Connect with us

Daerah

KPU Mukomuko sosialisasikan Pemilu 2019

Kabarnas, Mukomuko- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, pada Sabtu (21/4/2018), menyosialisasikan (Pemilihan Umum) Pemilu 17 April 2019 kepada masyarakat di daerah itu melalui pagelaran seni budaya.

Ketua KPU Kabupaten Mukomuko Dawud Gauraf dalam laporannya mengatakan dari sebanyak 16 partai politik (Parpol) peserta Pemilu serentak 17 April 2019 di daerah itu, hanya empat parpol di antaranya yang menghadiri sosialisasi ini.

“Kami menyayangkan sikap partai politik yang tak mengacuhkan acara sosialisasi ini,” ujarnya.

Padahal, menurutnya, acara semacam ini bisa menjadi wadah bagi 16 parpol peserta Pemilu untuk memperkenalkan partainya kepada masyarakat di daerah itu.

Bupati Mukomuko Choirul Huda dalam sambutannya berharap masyarakat di daerah itu bisa menjadi pemilih yang cerdas, khususnya memilih pemimpin.

Selain itu, bupati berpesan kepada seluruh parpol peserta Pemilu tahun 2019 di daerah itu agar tetap menjaga kerukunan dan menjaga daerah ini tetap kondusif menjelang dan setelah Pemilu.

Ia mengimbau kepada seluruh pendukung parpol di daerah itu untuk berkampanye secara sehat, tidak terlalu fanatik, ujar Bupati. (ps/ant)

Daerah

Pemkot Medan ingin adopsi aplikasi Smart City Kota Tangerang

Tangerang – Pemerintah Kota (Pemkot) Medan menandatangani Memorandum of Understanding dengan Pemkot Tangerang dalam pemanfaatan teknologi Smart City.

Ragam prestasi yang telah diraih oleh Pemerintah Kota Tangerang di bidang pengembangan Smart City, sehingga enjadi contoh perbaikan dan pembelajaran bagi penyelenggara pemerintahan daerah lain untuk mengadopsinya.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah di Tangerang, Senin (24/9), mengatakan Pemkot Tangerang mempersilahkan Pemda lain yang ingin menggunakan beragam aplikasi milik kota Tangerang untuk diadopsi oleh daerah lain. “Aplikasi Kami sudah siap pakai dan dimanfaatkan oleh teman-teman dari daerah lain,” katanya.

Arief juga mengungkapkan pemanfaatan aplikasi Smart City oleh daerah lain bisa dilakukan dengan tanpa memerlukan biaya. “Gratis, tinggal pake aja semua aplikasinya. Nanti petugasnya magang di pemkot Tangerang untuk belajar detail sistemnya,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin S menyampaikan apresiasinya kepada Wali kota Tangerang yang sudah memutakhirkan Pelayanan Publik dengan adanya Smart City ini.

“Kalau bicarakan apa saja yang mau Pemkot Medan serap dari Pemkot Tangerang, kita ingin sedot seluruhnya untuk diadopsi ke Pemkot Medan” katanya.

Pemkot Medan pun kedepannya akan membuat Command Center karena pelayanan publik di Pemkot Medan saat ini belum terintegrasi dengan baik.

Dzulmi Eldin juga memuji kepiawaian Arief dalam mengomandoi pelayanan yang dilakukan oleh jajaran Pemkot Tangerang melalui inovasi serta teknologi yang dipergunakan.

“Pak Arief walau kecil orangnya tapi beliau memiliki pemikiran yang besar, memiliki inovasi-inovasi untuk kemajuan kotanya,” kata Walikota Medan Dzulmi Eldin.

Continue Reading

Daerah

Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut dan IKAPI gelar Pameran Buku di Medan

Medan – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan menjadikan Pameran Buku menjadi agenda tahunan daerah itu untuk mendorong minat baca masyarakat.

Mahalnya harga buku masih menjadi kendala upaya meningkatkan minat baca di tengah masyarakat. Karena itu, perlu dicarikan solusi, apakah harga buku yang diturunkan atau adanya subsidi.

Demikian disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi ketika membuka secara resmi Pameran Buku, Budaya dan Teknologi di halaman Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Sumut Jalan Brigjend Katamso Medan, Sabtu (22/9). Pameran yang diikuti sedikitnya 115 penerbit buku dari pulau Jawa dan Sumut itu akan berlangsung 22-26 September 2018.

Edy juga mengapresiasi Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut dan IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia) yang menggelar Pameran Buku di Medan, 22-26 September 2018.

Menurut dia, sudah ditetapkannya Sumut sebagai Provinsi Literasi harus membuat Sumut semakin bermartabat.

