andrianto.

Bupati Nias Sokhiatulo mengatakan banyak pejabat negara dan pemerintah yang datang ke Kepulauan Nias, namun mereka hanya datang dan pergi selama satu hari. Tapi Kapolda dalam kunjungan kerjanya ke Nias dilakukan selama 5 hari. “Saya salut pada Pak Agus, kunjungan kerjanya lama di Kepulauan Nias. Apalagi sampai melakukan uji nyali menerjang ombak dan badai untuk bisa sampai ke pulau Telo,” ujarnya.

Sokhiatulo menyatakan masyarakat Nias siap untuk mensukseskan Pilpres dan pileg serta membantu tugas Polri dalam menciptakan situasi aman, damai dan kondusif di Sumatera Utara.

Pada acara tersebut tampak hadir Wali kota Gunung Sitoli Lakhomi Zalo, Bupati Nias Barat Faduhusi Daeli, Nias Utara Marselinus Ingati Nazara serta masyarakat.

(JRS/RES)

Continue Reading

Keamanan

Presiden Jokowi direncanakan akan meresmikan “Medium Tank” buatan PT Pindad

Jakarta, Kabarnas  – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan dan memberikan nama produk unggulan anak bangsa, yakni “Medium Tank” yang dibuat oleh PT Pindad saat pembukaan Pameran Industri Pertahanan atau “Indo Defence 2018 Expo & Forum” pada 7 November 2018, di JIEXpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Presiden Jokowi rencananya akan meresmikan dan memberikan nama ‘Medium Tank’ buatan PT Pindad,” kata Dirut PT Napindo Media Ashatama, Arya Seta Wiriadipoera, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Minggu (4/11).

Kegiatan yang digelar selama empat hari, yakni 7 November sampai dengan 10 November 2018 merupakan ke-8 kalinya diselenggarakan oleh Kementerian Pertahanan RI bekerja sama dengan PT Napindo Media Ashatama selaku organiser.

Pameran ini diikuti oleh lebih dari 867 peserta dari 59 negara termasuk Indonesia, dan juga akan menampilkan 30 paviliun perwakilan negara, menjadikan Indo Defence sebagai pameran terbesar di Asia Tenggara dan masuk ke dalam kalendar event dunia.

“Hal menarik dan membedakan Indo Defence 2018 dengan penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya adalah kehadiran ‘paviliun komoditas ekspor’ yang akan menampilkan produk-produk ekspor industri pertahanan karya anak bangsa,” kata Arya.  Menurut dia, dalam perhelatan akbar Indo Defence 2018 Forum dan Expo tahun ini jumlah ofisial delegasi negara yang hadir jauh meningkat.

“Ada 10 menteri pertahanan dan setingkat serta sejumlah kepala staf angkatan maupun panglima dari sejumlah negara undangan yang hadir pada penyelenggaraan Indo Defence 2018 Expo dan Forum,” ujar Arya.

Ia menyebutkan, pameran industri pertahanan yang digelar dua tahun sekali ini, tidak hanya menjadi ajang promosi bisnis dan alih teknologi bagi industri pertahanan Indonesia dan dunia.

Namun, penyelenggaraan Indo Defence 2018 Expo & Forum juga akan menjadi sarana informasi dan edukasi bagi masyarakat Indonesia secara umum lantaran adanya forum pada kegiatan tersebut.

Forum-forum tersebut, antara lain “Indo Defence Business Forum” dengan tema “Promoting National Defence Industry” serta “Indo Marine Internasional Forum” dengan tema ‘Ensuring Regional Stability Through Development of National Maritime Capability And Maritime Security Cooperation’ yang akan diselenggarakan pada 7 November 2018 di Hall C3.

Ada pula forum “Indo Defence Internasional Forum” dengan tema ‘Ensuring Regional Stability Through Cooperation on Counter Terrorism’ serta “Indo Aerospace Business Forum” dengan tema ‘Strategy to Maintain The Sustainability Of Civil Aviation In Indonesia By Fulfilling International Civil Aviation Safety and Safety Standards” pada 8 November 2018 di Hall F.

Lalu, “The Committee Of The Defence Industry Policy” dengan tema ‘Enhancing Synergy Among the Government, Defense Industry, and Users Towards the Self-Sufficiency of Fulfilling The Defense and Security Equipment’ pada 8 November 2018.

