Connect with us

Internasional

Presiden Jokowi bertemu dengan Sekjend PBB Antonio da PM Singapura

Bali, Kabarnas – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong, di Laguna Resort, Bali, Kamis (11/10) pagi. Keduanya melakukan pertemuan tete a tete sebelum melakukan pertemuan tahunan antara delegasi Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Singapura.

Menurut Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, pertemuan tahunan dengan Singapura merupakan pertemuan yang rutin dilakukan kedua negara. “Pertemuan ini menindaklanjuti berbagai kerjasama kedua negara,” ujar  Menlu di Bali, (11/10) sebelum mendampingi Presiden Jokowi menerima PM Lee.

Sebelum menerima PM Singapura, Presiden Jokowi di tempat yang sama terlebih dahulu telah melaksanakan pertemuan bilateral dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres.

Pada kesempatan tersebut, Sekjen PBB Antonio Guteres menyampaikan bahwa Indonesia adalah partner atau mitra yang vital bagi PBB.

“Indonesia memiliki kekuatan, kemampuan, memiliki weight, dan memiliki keinginan untuk aktif di dalam upaya untuk menciptakan perdamaian dan kesejahteraan dunia,” kata Menlu mengutip Sekjen PBB.

Karena itu, lanjut Menlu, kemitraan Indonesia dengan PBB dinilai oleh Sekjen PBB sangat excellent.

“Beliau berdua mendiskusiakan beberapa isu dunia, misalnya mengenai masalah perdamaian,” ungkap Menlu seraya menambahkan, Sekjen PBB mengapresiasi kontribusi Indonesia untuk peace keeping operation.

Sementara terkait masalah Palestina, Sekjen PBB menyampaikan apresiasi atas posisi Indonesia terhadap isu Palestina.

Sedangkah mengenai masalah situasi di Rakhine State, menurut Menlu, Sekjen PBB mengatakan bahwa cara Indonesia mendekati isu tersebut adalah yang dinilai pas, sehingga Indonesia dapat memberikan kontribusi walaupun situasinya tidak mudah, kemajuan juga tidak, tetapi Indonesia diyakini dapat terus berkontribusi dalam upaya untuk menyelesaikan situasi di Rakhine State

Saat bertemu dengan Sekjen PBB Antonio Guterees, Presiden Jokowi didampingi oleh Menko Polhukam Wiranto, Menlu Retno Marsudi, Mensesneg Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung serta Menlu Retno Marsudi.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan dengan PM Singapura itu,  Menko Polhukam Wiranto, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko PMK Puan Maharani, Menlu Retno Marsudi, Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Mendag Enggartiasto Lukita, Menhan Ryamizard Ryacudu, Mendikbud Muhadjir Effendy, Menperin Airlangga Hartarto, dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Internasional

Presiden Jokowi terima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri  Palestina

Jakarta, Kabarnas – Presiden Joko Widodo (Jokowi), terima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri  Palestina Riyad al-Maliki melakuka di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (15/10) siang.

Dalam kesempatan ini, Menlu Riyad al-Maliki menyampaikan salam Presiden Palestina Mahmoud Abbas, dan apresiasinya kepada Indonesia atas hubungan dan dukungan yang selalu diberikan Indonesia kepada Palestina.

Tadi disampaikan bahwa dimanapun isu Palestina dibahas, Riyad al-Maliki melihat di situ selalu ada Indonesia,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi usai mendampingi Presiden Jokowi menerima Menlu Palestina Riyad al-Maliki.

Menlu Palestina itu menilai, hubungan bilateral antara Indonesia-Palestina sangat hangat, so warm and so brotherly. Dan apa yang dilakukan Indonesia, termasuk dalam satu minggu ini dengan menyelenggarakan Solidarity Week tidak saja dirasakan oleh Menlu Riyad al-Maliki, tetapi juga akan dirasakan masyarakat Palestina.

Oleh karena itu, lanjut Menlu Retno Marsudi, Menlu Palestina itu menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Indonesia, kosistensi dukungan yang diberikan oleh Indonesia dimanapun berada. Tidak saja dukungan politik tetapi juga dukungan dalam bentuk lain, dalam bentuk capicity building yang diberikan kepada Palestina, dan juga dukungan dalam bentuk lain termasuk dukungan finansial khususnya untuk para refugees (pengungsi) yang diberikan Indonesia.