“Kalau rakyat suka dan rajin membaca buku, maka akan pintar sehingga masyarakat dan Provinsi Sumut semakin sejahtera dan maju,”katanya.

“Rakyat Indonesia, khususnya Sumatera Utara memiliki minat baca yang besar, tapi tidak sanggup mendapatkan buku bacaan,” ujar Gubernur Edy Rahmayadi.

Untuk itu, Edy Rahmayadi akan melakukan evaluasi dan mempelajari hal-hal yang bisa dilakukan terkait dengan harga buku. “Nanti kita akan pelajari, kalau kita bisa turunkan harga buku, ya kita turunkan, tapi tidak boleh penulis dan penerbit dirugikan,” ujarnya.

Menurut Edy, harus ada solusi terbaik dari persoalan harga buku ini. “Kalau harga buku tidak bisa turun, bila perlu disubsidi, kita cari win win solution apa yang bisa kami lakukan nanti,” katanya.

Edy pun menceritakan masa kecilnya, saat mencari buku bacaan murah ke kawasan Titi Gantung, Medan. “Dulu, saat itu mau ujian, tak punya uang buat beli buku. Saya bersama teman-teman ke Titi Gantung, pinjam buku di sana pulang sampai jam 11 atau 12,” kenangnya.

Edy berharap anak-anak di Sumut tidak lagi mengalamai seperti dirinya dahulu, yang sulit mendapatkan buku bacaan murah. “ Saya tak mau anak-anak saya macam saya, saya mau anak-anak di Sumatera Utara bebas membaca, kapan saja,” harapnya.

Perpustakaan adalah salah satu tempat dimana masyarakat bisa membaca banyak buku. Karena itu, menurut Edy, harus dibuat nyaman untuk semua orang. “Bila perlu perpustakaan ada tamannya, sambil baca, tidak mungkin orang membaca dengan kondisi tidak karuan,” katanya.

Edy juga mengapresiasi acara Pameran Buku, Budaya dan Teknologi yang digelar Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Sumut bersama IKAPI tersebut. Bahkan menurutnya tidak harus setahun sekali, kalau bisa digelar sesering mungkin agar menarik orang untuk membaca. “Bila perlu 3 bulan sekali, sebulan sekali, kenapa tidak,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Rosidayati Rozalina mengatakan Sumut telah 9 tahun tidak mengadakan pameran buku. “Tahun ini adalah kesempatan baru, untuk memberikan semangat baru agar gemar membaca dan menggelar pameran buku setiap tahun,” katanya.

Pameran buku, kata Rosidayati, bertujuan meningkatkan minat baca dan sebagai ajang penjualan dan promosi buku terbaru. “Tentu ada buku yang diberi diskon hingga 70%, yang akan menarik minat masyarakat,” katanya.

Masyarakat yang gemar membaca akan membuat negara maju. Karena itu, menurut Rosidayati, pemerintah perlu memfasilitasi pameran buku. “Kami (penerbit) hanya bisa menunjang, tanpa bantuan pemerintah untuk mengerahkan atau mengajak masayarakat datang ke pameran buku akan percuma,” ujarnya.

Sementara itu,  Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut, Ferlin Nainggolan menyebutkan, Pameran Buku diikuti 115 penerbit khususnya dari luar Sumut.

KAPI, kata dia, sangat mendukung dan Dinas Perpustakaan dan Arsip siap terus membenahi dan meningkatkan kinerja.

“Tadi banyak masukan dan arahan Gubernur Sumut tentang pameran dan perlombaan. Untuk itu Dinas Perpustakaan dan Arsip juga akan terus berbenah,”katanya

Turut hadir pada kesempatan tersebut Sekretaris Utama Dewan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Sri Sumekar, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Ir H R Sabrina MSi, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Sumut Ferlin H Nainggolan, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdarov Sumut Ilyas Sitorus, dan Ketua IKAPI Sumut Doni Irfan Alfian.”Harga buku yang mahal akan dicarikan solusinya seperti menyiapkan anggaran untuk pengadaan atau pembagian buku murah,”katanya.  Ketua Umum IKAPI, Rosidayati Rozalina mengatakan Sumut telah 9 tahun tidak mengadakan pameran buku.  “Saat ada rencana pameran maka, IKAPI mendukung penuh,”katanya.

.

Continue Reading

Daerah

Pemkab Indragiri Hulu, Provinsi Riau, akan segera berhentikan 16 ASN terpidana korupsi

Rengat – Sebanyak 16 Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, segera diberhentikan secara tidak hormat karena telah melakukan tindakan korupsi.

