Connect with us

Internasional

Bandara Sepinggan Balikpapan bandara terbaik kedua didunia tahun 2017

Balikpapan – Bandara  Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, di Balikpapan, terima penghargaan Airport Service Quality (ASQ) Awards 2017 sebagai bandara terbaik kedua di dunia untuk bandara berkapasitas 5-15 juta penumpang per tahun.

“Penghargaan ini merupakan apresiasi atas komitmen perbaikan terus menerus dari kami di bandara-bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi, di Balikpapan, Jumat (14/9).

Bandara (Bandar Udara) terbaik di kategori tersebut adalah Bandara Mumbai di Hyderabad, India.  Pemberi penghargaan adalah Airport Council International, lembaga pemeringkat bandar udara dunia yang berkantor di Montreal, Kanada.

Bersamaan dengan Bandara Sepinggan juga menjadi kampiun Bandara I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bali, dan Bandara Djuanda di Surabaya. Ketiga bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I. Tanda penghargaan untuk Bandara Sepinggan diterima Faik Fahmi dari Direktur Jenderal ACI Angela Gittens dalam rangkaian kegiatan ASQ Customer Excellence Global Summit yang diikuti oleh 127 otoritas dan pengelola bandara dari seluruh dunia di Halifax.

Faik mengatakan, bahwa penghargaan tersebut bukan hanya untuk Angkasa Pura selaku pengelola bandara, tetapi juga untuk semua masyarakat Kalimantan Timur yang bangga dengan Bandara Sepinggan Balikpapan.  “Saya ucapkan terima kasih kepada semua yang berperan serta dalam penghargaan ini,” kata General Manager PT Angkasa Pura I Sepinggan Farid Indra Nugraha dalam kesempatan yang sama.

Ia berjanji akan terus meningkatkan layanan agar pengguna jasa selalu mendapatkan pelayanan terbaik selama berada di bandara tersebut.  Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menjadi bandara terbaik dunia untuk kapasitas 15-25 juta penumpang per tahun, bandara terbaik kedua di regional Asia-Pasifik dengan kapasitas dua juta penumpang per tahun, dan bandara terbaik di Asia-Pasifik yang berkapasitas 15-25 juta penumpang per tahun.

Bandara Djuanda di Surabaya mendapatkan peringkat ketiga untuk kategori yang sama dengan Bandara Ngurah Rai, yaitu untuk bandara berkapasitas 15-25 juta penumpang per tahun. Bandara Sepinggan di Balikpapan menjadi terbaik kedua untuk kategori bandara berkapasitas 5-15 juta penumpang per tahun.

Saat ini arus penumpang di Bandara Sepinggan sudah mencapai 10 juta penumpang lebih per tahun. Sampai hari ini masih banyak penumpang yang terkesan dengan kelapangan dan kebersihan Bandara yang pertama kali dibangun perusahaan minyak Belanda BPM tahun 1925 tersebut.

Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman)  dioperasikan oleh PT. Angkasa Pura I dan dibuka pada tanggal 6 Agustus 1997. Bandara ini memiliki luas 300 hektar dan merupakan bandar udara ke-4 terbesar dari 13 bandara yang dikelola PT. Angkasa Pura I.

Internasional

Masa keketuaan Indonesia di IAEA berakhir

London – Mas keketuaan  Indonesia di Dewan Gubernur Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) selama satu tahun dari September 2017 hingga September 2018 berakhir.

Indonesia menyerahkan keketuaannya kepada Dubes Leena Al-Hadid dari Yordania yang akan menjabat untuk periode 2018-2019, demikian Pensosbud KBRI Danurdoro KM Parnohadiningrat kepada Antara London, Selasa (25/9).

Hal tersebut ditandai dengan pemberian Patung GWK oleh Dubes/Wakil Tetap RI untuk PBB di Wina, Dr Darmansjah Djumala, kepada kepada Acting Direktur Jenderal IAEA, Mr Dazhu Yang, sebagai simbol dukungan Indonesia kepada IAEA.

Patung Garuda Wishnu Kencana (GWK) tersebut terbuat dari kayu jati setinggi 160 cm hasil karya pemahat Bali, I Made A

Indonesia sudah dua kali menjabat sebagai Ketua Dewan Gubernur IAEA periode 2017-2018

Mewakili kelompok Asia Tenggara dan Pasifik (SEAP) Indonesia sudah dua kali menjadi ketua setelah sebelumnya pada periode tahun 1985-1986.

Patung Garuda Wishnu Kencana memiliki filosofi sebagai pemelihara keseimbangan alam semesta sejalan dengan motto IAEA, yaitu Atom for Peace and Development,” kata Dubes Djumala.

Selain sebagai bentuk dukungan kepada IAEA, pemberian patung ini sekaligus sebagai bentuk promosi produk seni budaya Indonesia. Hal ini mengingat Markas PBB di Wina setiap tahun dikunjungi ribuan orang dari seluruh dunia, sehingga karya seni budaya Indonesia akan semakin dikenal luas oleh masyarakat internasional.

Pemberian patung disambut pihak IAEA. Mr Yang selaku Acting Dirjen IAEA menyampaikan terima kasih atas pemberian patung seraya mengapresiasi kontribusi Indonesia sebagai Ketua Dewan Gubernur.

“Kami menyampaikan penghargaan atas kualitas kepemimpinan, obyektifitas, dan keterbukaan yang ditunjukkan selama memimpin Dewan Gubernur dua belas bulan terakhir. Kami juga mengagumi ketenangan dan kelihaian Anda dalam menangani isu-isu yang sensitif di Dewan Gubernur,” demikian Mr Yang mewakili Dirjen IAEA.