“Jadi intinya adalah ucapan terima kasih Palestina kepada pemerintah Indonesia, kepada rakyat Indonesia atas dukungan yang diberikan selama ini. Dan mereka sangat merasakan kehadiran kita, dukungan kita yang konsisten, terus menerus terhadap perjuangan bangsa Palestina,” ujar Menlu.(setkab)

Continue Reading

Internasional

Sukses Internasional perkuat kepercayaan diri bangsa

Jakarta, Kabarnas – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan keberhasilan penyelenggaraan Asian Games, Asian Para Games, dan Annual Meeting IMF – World Bank terbukti efektif bangun kepercayaan diri bangsa.

“Pada tahun 1955, Indonesia hadir sebagai bangsa pelopor. Hanya dalam waktu kurang dari 6 tahun setelah berjuang mendapatkan kedaulatan politik secara penuh, Indonesia mengguncangkan dunia melalui Konferensi Asia Afrika yang menelurkan Dasasila Bandung,” kata Hasto dalam rilisnya yang diterima Antara di Jakarta, Senin (15/10) pagi.

Menurut dia, semangat yang sama kini dirasakan bangsa Indonesia saat ini.

“Di tengah kritik yang sangat deras, bahkan lebih deras dari air terjun Niagara, Pak Jokowi tetap menunjukkan kualifikasi kepemimpinan yang terus bekerja,” kata Hasto.

Ia mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berhasil menyelenggarakan tiga “event” internasional dengan baik, sementara lawan politiknya dalam Pilpres 2019 masih mengandalkan retorika.

“Terima kasih Pak Jokowi atas kerja untuk nama harum bangsa,” kata Hasto.

PDI Perjuangan melihat keberhasilan tersebut bukan kebetulan.

“Bangsa Indonesia sebenarnya bangsa pejuang. Laksamana Laut Perempuan Pertama di Dunia, Malahayati mampu mengalahkan Cornelis de Houtman. Demikian pula, arek-arek Suroboyo mampu menewaskan Brigjen Mallaby,” katanya.

Dalam perspektif sejarah, abad kedelapan ini telah menghasilkan capaian peradaban yang luar biasa melalui Candi Borobudur.

“Kini masih ada saja pemimpin yang selalu meneriakkan energi negatif bahwa Indonesia mau bubar, bahwa ekonomi bangsa adalah kebodohan. Lalu di mana kesadaran sejarah dan nasionalisme pemimpin seperti ini?” katanya.

Hasto mengatakan bahwa bangsa Indonesia memerlukan pemimpin yang uji banting, tetap rendah hati menghadapi kritik, dan terus bekerja untuk kebesaran bangsanya.

“Bayangkan saja, mereka yang mohon maaf dikategorikan difabel saja mampu membawa nama harum bangsa dan mempersembahkan 37 emas dengan peringkat ke-5. Mereka memahami semangat ‘ability’ dan rasa cinta pada bangsanya sebagai energi juang yang menyala-nyala,” katanya.

Hasto juga mengatakan bahwa para pemimpin bangsa ini sudah selayaknya belajar dan mengambil inspirasi dari Asian Para Games.

“Para atlet justru menjadi sempurna dalam keterbatasan. Inilah inspirasi Indonesia: menjadi pelopor bagi tatanan dunia baru yang lebih makmur dan berkeadilan,” katanya. (antara)

Continue Reading

Internasional

Presiden Palestina serukan agar AS cabut pengakuannya atas Yerusalem ibu kota Israel

New York – Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Kamis (27/9) waktu setempat,  menyerukan agar Amerika Serikat mencabut pengakuannya atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan penghentian bantuan kepada rakyat Palestina, dengan menyatakan hal tersebut memengaruhi penyelesaian dua negara atas sengketa itu.

“Dengan semua keputusan itu, pemerintahan tersebut mengingkari semua komitmen AS sebelumnya dan memengaruhi penyelesaian dua negara,” kata Abbas dalam pidatonya di sidang tahunan pemimpin dunia di PBB.

“Saya perbarui seruan saya kepada Presiden Trump untuk membatalkan keputusannya dan membuat keputusan baru mengenai Yerusalem, pengungsi dan permukiman,” katanya.

Pembicaraan perdamaian Palestina-Israel terakhir gagal diadakan pada 2014 dan ada keraguan bahwa Presiden AS Donald Trump dapat menjamin yang dia sebut “kesepakatan akhir” sejak ia mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada Desember dan memindahkan kedutaan AS ke sana pada Mei.