“Mereka hingga saat ini masih aktif, namun sudah diproses untuk dipecat,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Indragiri Hulu Hendrizal di Rengat, Rabu.

Sekda mengatakan, Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut berada di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Pemecatan itu dilakukan sesuai aturan.

Mereka diberhentikan dengan tidak hormat, hak-hak normatif dan tunjangan jabatan tidak akan dibayarkan.

Pegawai Negeri (PN) tersebut adalah terpidana korupsi yang sudah berkekuatan hukum tetap.

Regulasi pemecatan sepihak dan pemberhentian hak-hak normatif ASN koruptor berlaku secara nasional dan mengacu pada “Memorandum of Understansding” (MoU) antara Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) serta Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Surat keputusan (SK) pemecatan masih ditelaah dan jika selesai akan diserahkan ke masing-masing ASN,” ujarnya.

Selain 16 ASN terbukti korupsi, ada tiga orang lainnya masih berstatus tersangka yang diduga terlibat tindak pidana korupsi. Mereka sudah masuk dalam tahap penyidikan.

Untuk itu pemerintah tetap menghentikan hak normatifnya. “ASN berstatus tersangka juga diberhentikan gaji sementara,” tegasnya.

Menurut Sekdakab, pemberhentian sementara gaji dan hak-hak normatif tiga orang oknum ASN berstatus tersangka tersebut dapat didefinisikan jika tidak terbukti terlibat tindak pidana korupsi (tipikor), maka seluruh gaji akan dikembalikan.

Pemberhentian dan pencopotan status ASN paling lambat pada Desember 2018. Karena itu dia berharap tidak ada lagi pegawai yang melakukan tindakan korupsi.

Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto meminta seluruh pegawai meningkatkan kinerja serta menghindari praktik korupsi. antara

Continue Reading

terbaru

Keamanan6 jam ago

Pangdam I/BB dan Kapoldasu mimpin apel gabungan TNI/Polri di depan kantor DPRD Sumut

Medan –  Kodam I/BB dan Polda Sumut menggelar apel gabungan TNI-Polri di Jalan Imam Bonjol depan DPRD Sumut,guna mengamankan pileg...

Internasional6 jam ago

Masa keketuaan Indonesia di IAEA berakhir

London – Mas keketuaan  Indonesia di Dewan Gubernur Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) selama satu tahun dari September 2017 hingga...

Berita6 jam ago

Caleg maupun partai politik belum boleh Berkampanye di Media.

Karimun – Walaupun sudah memasuki tahapan Kampanye, namun  calon anggota legislatif (Caleg) maupun partai politik untuk tidak berkampanye di media....

Berita7 jam ago

Presiden Jokowi hadiri ulang tahun ke 50 Kadin.

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) Senin malam, menghadiri perayaan HUT Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia yang ke-50 di...

Berita19 jam ago

BNN sebut sipir LP dengan uang SPP RP.50 Jt, bantu selundupkan Narkoba

Jakarta- Badan Narkotika Nasional (BNN) menyatakan oknum sipir Lembaga Pemasyarakatan (LP) Lubuk Pakam, Sunggal Medan, Tanjung Balai, Sumatera Utara, bernama...

Berita19 jam ago

Pemilu 2019 lebih rumit, lebih kompleks, lebih massal, dibandingkan pemilu yang lalu

Jakarta – Menko Polhukam Wiranto, perkirakan  Pemilihan Umum 2019akan lebih rumit, kompleks, dan massal daripada pemilu yang lalu, karena akan...

Daerah19 jam ago

Pemkot Medan ingin adopsi aplikasi Smart City Kota Tangerang

Tangerang – Pemerintah Kota (Pemkot) Medan menandatangani Memorandum of Understanding dengan Pemkot Tangerang dalam pemanfaatan teknologi Smart City. Ragam prestasi...

Hukum19 jam ago

Sebarkan Video Hoaks, akun instagram dilaporkan ke Polrestabes Medan

Medan, – Pengelola Kompleks Perumahan Cemara Asri, Desrazeki Putra (38) melaporkan salah satu akun instagram ke Polrestabes Medan karena dinilai...

Berita1 hari ago

Ma’ruf Amin mendapat dukungan dari habaib muda

Jakarta – Calon Wakil Presiden RI nomor urut 01, Ma’ruf Amin mengaku mendapat dukungan dari habaib muda atas posisinya hijrah...

Berita1 hari ago

Salahuddin Uno bertemu dengan Ketua DPR dari Partai Golkar Bambang Soesatyo

Jakartra – Calon Wakil Presiden RI nomor urut 02 yang diusung koalisi partai Gerindra, Demokrat, PAN, dan PKS, Sandiaga Salahuddin...

Trending