Kembangkan UMKM, Asner-Susanti Siapkan Modal Usaha

By Redaksi - Monday, 26 October 2020

Pematangsiantar, Kabarnas.com - Semangat membangun Kota Pematangsiantar dalam visi dan misinya disampaikan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematangsiantar, Ir Asner Silalahi MT dan dr Susanti Dewayani kepada masyarakat. Kali ini dipaparkan melalui kampanye yang dihadiri dari berbagai suku dan agama.

Adapun kegiatan yang digelar di Lapangan Santiago, Jalan Siatas Barita, Kelurahan Tomuan, Kecamatan Siantar Timur itu terdiri suku Batak dari berbagai puak, Tionghoa, Tamil, Banten, Sunda dan lainnya. Masing-masing beragama Islam, Kristen Protestan, Khatolik, Hindu, Budha dan Konghucu.

“Warga kota Siantar di Kelurahan Tomuan ini sangat beragam suku dan agama. Tetapi bisa hidup berdampingan dengan harmonis. Karena itu, Siantar dikenal sebagai salah satu kota paling toleransi di Indonesia,” ujar dr Susanti Dewani SpA melalui pemaparannya, Minggu (25/10).

Lebih lanjut dikatakan, kehadirannya di Kelurahan Tomuan seperti kembali ke kampung mertua karena ibu dari suaminya, H Erizal Kesuma Ginting berasal dari kelurahan Tomuan. Karenanya, suasana kampanye terbatas tersebut berlangsung penuh dengan kkeluargaan dan keakraban.

Pada kesempatan tersebut, Ir Asner Silalahi sebagai Calon Walikota dikatakan berhalangan hadir karena ada kegiatan lain yang harus dilakukan. Namun demikian, aspirasi yang disampaikan masyarakat menurut dokter sepesialis anak itu tentu akan disampaikan juga kepada Ir Asner Silalahi.

Pada pertemuan itu sejumlah program dipaparkan apabila Pasangan Asner-Susanti (PASTI) kalau dipercaya menjadi Walikota dan Wakil Wali Kota Siantar. Misalnya, soal pemberdayaan ekonomi kerakyatan atau UMKM menjadi salah satu prioritas yang sangat diperhatikan.

“Kalau ada usaha rumah tangga seperti pembuatan kripik, kita akan membantu pengepakan, packing atau pembungkusan dengan membubuhkan merek sehingga bisa bersaing dengan produk lain dari luar daerah. Kemudian, akan ada upaya membantu permodalan,” ujar Susanti yang mendapat sambutan meriah dari warga.

Hal lain yang tak kalah penting sebagai program yang menyentuh kepada masyarakat khususnya kaum muda, pemberdayaan sektor olahraga yang selama ini kurang mendapat perhatian akan digairahkan.

Dengan olahraga, generasi muda dikatakan tentu akan terhindar dari berbagai prilaku negatif seperti Narkoba. Kemudian, bisa berprestasi meningkatkan harkat anak muda. Bahkan, turut mengharumkan nama kota Siantar di luar daerah.

Pada kesempatan tersebut, Susanti juga melakukan sosialiasi tentang Covid-19. Termasuk bagaimana pencegahan dan mengantisipasinya melalui protokoler kesehatan seperti rajin mencuci tangan, kalau berada di luar rumah mengenakan masker serta menghindari keramaian. Termasuk meningkatkan daya tahan tubuh dngan mengkonsumsi makanan sehat.