Connect with us

Berita

Sebelum Era Jokowi, Dana Haji juga sudah buat Infrastruktur ? Lalu dimana letak Kesalahannya ?

KabarNas.com – Pemerintah Jokowi berencana akan menggunakan Dana Haji untuk membangun Infrastruktur.

Meskipun Jokowi telah menegaskan bahwa penggunaannya nanti memang harus penuh kehati-hatian karena ini adalah dana umat.

Seperti kebijakan-kebijakan Jokowi sebelumnya, rencana Presiden Jokowi yang satu ini tampaknya juga akan digunakan para lawan politiknya untuk mencoba menurunkan harga jual Jokowi di masyarakat nantinya.

Sebelum Era Jokowi, Dana Haji juga sudah buat Infrastruktur ? Lalu dimana letak Kesalahannya ?

Yusril Ihza Mahendra

Kabar yang di himpun tim Kabarnas.com, Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) ini dengan tegas lansung menolak rencana Presiden Jokowi tersebut, Yusril berasumsi bahwa pemerintah saat ini tengah kesulitan mencari pinjaman, hingga digunakanlah Dana Haji tersebut.

“Sebagai partai berasas Islam, PBB tegas menolak penggunaan dana tersebut secara sepihak, apalagi tanpa perhitungan dan kompensasi yang jelas kepada umat Islam yang memiliki dana tersebut,”.

“Pemerintah makin sulit mencari pinjaman baru, sehingga dana haji umat Islam mau digunakan,” lanjut Yusril ketika itu.

Fadli Zon

Wakil Ketua DPR dari Partai Gerindra tersebut berpendapat bahwa rencana penggunaan Dana Haji untuk Infrastruktur tidaklah tepat karena menurut Fadli Zon pembangunan Jokowi saat ini tidak berdampak apa-apa pada perekonomian.

“Kalau diinvestasikan untuk infrastruktur dalam konteks sekarang ini menurut saya tidak tepat karena infrastruktur yang sekarang ini tidak berdampak pada ekonomi apa-apa dan resikonya tinggi. Misalnya membangun jalan apakah kembali uangnya yang diinvestasikan untuk jalan,” kata Fadli, seperti yang dihimpun oleh KabarNas.com.

Fahri Hamzah

Wakil Ketua DPR RI ini mengecam keras rencana Jokowi tersebut serta lansung berasumsi negatif akan hal itu.

“Untuk apa uang itu dipakai? Jangan mentang-mentang ini ada uang ngumpul ‘kita pakai ajak yok uangnya. Kita pakai saja yok uangnya. Kita pakai saja yok keperluan kita, negara sedang butuh infrastruktur’. Salah!”.

“Nanti dilaknat oleh Allah!” kecam Fahri ketika itu.

Tapi apakah baru di pemerintahan Jokowi saja Dana Haji Umat Islam ini digunakan untuk keperluan Infrastruktur?

Tim kabarnas.com menemukan satu artikel menarik, yaitu ternyata Dana haji untuk Infrastruktur ternyata sudah ada sejak Zamannya pemerintahan SBY.

Ini menurut Peneliti INDEF (Institute for Development of Economics and Finance) Bhima Yudhistira, pada zaman pemerintahan SBY pemanfaatan dana haji bentuknya melalui instrumen Sukuk.

Sukuk digunakan untuk pembangunan rel kereta api Cirebon-Kroya, rel kereta Manggarai, jalan, jembatan dan pembangunan asrama haji.

“Misalnya, Sukuk digunakan untuk pembangunan rel kereta api Cirebon-Kroya, rel kereta Manggarai, jalan, jembatan dan pembangunan asrama haji,” jelas Bhima.

Pertanyaannya kalau memang apa yang dikatakan oleh Peneliti INDEF ini benar, lalu mengapa baru di Era Jokowi hal ini menjadi sesuatu salah ?

Padahal Jokowi sudah tegas-tegas mengatakan bahwa keuntungan dari investasi Dana Haji tersebut nanti dapat dipakai untuk mensubsidi ongkos dan biaya Haji sehingga dapat terjangkau oleh semua lapisan masyarakat Indonesia.

Politik memang kadang-kadang tidak bisa dijangkau nalar, ada kalanya yang sudah berjalanpun dapat dibuat salah. (RCH)

NB: Sukuk adalah Surat Berharga Syariah Negara Ritel atau biasa disebut Sukuk Ritel merupakan surat berharga negara yang diterbitkan berdasarkan prisnsip syariah sebagai bukti atas bagian penyertaan terhadap Aset Surat Berharga Syariah Negara, yang dijual kepada individu (Ritel) atau perseorangan Warga Negara Indonesia melalui Agen Penjual, dengan volume minimum yang ditentukan.

