Connect with us

Ekonomi

Pengusaha asal Malaysia tertarik berinvestasi di Sumut

Medan, Kabarnas – Pengusaha asal Malaysia tertarik berinvestasi di bidang industri pengolahan minuman dan makanan khususnya yang berbahan baku kopi di Sumatera Utara, karena melihat potensi pasar yang masih cukup besar.

“Pengusaha Malaysia melihat Sumut salah satu tempat investasi yang baik,” ujar Fakrul Anwar Bin Ghulan eksekutif HA-One Holiday, Malaysia di Medan, Senin (5/11) kemarin.

Dia mengatakan hal itu saat bersama sejumlah pengusaha lainnya yang tergabung dalam Delegasi Bisnis Malaysia saat bertemu dengan Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah.

Pertemuan itu difasilitasi Ketua PWI Sumut Hermansjah dan sejumlah pengurus lainnya.

Menurut Fakrul, selain sumber daya alam dan sumber daya manusia yang memadai, Sumut dinilai strategis untuk lokasi usaha.

Pabrik itu sendiri diyakini bermanfaat untuk Sumut antara lain dengan bisa membuka lowongan pekerjaan hingga  25 ribu orang.

“Rencananya, pabrik yang dibangun antara lain pengolahan kopi tradisional berstandar internasional,” katanya.

Investor lainnya, Nurul Huda Arifin menyebutkan, investasi usaha pembuatan perabot dan pusat terapi non medis juga berpeluang besar dibangun di Sumut.

“Pengusaha Malaysia berharap Pemprov Sumut bisa memberikan banyak kemudahan perizinan dan lainnya,” ujar Nurul Huda.

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah mengaku menyambut baik niat investor Malaysia untuk berinvestasi di Sumut. “Pemprov Sumut sangat terbuka menyambut investor di berbagai sektor termasuk industri pengolahan makanan dan minuman yang direncanakan pengusaha Malaysia,” katanya.

Wagub Sumut itu menegaskan, Pemprov Sumut merupakan wilayah yang strategis karena berada pada jalur strategis pelayaran internasional Selat Malaka yang dekat dengan Singapura, Malaysia, dan Thailand dan kaya akan sumber daya alam.

“Pemprov Sumut mendukung rencana investasi dan siap memberi berbagai kemudahan, asal investor juga memenuhi segala peraturan yang berlaku,” ujar Rajekshah.

Ekonomi

Semua harga di Pasar, relatif sama dan stabil.

Bandung, Kabarnas – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari kedua kunjungan kerja di Provinsi Jawa Barat, berkunjung ke pasar Cihaurgeulis, Bandung, Minggu (11/11) pagi.

Saya mau membandingkan harga seperti di pasar Tangerang, Bogor, dan Bandung dan ditempat lain, ternyata harga-harga semuanya sama.

Misalnya beli satu ikat kangkung Rp.2.000, di Bogor juga Rp.2000, di Banten juga Rp.2.000. Satu ikat singkong sayur di sini Rp.2.000, di Bogor Rp.2.000, di Banten juga Rp.2.000,” ujar Presiden menjawab pertanyaan wartawan yang mengikutinya usai mengikuti acara Car Free Day (CFD) di Dago, Bandung.
Lebih lanjut, Presiden mengemukakan bahwa harga telur sama, sebelumnya Rp.28.000 sekarang Rp.20.000-22.000, Daging harga dari Rp.28.000-Rp30.000, naik sedikit menjadi Rp.33.000-35.000 sehingga harganya relatif stabil.
“Cabai harga Rp.40.000-an. Pernah kan sampai ke Rp.80.000-an, sekarang pada posisi stabil. Memang tidak bisa kita itu menghendaki harga cabai sampai Rp.10.000, harga bawang kadang-kadang kan sampai Rp.5.000, kasihan petaninya,” tambah Presiden.
Pemerintah ingin menjaga keseimbangan harga-harga itu pada posisi normal dan wajar. Dengan demikian, petaninya senang sebagai produsen dan konsumennya masyarakat senang karena harganya tidak fluktuatif.
Tadi saya lihat Pasar masih tahap proses dibangun oleh pemerintah kota. Sehingga saya sangat menghargai upaya-upaya membenahi pasar-pasar yang becek, yang bau, yang tidak tertata menjadi sebuah pasar yang bersih, pasar yang rapi, manajemennya baik, tidak bau, saya kira semua pasar tradisional arahnya ke sana,” ujar Kepala Negara.
Sampai saat ini, kurang lebih ada 2.500 pasar yang dibangun, itu pasar-pasar di kota/kabupaten. Kalau pasar desa, sudah lebih dari 5.000 yang dibangun, yakni berupa pasar kecil-kecil gitu.
Hasil belanja di pasar tadi, untuk dimasak karena itu belinya sesuai, pesenan daun singkong ya belinya daun singkong, bukan pepaya, ucap Jokowi setengah bercanda.

