Politeknik Gihon Peroleh Akreditasi, 48 Mahasiswa Baru Mendaftar

By Redaksi - Thursday, 05 November 2020


Pematangsiantar, Kabarnas.com - Sejak Politeknik Gihon berdiri dengan SK Perguruan Tinggi No. 572/E/O/2014 tanggal 17 Oktober 2014, telah turut memberikan sumbangsi besar di tengah perkembangan teknologi, yaitu peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) generasi muda Indonesia khususnya Kota Pematangsiantar.

Kampus yang berkedudukan di Jalan Bahagian No 1, Kelurahan Kampung Kristen Kota Pematangsiantar ini pun terus berbenah hingga akhirnya mendapat akreditasi dengan peringkat baik dari BAN PT dengan SK Nomor.748/SK/BAN-PT/AK-PKP/PT/IX/2020, tanggal 22 September 2020.

Atas akreditasi itu, Direktur Politeknik Gihon Ir Hasanuddin Sirait MT mengatakan, bahwa semua itu merupakan anugrah Tuhan dan Politeknik Gihon akan tetap berkomitmen sesuai visi dan misi, yakni menjadi perguruan vokasional yang memiliki daya saing yang baik dan menghasilkan alumni dengan kemampuan intelektual yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Tak kalah penting adalah mendidik menjadi pribadi beretika dan moral.

Politeknik Gihon, kata Hasanuddin, tentu akan tetap melaksanakan aturan dan peraturan sistem pendidikan yang memiliki standar sesuai PP Nomor 9 Tahun 2005 dan PP Nomor 1 Tahun 2020 yang dibagi atas 9 standar. "Kita mulai menerima mahasiswa sejak 17 Oktober 2015, atau setahun setelah SK pendirian keluar. Seiring perjalanan, Politeknik Gihon telah mampu membangun kerjasama kepada beberapa negara," ucapnya, Rabu (4/11/2020).

Kini, Politeknik Gihon yang memiliki 3 jurusan, yakni jurusan Teknik Mesin, Teknik Elektronika dan Manajemen Informatika, semakin diminati dan di tengah Covid-19 ini telah mendaftar sebanyak 48 orang mahasiswa baru. Politeknik Gihon pun sudah mengadakan acara yudisium secara daring dan seminar & pelantikan mahasiswa baru, yang dihadiri oleh Kasat Narkoba Polres Kota Pematangsiantar.

Dalam acara ini hadir segenap dosen dan staf Politeknik Gihon, BEM serta mahasiswa senior. "Sampai saat ini mahasiswa Politeknik Gihon berjumlah lebih kurang 200 orang dan Semester 5 telah melakukan magang/PKL diberbagai perusahaan dan instansi yang ada di wilayah Sumatera Utara. Dan sangat menggembirakan bahwa mahasiswa PKL diterima magang kerja di proyek PLTA Sigura-gura Porsea," kata sembari menekankan bahwa semua mahasiswa magang dipantau atau dimonitoring dosen.

"Dengan pelaksanaan seminar dan pelantikan mahasiswa saat ini diharapkan dapat lebih menambah wawasan dan ilmu profesi sesuai dengan harapan visi dan misi Politeknik Gihon. Civitas Politeknik Gihon mengucapkan selamat atas dilantiknya mahasiswa baru tahun 2020/2021 dan bergabung dengan mahasiswa lainnya di bawah naungan Politeknik Gihon Pematangsiantar," kata Ir Hasanuddin Sirait.

Pada kesempatan itu, Direktur Politeknik Gihon menyampaikan rasa syukurnya kepada pemerintah karena saat ini seluruh mahasiswa dan dosen telah menerima bantuan kuota belajar dan internet secara daring dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dengan demikian mahasiswa dan orang tua mahasiswa tidak dibebankan dalam sistem perkuliahan daring sejak bulan Oktober 2020, dan menurut petunjuk bahwa kuota itu akan diberikan setiap bulan selama 4 bulan kedepan.

"Sesuai dengan protokol dari Kementerian Pendidikan tentang penerimaan mahasiswa baru maka dalam penerimaan mahasiswa baru tahun ini dilaksanakan seminar akademik dan keamanan lingkungan dari Polres Pematangsiantar yang diwakilkan oleh Kasat AKP David Sinaga," jelasnya mengakhiri.

Berita Lainnya

    Loading...