Banyak juga yang menyebutnya sebagai obligasi syariah.

Ditulis oleh tim redaksi KabarNas.com berdasarkan opini pribadi dengan referensi dari berbagai sumber

Referensi data dan informasi tim KabarNas.com
(Sumber:http://www.tribunnews.com/nasional/2017/08/06/dana-haji-untuk-infrastruktur-sudah-ada-sejak-zaman-sby, http://nasional.kompas.com/read/2017/07/28/20154771/fahri-hamzah–dana-haji-untuk-infrastruktur-nanti-dilaknat-allah-, http://nasional.kompas.com/read/2017/07/28/18102721/yusril-kritik-jokowi-gunakan-dana-haji-untuk-infrastruktur, http://nasional.kompas.com/read/2017/07/31/17470461/menurut-fadli-zon-tak-tepat-investasikan-dana-haji-untuk-infrastruktur)

Berita

Pelatih Real Madrid yakin Gareth Bale mampu menggantikan

Taillinn, Spanyol – Pelatih Real Madrid Julen Lopetegui memuji Gareth Bale dan meyakini penyerang Welsh itu mampu mengisi kekosongan yang ditinggalkan Cristiano Ronaldo (CR7) yang hengkang ke Juventus.

Ronaldo pindah ke Juventus pada bulan Juli dan Madrid belum mencari pemain baru sebagai penggantinya,  tanggung jawab lini serangan kini  dibebankan kepada Bale, setelah dia mencetak dua gol saat kemenangan final Liga Champions atas Liverpool.

“Kami suka dia (Bale) bersama kami. Dia sangat termotivasi dengan banyaknya harapan dan dia telah bekerja dengan baik sejak awal musim,” kata Lopetegui kepada wartawan pada malam pertandingan Piala Super UEFA antara Real dengan juara Liga Europa saingan se-kota, Atletico Madrid, di Tallinn.

“Kami senang dengan sikap dan keinginannya, dia adalah seorang ultra profesional yang berlatih dengan para pemain tim yang lebih muda. Kami yakin dia akan memiliki musim yang hebat.” Lopetegui mengatakan, dia sudah memutuskan apakah pemain yang baru dikontrak Thibaut Courtois atau Keylor Navas akan mulai di mainkan pada pertandingan pada Rabu, tetapi dia menolak untuk mengungkapkan rencananya.

Mantan pelatih timnas Spanyol itu menjadi pelatih  Madrid  setelah  Zinedine Zidane berhenti pada akhir musim lalu walaupun berhasil mengamankan kemenangan ketiga berturut-turut di Liga Champions.

“Zidane melakukan pekerjaan luar biasa dengan kesuksesan luar biasa, tetapi itu adalah masa lalu,” tambah Lopetegui.

Continue Reading

Berita

Pramono Anung, lantik 66 pejabat baru di lingkungan Sekretariat Kabinet

Jakarta – Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, lantik 66 pejabat baru di lingkungan Sekretariat Kabinet

Para pejabat baru yang dilantik tersebut, terdiri atas pejabat yang mengalami mutasi jabatan pada eselon yang sama, dan ada juga yang mendapatkan promosi kenaikan eselon.

Dalam sambutannya pada acara pelantikan ke 66 pejabat di lingkungan Sekretariat Kabinet, yang dilaksanakan di Gedung III Kemensetneg, Jakarta, Selasa (14/8) sore, Seskab mengatakan “Jabatan, kedudukan  itu sebenarnya sebuah anugerah tapi sekaligus tantangan”.

Seskab menuturkan, mengutip pemikir islam Hasan Al Bashri, Seskab Pramono Anung mengatakan, ada 4 (empat) sifat tanda kesengsaraan atau kekurangan semuanya atau kalau bahasa anak muda sekarang membuat galau.

Pertama, sebut Seskab, adalah hati yang keras, orang yang tidak bisa memaafkan, orang yang selalu merasa dirinya benar, orang yang selalu merasa dirinya bisa bekerja sendiri tidak membutuhkan orang lain, dan orang yang selalu menang sendiri.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini saya ingin mengajak semuanya karena biasanya hati yang keras, yang tidak bisa memaafkan, mau menang sendiri, ambisius dan sebagainya itu bisa positif tapi seringkali membuat hidup kita menjadi tidak nyaman,” tutur Seskab.

Yang kedua adalah orang kering air mata tidak bisa menangis, baik untuk sebuah kesedihan maupun kebahagiaan. Biasanya orang yang seperti itu, tambah Seskab, wajahnya itu tidak bright, tidak bersinar.