Selajutnya Presiden Jokowi melanjutkan kunjungan ke Car Free Day (CFD) yang berlokasi di Dago, Bandung. Presiden Jokowi menyapa warga dan memberikan kesempatan bagi masyarakat yang hadir untuk berfoto dengan dirinya secara bergantian.

Usai kunjungan ke pasar Cihaurgeulis dan Car Free Day di Dago, Presiden melanjutkan agenda kunjungan kerja lain di Bandung.
Tampak hadir mendampingi Presiden, Seskab Pramono Anung, KSP Moeldoko, Mensos Agus Gumiwang, dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.
Continue Reading

Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan III tahun 2018 mencapai sebesar 5,17 persen

Jakarta, Kabarnas – Badan Pusat Statistik (BPS) menginformasikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan III tahun 2018 mencapai sebesar 5,17 persen. Ini berarti terdapat kenaikan sebesar 3,09 persen dibanding dengan triwulan II-2018.

“Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Lapangan Usaha Jasa Lainnya sebesar 9,19 persen; diikuti Informasi dan Komunikasi sebesar 8,98 persen; dan Jasa Perusahaan sebesar 8,67 persen,” kata Kepala BPS, Suhariyanto, dalam konferensi pers di kantor BPS Pusat, Jakarta, Senin (5/11) siang.

Berdasarkan sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan III-2018 (y-on-y), menurut Kepala BPS, sumber pertumbuhan tertinggi berasal dari Lapangan Usaha Industri Pengolahan 0,91 persen; diikuti Perdagangan Besar-Eceran, Reparasi Mobil-Sepeda Motor 0,69 persen; Konstruksi 0,57 persen; dan Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan 0,49 persen. Sementara pertumbuhan ekonomi lapangan usaha lainnya sebesar 2,51 persen.

Struktur PDB Indonesia menurut lapangan usaha atas dasar harga berlaku pada triwulan III-2018, menurut Suhariyanto, tidak menunjukkan perubahan yang berarti. Industri Pengolahan; Pertanian, Kehutanan dan Perikanan; Perdagangan Besar-Eceran, Reparasi Mobil-Sepeda Motor; dan Konstruksi masih mendominasi PDB Indonesia.

Secara keseluruhan, Suhariyanto menyampaikan, ekonomi Indonesia sampai dengan triwulan III-2018 (c-to-c) tumbuh 5,17 persen, meningkat jika dibandingkan dengan pertumbuhan pada periode yang sama tahun 2017 yang mencapai 5,03 persen.

Menurut Kepala BPS, pertumbuhan terjadi pada semua lapangan usaha. Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Jasa Lainnya sebesar 8,95 persen; diikuti Jasa Perusahaan 8,54 persen; dan Informasi dan Komunikasi 7,80  persen.

Di sisi lain, lanjut Kepala BPS, Lapangan Usaha Pertambangan dan Penggalian merupakan lapangan usaha dengan kumulatif pertumbuhan ekonomi terendah.

Kepala BPS Suhariyanto mengemukakan, struktur perekonomian Indonesia secara spasial pada triwulan III-2018 masih didominasi oleh kelompok provinsi di Pulau Jawa yang memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto sebesar 58,57 persen, kemudian diikuti oleh Pulau Sumatra  21,53 persen, Pulau Kalimantan 8,07 persen, Pulau Sulawesi 6,28 persen, dan sisanya 5,55 persen di pulau-pulau lainnya.

Continue Reading

Ekonomi

Jangan teriak harga barang di pasar mahal

Tangerang, Kabarnas – Presiden Joko Widodo (jokowi) berharap tidak ada pihak yang berteriak harga barang di pasar mahal, padahal yang terjadi adalah sebaliknya.

“Jadi, jangan teriak-teriak di pasar harga mahal, nanti bakul-bakul, pedagang-pedagang pasar bisa marah semua nanti karena tidak ada yang beli nanti,” kata Presiden usai sidak harga kebutuhan pokok di Pasar Anyar Tangerang, Minggu (4/11) pagi.

Presiden membeli sejumlah barang kebutuhan pokok di pasar tersebut ditemani dengan Menteri Perdagangan Airlangga Hartarto.

Sebelumnya, Calon Wakil Presiden RI Sandiaga Uno mengklaim harga tempe di pasar, wilayah Parung Panjang, Kabupaten Bogor terjadi kenaikan harga-harga barang. Keluhan itu disampaikan juga oleh para pedagang.