Patung tersebut akan dipasang di tempat strategis, di lobi utama markas PBB di Wina, sehingga dapat disaksikan setiap pengunjung. (ant)


KOMENTAR
Continue Reading

Internasional

Presiden Jokowi menerima Delegasi Senat Republik Ceko di Istana Merdeka, Jakarta

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi)  menerima Delegasi Senat Republik Ceko di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/9) pagi.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengatakan,  Indonesia dan Republik Ceko adalah sahabat lama. “Ceko adalah salah satu negara  Eropa  pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia,” kata Presiden Jokowi.

Pada kesempatan itu, Presiden juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Republik Ceko untuk Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan (DK) PBB 2019-2020.

“Saya berkomitmen untuk terus memajukan kerja sama dengan Republik Ceko di berbagai bidang, khususnya di bidang perdagangan dan industri,” tegas Presiden.

Sementara Ketua Senat Ceko Milan Stech selaku ketua delegasi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh Presiden Jokowi. “Kami sangat menghargai kesempatan ini,” ujarnya.

Pada kesempatan ersebu, Presidn Jokowi tampak didampingi Menko Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) AM. Fachir.

Continue Reading

Internasional

Dubes Inggris ajak pemimpin muda ASEAN kembangkan kota pintar dengan teknologi

Jakarta – Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik, mengajak pemimpin muda ASEAN mengembangkan kota pintar dengan memanfaatkan teknologi.

“Pembangunan kota pintar bertujuan meningkatkan mutu kehidupan ke arah lebih baik,” kata Moazzam Malik dalam pertemuan UK-ASEAN Leadership di Jakarta pada Rabu (12/9) malam.

Penggunaan teknologi untuk memajukan kota berdasarkan atas kebutuhan dan potensi daerah dapat mengatasi permasalahan kota, yang rumit.

“Masyarakat perkotaan adalah kehidupan ASEAN pada masa depan. Masyarakat perkotaan harus meningkatkan standar kehidupan dengan inovasi serta kolaborasi antarwarga,” kata dia.

Ia mengatakan, Walikota Surabaya Tri Rismaharini menjalin kerja sama dengan Wali Kota Liverpool Joe Anderson terkait pengembangan ekonomi kreatif, manajemen pelabuhan, pengembangan kota pintar, dan peningkatan kemampuan sumber daya manusia.

“Ia mencontohkan, Surabaya mengambil pelajaran dari kota Liverpool cara menggunakan teknologi dalam manajemen lalu lintas, bencana dan pelabuhan,” kata dia.

Ia terus membantu upaya kerja sama kedua kota tersebut untuk saling berbagi pengalaman dalam pengembangan kota pintar.

“Saling tukar pengalaman dan ide menjadi hal penting dalam mencapai penyelesaian terbaik untuk mengatasi persoalan,” kata dia.

Continue Reading

terbaru

Keamanan6 jam ago

Pangdam I/BB dan Kapoldasu mimpin apel gabungan TNI/Polri di depan kantor DPRD Sumut

Medan –  Kodam I/BB dan Polda Sumut menggelar apel gabungan TNI-Polri di Jalan Imam Bonjol depan DPRD Sumut,guna mengamankan pileg...

Internasional6 jam ago

Masa keketuaan Indonesia di IAEA berakhir

London – Mas keketuaan  Indonesia di Dewan Gubernur Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) selama satu tahun dari September 2017 hingga...

Berita6 jam ago

Caleg maupun partai politik belum boleh Berkampanye di Media.

Karimun – Walaupun sudah memasuki tahapan Kampanye, namun  calon anggota legislatif (Caleg) maupun partai politik untuk tidak berkampanye di media....

Berita7 jam ago

Presiden Jokowi hadiri ulang tahun ke 50 Kadin.

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) Senin malam, menghadiri perayaan HUT Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia yang ke-50 di...

Berita19 jam ago

BNN sebut sipir LP dengan uang SPP RP.50 Jt, bantu selundupkan Narkoba

Jakarta- Badan Narkotika Nasional (BNN) menyatakan oknum sipir Lembaga Pemasyarakatan (LP) Lubuk Pakam, Sunggal Medan, Tanjung Balai, Sumatera Utara, bernama...

Berita19 jam ago

Pemilu 2019 lebih rumit, lebih kompleks, lebih massal, dibandingkan pemilu yang lalu

Jakarta – Menko Polhukam Wiranto, perkirakan  Pemilihan Umum 2019akan lebih rumit, kompleks, dan massal daripada pemilu yang lalu, karena akan...

Daerah19 jam ago

Pemkot Medan ingin adopsi aplikasi Smart City Kota Tangerang

Tangerang – Pemerintah Kota (Pemkot) Medan menandatangani Memorandum of Understanding dengan Pemkot Tangerang dalam pemanfaatan teknologi Smart City. Ragam prestasi...

Hukum19 jam ago

Sebarkan Video Hoaks, akun instagram dilaporkan ke Polrestabes Medan

Medan, – Pengelola Kompleks Perumahan Cemara Asri, Desrazeki Putra (38) melaporkan salah satu akun instagram ke Polrestabes Medan karena dinilai...

Berita1 hari ago

Ma’ruf Amin mendapat dukungan dari habaib muda

Jakarta – Calon Wakil Presiden RI nomor urut 01, Ma’ruf Amin mengaku mendapat dukungan dari habaib muda atas posisinya hijrah...

Berita1 hari ago

Salahuddin Uno bertemu dengan Ketua DPR dari Partai Golkar Bambang Soesatyo

Jakartra – Calon Wakil Presiden RI nomor urut 02 yang diusung koalisi partai Gerindra, Demokrat, PAN, dan PKS, Sandiaga Salahuddin...

Trending