“Jadi kalau masih bisa menangis kita alhamdulillah, tapi asal menangisnya jangan ketika sedih terus, ketika bahagiapun kalau bisa menangis. Karena itu bisa membuat kita menjadi lebih kuat, lebih tegar, lebih survival dalam keadaan apapun.” ujar Seskab.

Ketiga, lanjut Seskab Pramono Anung, adalah orang yang mempunyai panjang angan-angan, orang yang berkeinginan terlalu jauh. “Itu juga akan membuat diri kita tidak nyaman. Kalau angan-angannya tidak tercapai itu membuat kesengsaraan dalam diri kita,” tuturnya.

Yang keempat, orang yang terlalu ambisius terhadap kehidupan dunia, menurut Seskab, itu biasanya juga sengsara. Ia menunjuk contoh misalnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ingin memiliki mobil Range Rover, kecuali orang tuanya kaya raya.

Karena itu, Seskab mengingatkan, dalam hidup itu ada ukuran, ada takaran, ada hal yang menjadi enak. Ia menunjuk contoh makan mie soto di Sekretariat Kabinet adalah yang paling lezat dibandingkan ketika makan di restoran termewah apapun.

“Karena apa? Ada kekeluargaan, ada kebersamaan kita bisa berbagi, kita bisa sharing. Apalagi kita lalui bersama tadi pagi kita sudah punya Mars yang menyatukan kita, ini merupakan modal bagi kita bersama,” ucap Seskab.

Akhirnya Seskab menyampaikan ucapan selamat bertugas, selamat bekerja kepada para pejabat yang baru dilantiknya. Ia berharap para pejabat baru itu akan tercatat merupakan orang yang memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara.

Para pejabat yang dilantik itu terdiri atas 5 (lima) pemegang jabatan pimpinan tinggi pratama atau eselon II, 6 (enam) pemegang jabatan administrator atau eselon III.

Selebihnya sebagai 55 pegawai dilantik sebagai pemegang jabatan pengawas atau eselon IV di sejumlah Asisten Deputi, Kepala Biro, dan Pusdatin dari kedeputian yang ada di Sekretariat Kabinet.

Kelima pemegang jabatan pimpinan tinggi pratama yang dilantik adalah: 1. Roby Arya Brata sebagai Asisten Deputi (Asdep) bidang Ekonomi Makro, Penanaman Modal, dan Badan Usaha pada Deputi bidang Perekonomian; 2. Abdul Muis sebagai Asdep bidang Perniagaan, Kewirausahaan, dan Ketenagakerjaan pada Deputi bidang Perekonomian; 3. Diana Irawati sebagai Asdep bidang Kelautan dan Perikanan pada Deputi bidang Kemaritiman; 4. Dyah Pancaningrum sebagai Kepala Biro Akuntabilitas Kinerja dan Reformasi Birokasi pada  Deputi bidang Administrasi; dan 5. Yulyati Kristina sebagai Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Kapusdatin).

Adapun pemegang jabatan administrator atau eselon III yang dilantik adalah: 1. Said Muhidin sebagai Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan Persidangan; 2. Sutanto sebagai Kabid Fasilitasi Operasional pada Asdep Bidang Pelaporan Persidangan; 3. Edi Nurhadiyanto sebagai Kabid Pengelolaan Informasi pada Asdep Bidang Humas dan Protokol; 4. Hendry Prihandono sebagai Kabid Akuntabilitas Kinerja pada Asdep Bidang Akuntabilitas Kinerja dan Reformasi Birokasi; 5. Rachmat Imam Assari sebagai Kabid Infrastruktur dan Jaringan pada Pusdatin; dan 6. Edy Martha sebagai Kabid Pengelolaan Data dan Informasi pada Pusdatin.

Tampak hadir dalam kesempatan itu antara lain Wakil Seskab Ratih Nurdiati, Deputi Bidang Administrasi Farid Utomo, Deputi Bidang Polhukam Fadlansyah Lubis, Deputi Bidang Kemaritiman Agustina Murbaningsih, Deputi bidang PMK Surat Indijarso, Deputi bidang DKK Yuli Harsono, para Staf Ahli yaitu: M. Amperawan, Thanon Aria Dewangga, Syafrudin, dan Dyah Kusumastuti, serta Staf Khusus Seskab yaitu Bistok Simbolon dan Emir Kresna Wardana.

Continue Reading

Berita

Paduan suara Kedeputian bidang DKK, juara lomba Paduan Suara Mars Sekretariat Kabinet

Jakarta – Paduan suara Kedeputian bidang Dukungan Kerja Kabinet (DKK) tampil sebagai pemenang Lomba Paduan Suara Mars Sekretariat Kabinet, yang diselenggarakan di Aula Lantai 1 Gedung III Kemensetneg, Jakarta, Selasa (14/8) Siang.