Penyelenggaraan Indo Defence 2018 ini, kata Arya, juga merupakan ajang pertemuan bagi para pemangku kepentingan antarnegara.

Hal tersebut didasari oleh kesediaan Presiden Joko Widodo untuk hadir dan membuka kegiatan Indo Defence 2018 Expo & Forum pada tanggal 7 November 2018.

“Itu menunjukkan perhatian dan dukungan yang dinantikan selalu oleh dunia industri pertahanan serta akan memotivasi profesionalisme anak bangsa, sehingga akan menambah semangat bagi semua yang terkait dalam mewujudkan Indonesia berdaulat,” kata Arya.

Di sela kegiatan Indo Defence, kata dia pula, juga ada ‘Live Demonstration Indo Defence’ yang merupakan salah satu kegiatan komprehensif dalam pameran yang memiliki tujuan untuk mempromosikan produk industri pertahanan nasional.

Promosi tersebut juga akan dilakukan dalam delapan rangkaian skenario berbeda yang diselenggarakan secara langsung pada area outdoor pameran kepada para tamu negara dan seluruh pengunjung.

“Dengan tema ‘Developing Defence Science and Technology’, Live Demonstration ini akan dipersembahkan oleh Komando Strategis Angkatan Darat (KOSTRAD), Batalion Intai Tempur (Taipur) pada 7-10 November 2018 di area outdoor pukul 11.00 dan 15.00 WIB setiap harinya,” demikian Arya.

Continue Reading

terbaru

Berita15 jam ago

Setelah Diminta Keterangan Mengenai Fakta Sidang, Boediono Irit Bicara

Kabarnas, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta keterangan dari Wakil Presiden RI 2009 s.d. 2014 Boediono soal fakta-fakta sidang...

Berita15 jam ago

DPP – UPAS : Pelebaran Jln Pdt J Wismar Saragih Tak Tuntas, Kembalikan Lahan GKPS

Pematangsiantar, Kabarnas – Sebagai bentuk dukungan kepada Pemko Siantar Pimpinan Pusat GKPS telah menghibahkan lahannya di depan kantor pusat GKPS...

peristiwa16 jam ago

Korban pembunuhan di Bekasi jenajahnya dibawa ke Samosir.

Bekasi, Kabarnas – Empat jenazah satu keluarga korban pembunuhan di Bekasi diberangkatkan ke Samosir pada Rabu (14/11/2018) untuk dimakamkan. Hal tersebut...

Berita2 hari ago

Warga heboh, Harimau Sumatera masuk ke kawasan pasar di Indragiri Hilir.

Pekanbaru, Kabarnas – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menduga seekor harimau dewasa yang secara mengejutkan masuk ke...

Hukum2 hari ago

Polisi telah periksa 12 orang terkait pembunuhan Diperum Naingolan sekeluarga

Jakarta, Kabarnas –  – Penyidik Polda Metro Jaya dan Polres Bekasi Kota telah memeriksa 12 saksi terkait pembunuhan empat orang...

Berita2 hari ago

Presiden Jokowi – Putin sepakat meningkatkan kerjasama ekonomi

Singapura, Kabarnas – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Pertemuan tersebut dilaksanakan di sela-sela...

Internasional2 hari ago

Indonesia – Chile sepakat meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan dan kelautan

Singapura, Kabarnas – Presiden Jokowi dan Presiden Cile Sebastian Pinera,  mengadakan pertemuan bilateral di sela-sela pelaksanaan KTT ke-33 ASEAN di...

Internasional2 hari ago

Jokowi ajak ASEAN dapat terus memperkuat sinergi dengan APEC, G-7 dan juga IMF

  Singapura, Kabarnas – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan tiga kunci untuk menghadapi situasi global, yaitu meningkatkan kerja sama ekonomi...

Internasional2 hari ago

Jokowi tegaskan mendukung penuh perdamaian di Semenanjung Korea.

Singapura, Kabarnas – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik perkembangan  proses perdamaian di Semenanjung Korea. Tekad kuat yang ditunjukkan Presiden...

Internasional2 hari ago

Presiden Jokowi ajak RRT berkalaborasi di konsep Indo-Pasifik

Singapura, Kabarnas – Dalam KTT ASEAN-RRT yang berlangsung di Suntec Convention Centre, Singapura, Rabu (14/11) siang, Presiden Joko Widodo (Jokowi)...

Trending