“(Kalau disebut harga mahal), nanti pedagang pasar marah semua. Harganya stabil, harganya tidak berubah, banyak yang turun, tetapi ada satu s.d. dua yang naik biasa dalam sebuah harga di pasar fluktuatif seperti itu biasa,” ungkap Presiden.

Ia mencontohkan harga daging yang sedikit agak naik. Sementara itu, harga telur per kilonya turun.

“Nanti kalau disebut harga barang di pasar mahal malah ibu-ibu tidak ada yang datang ke pasar. Malah datang ke mal, datang ke supermarket, datang ke hypermarket. Jadi, kalau ke pasar itu, ya, lihat fakta yang ada benar. Harga-harga sampaikan apa adanya,” tegas Presiden.

Presiden di Pasar Anyar mengunjungi kios pedagang cabai, jeruk lemon, petai, melinjo, daging, tahu, beras, dan mengunjungi dua pedagang tempe.

“Tempe harganya tadi Rp.5.000,00 bisa dipotong jadi 15. Tadi saya beli semuanya. Beli petai, tempe, tahu, ikan, dan daging sebesar Rp.120 ribu, melinjo, cabai Rp.30 ribu, pas naik bisa Rp.80 ribu, tetapi tadi cabai Rp.30 ribu,” kata Presiden.

Hal paling penting menurut Presiden adalah pasar harus rapi, tertata, tidak becek, tidak bau, dan ada tempat parkir sehingga mereka bisa bersaing dengan supermarket.

Setelah selesai sidak di Pasar Anyar Tangerang, selanjutnya Presiden Jokowi Sidak ke Pasar Tanah Tinggi Tangerang, untuk memantau harga bahan pokok. Kegiatan tersebut dilakukan sebelum menghadiri acara Hari Kesehatan Nasional (HKN) di pusat pemerintah kota Tangerang.

Continue Reading

terbaru

Berita15 jam ago

Setelah Diminta Keterangan Mengenai Fakta Sidang, Boediono Irit Bicara

Kabarnas, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta keterangan dari Wakil Presiden RI 2009 s.d. 2014 Boediono soal fakta-fakta sidang...

Berita15 jam ago

DPP – UPAS : Pelebaran Jln Pdt J Wismar Saragih Tak Tuntas, Kembalikan Lahan GKPS

Pematangsiantar, Kabarnas – Sebagai bentuk dukungan kepada Pemko Siantar Pimpinan Pusat GKPS telah menghibahkan lahannya di depan kantor pusat GKPS...

peristiwa16 jam ago

Korban pembunuhan di Bekasi jenajahnya dibawa ke Samosir.

Bekasi, Kabarnas – Empat jenazah satu keluarga korban pembunuhan di Bekasi diberangkatkan ke Samosir pada Rabu (14/11/2018) untuk dimakamkan. Hal tersebut...

Berita2 hari ago

Warga heboh, Harimau Sumatera masuk ke kawasan pasar di Indragiri Hilir.

Pekanbaru, Kabarnas – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menduga seekor harimau dewasa yang secara mengejutkan masuk ke...

Hukum2 hari ago

Polisi telah periksa 12 orang terkait pembunuhan Diperum Naingolan sekeluarga

Jakarta, Kabarnas –  – Penyidik Polda Metro Jaya dan Polres Bekasi Kota telah memeriksa 12 saksi terkait pembunuhan empat orang...

Berita2 hari ago

Presiden Jokowi – Putin sepakat meningkatkan kerjasama ekonomi

Singapura, Kabarnas – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Pertemuan tersebut dilaksanakan di sela-sela...

Internasional2 hari ago

Indonesia – Chile sepakat meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan dan kelautan

Singapura, Kabarnas – Presiden Jokowi dan Presiden Cile Sebastian Pinera,  mengadakan pertemuan bilateral di sela-sela pelaksanaan KTT ke-33 ASEAN di...

Internasional2 hari ago

Jokowi ajak ASEAN dapat terus memperkuat sinergi dengan APEC, G-7 dan juga IMF

  Singapura, Kabarnas – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan tiga kunci untuk menghadapi situasi global, yaitu meningkatkan kerja sama ekonomi...

Internasional2 hari ago

Jokowi tegaskan mendukung penuh perdamaian di Semenanjung Korea.

Singapura, Kabarnas – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik perkembangan  proses perdamaian di Semenanjung Korea. Tekad kuat yang ditunjukkan Presiden...

Internasional2 hari ago

Presiden Jokowi ajak RRT berkalaborasi di konsep Indo-Pasifik

Singapura, Kabarnas – Dalam KTT ASEAN-RRT yang berlangsung di Suntec Convention Centre, Singapura, Rabu (14/11) siang, Presiden Joko Widodo (Jokowi)...

Trending