Lomba Paduan Suara Mars Sekretariat Kabinet (Setkab) ini diikuti oleh seluruh kedeputian yang ada di Sekretariat Kabinet, yaitu Kedeputian bidang Administrasi; Kedeputian bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam); Kedeputian bidang Perekonomian; Kedeputian bidang Kemaritiman; Kedeputian bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK); dan Kedeputian bidang Dukungan Kerja Kabinet (DKK).

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung dan Wakil Seskab Ratih Nurdiati menjadi juri dalam kegiatan yang diselenggarakan untuk meningkatkan kebersamaan dan kekeluargaan diantara pegawai di lingkungan Sekretariat Kabinet.

Diakhir acara, Seskab Pramono Anung mengumumkan, bahwa Lomba Paduan Suara Mars Sekretariat Kabinet itu dimenangkan oleh Kedeputian DKK.

“Dengan mengucap bismillahirahmanirahim pemenangnya adalah Deputi Bidang Dukungan Kerja Kabinet,” kata Seskab.

Dalam kesempatan itu, Seskab juga menetapkan Mars Sekretariat Kabinet yang ditayangkan melalui video pada acara tersebut sebagai mars resmi Sekretariat Kabinet yang akan dikumandangkan pada acara-acara yang diselenggarakan oleh  Sekretariat Kabinet.

Seskab menyampaikan rasa bahagianya atas antusiasme para pegawai  mengikuti dan menjadi supporter Lomba Paduan Suara Mars Sekretariat Kabinet itu.

“Saya adalah yang paling berbahagia di ruangan ini, melihat keriuhan, kebersamaan, keharmonisan, kekeluargaan kita bersama sebagai keluarga besar Sekretariat Kabinet,” pungkas Seskab.

Continue Reading

terbaru

Olahraga4 jam ago

Sekitar 350 atlet dari 15 negara peserta Asian Games XVIII  tiba di Kota Palembang

Palembang – Sekitar 350 atlet dari 15 negara peserta Asian Games XVIII  sudah tiba di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Berdasarkan...

Politik4 jam ago

Pengamat : Isu identitas agama dalam Pemilu Presiden 2019 sangat membahayakan.

Medan – Pengamat sosial politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara Ansari Yamamah berharap masyarakat dan politikus tidak lagi...

Wisata5 jam ago

Walhi berharap Geopark Kaldera Toba harus bisa masuk dalam UNESCO Global Geopark

Medan, 15/8 (Antara) – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), Sumatera Utara berharap Geopark Kaldera Toba harus bisa masuk dalam UNESCO...

Wisata5 jam ago

KKP sosialisasikan daya dukung dan zonasi KJA di Danau Toba

Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyosialisasikan hasil kajian daya dukung dan penetapan zonasi untuk budi daya ikan dalam...

Berita5 jam ago

Pelatih Real Madrid yakin Gareth Bale mampu menggantikan

Taillinn, Spanyol – Pelatih Real Madrid Julen Lopetegui memuji Gareth Bale dan meyakini penyerang Welsh itu mampu mengisi kekosongan yang...

Olahraga5 jam ago

Timnas Suriah berhasil tekuk timnas Uni Emirat Arab 1-0 pada laga Grup C Asian Games.

Bandung – Tim nasional Suriah berhasil mengalahkan Uni Emirat Arab 1-0 pada laga lanjutan Grup C Asian Games 2018, yang...

Daerah13 jam ago

Kapolda Sumut bersama pejabat utama, Ibu Bhayangkari dan Polwan dari sejumlah polres menggelar nobar film dokumenter Polwan Carstensz

Medan – Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw bersama pejabat utama, Ibu Bhayangkari dan Polwan dari sejumlah polres menggelar...

Hukum14 jam ago

Satserse Narkoba Polrestabes Medan amankan IRT pembawa sabu 1 Kg

Medan  – Tim Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Medan amankan Seorang ibu rumah tangga  Nalias Betti  (NB), 32 tahun, diringkus personil...

Berita14 jam ago

Pramono Anung, lantik 66 pejabat baru di lingkungan Sekretariat Kabinet

Jakarta – Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, lantik 66 pejabat baru di lingkungan Sekretariat Kabinet Para pejabat baru yang dilantik...

Nasional14 jam ago

Kepada Pramuka, Jokowi menitipkan bangsa ini untuk dibawa ke masa kejayaan

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Gerakan Pramuka harus merevitalisasi dirinya agar terus dapat membentuk manusia-manusia Pancasila yang tangguh,...

Trending