Palestina ingin mendirikan sebuah negara di Tepi Barat dan Jalur Gaza, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

Israel merebut wilayah-wilayah itu dalam perang Timur Tengah 1967 dan mencaplok Yerusalem Timur dalam langkah yang tidak diakui secara internasional. Israel memandang semua bagian kota itu sebagai ibu kota abadi dan tak terpisahkan.

Trump telah terdesak mengenai apakah ia mendukung ide solusi dua- negara, dengan satu bagi pihak Israel dan satu lagi untuk pihak Palestina, bagian penting dari kebijakan AS selama berpuluh tahun.

Pada Rabu, dalam dukungan paling jelas pemerintahannya bagi gagasan tersebut, ia berkata,”Saya suka solusi dua negara. Itulah apa yang saya pikir terbaik,” tetapi kemudian mundur, dengan mengatakan ia juga akan mendukung solusi satu negara jika kedua pihak menginginkannya.

Abbas mengatakan AS tidak dapat lagi menjadi mediator tunggal.

“AS bertindak sebagai mediator; namun sekarang kami memandang AS dengan pandangan baru. AS tak jadi mediator yang menangani sendirian,” kata Abbas.

Palestina memboikot usaha-usaha perdamaian Washington setelah Trump menghentikan kebijakan yang sudah lama AS lakukan dengan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan memindahkan kedutaan AS ke kota tersebut.

Pada Kamis (27/9) pagi waktu setempat,  Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi menyerukan pembicaraan perdamaian Palestina-Israel dimulai kembali, ketika dia bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di sela-sela Sidang Umum PBB, demikian kantor Sisi. (Antara/Reuters)

Continue Reading

terbaru

Berita5 jam ago

BNNP dan Polda Sumut berkomitmen tindak tegas pengedar Narkoba

Medan, Kabarnas – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provisi Sumatera Utara dan Polda Sumut terus melakukan tindakan tegas bagi pengedar narkoba...

Berita5 jam ago

Ribuan Kepala Desa se Indonesia elu-elukan Jokowi

Badung, Kabarnas –   Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadiri Pembukaan Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna ke-XX di Kawasan Garuda...

Daerah5 jam ago

Presiden Jokowi salurkan bantuan untuk korban banjir bandang di Mandailing Natal.

Medan, Kabarnas – Presiden Joko Widodo memberikan bantuan kepada warga korban banjir bandang di Desa Muara Saladi, Kecamatan Ulu Pungkut,...

Pendidikan6 jam ago

Presiden Jokowi serahkan bentuan beasisiwa kepada 5.144 mahasiswa korban dampak bencana Gempa

Lombok Timur, Kabarnas – Presiden Joko Widodo serahkan beasiswa untuk mahasiswa terdampak bencana di NTB kawasan Bandara Internasional Lombok, Kamis (18/10),...

Daerah6 jam ago

Saat bagikan beasiswa Presiden ingatkan masyarakat untuk siaga bencana

Pototano, Kabarnas –  Presiden Joko Widodo mengingatkan masyarakat untuk siaga dan waspada bencana karena posisi Indonesia yang berada di garis...

Daerah6 jam ago

Tiba di Lombok, Presiden Jokowi serahkan sebanyak 2.081 buku tabungan

Sumbawa, Kabarnas -Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan rombongan tiba di Bandar Udara (bandara) Internasional...

peristiwa7 jam ago

Gempa bumi 5 SR guncang Sibolga, Sumut

Sibolga, Kabarnas – Gempa bumi 5 SR guncang Sibolga, Sumut,  sekitar pukul  19 Okt 2018, 05:12:15 WIB Hasil analisis Badan...

peristiwa7 jam ago

Gempa bumi 3.4 SR guncang Ambalau, Buru Selatan, Maluku

Ambalau, Kabarnas – Gempa bumi 3.4 SR guncang Ambalau, Buru Selatan,  sekitar pukul  19 Okt 2018, 03:10:16 WIB Hasil analisis...

peristiwa20 jam ago

Gempa bumi 5.3 SR guncang Aceh Barat

Banda Aceh, Kabarnas – Gempa bumi 5.3 SR guncang Aceh Barat, sekitar pukul  18 Okt 2018, 11:29:04 WIB Hasil analisis...

Berita2 hari ago

Mohon Perlindungan Hukum : DR.med dr Polentyno Girsang Sp.B KBD Fina Cs FICS Surati Ketua PN P.Siantar

Pematangsiantar, Kabarnas – Guna memohon perlindungan Hukum dan keadilan DR med dr Polentyno Girsang SpB KBD Fina Cs FICS menyurati...

Trending