Connect with us

Agama

JK bersama sejumlah pimpinan ormas Islam sampaikan pernyataan bersama tentang pembakaran bendera tauhid

Jakarta, Kabarnas – Wakil Presiden (Wapres) M Jusuf Kalla kumulkan para pimpinan organisasi massa Islam dirumah Dinas Wapres, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/10/2018) malam

Pertemuan tersebut bertujuan untuk  menyikapi pembakaran bendera tauhid yang terjadi di Limbangan, Garut pada, Senin (22/10) lalu.

.Para pimpinan ormas yang hadir menyesalkan terjadinya pembakaran bendera tersebut dan sepakat untuk menjaga suasana kedamaian, serta berupaya meredam situasi agar tidak terus berkembang ke arah yang tidak diinginkan.

Usai pertemuan Wapres didampingi para pimpinan ormas yang hadir membacakan pernyataan bersama didampingi oleh para pimpinan ormas Islam.

Pada pertemuan ini, hadir sejumlah tokoh ormas Islam diantaranya Ketua Umum PP Muhammadiyah Haidar Nasir, Ketua Umum PB NU Said Aqil Siradj, Ketua Umum Syarikat Islam Hamdan Zoelva, Ketua Umum PB Al Washliyah Yusniar Yusuf, Ketua MUI Ma’ruf Amin, Ketua Majelis Penasehat Persis Maman Abdurrahman, Ketua Umum Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Moh Sidik, Sekjen Dewan Masjid Indonesia Imam Addaruqutni, Tokoh Muhammadiyah Din Syamsuddin, Cendekiawan Muslim Nasaruddin Umar.

Kemudian, Imam Besar Masjid Istiqlal Nazarudin Umar, Sekjen PB NU Helmy Faishal, Wakil Ketua MUI Zainud Tauhid, Cendekiawan Muslim Azzyumardi Azra, dan Dewan Penasihat Pimpinan Pusat Persatuan Islam Indonesia (Persis) Maman Abdurahman.

Dari unsur pemerintah, Selain JK, tampak hadir diantaranya, Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Kepala Divisi Humas Polri Irjen (Pol) Setyo Wasisto.

Berikut pernyataan lengkap yang disampaikan Wapres:

1. Para pimpinan ormas Islam mengingatkan bahwa Bangsa Indonesia dalam mengatasi berbagai masalah bangsa, selalu diselesaikan dengan musyawarah dan saling pengertian, serta tetap menjaga persatuan dan kesatuan dengan kearifan dan nilai luhur bangsa.

2. Para pimpinan ormas Islam yang hadir menyesalkan terjadinya pembakaran bendera di Kecamatan Limbangan, Garut, dan sepakat untuk menjaga suasana kedamaian, serta beruoaya meredam situasi agar tidak terus berkembang ke arah yang tidak diinginkan.

3. Dalam upaya menyelesaikan dan mengakhiri masalah ini, oknum yang membakar dan membawa bendera telah menyampaikan permohonan maaf. Pimpinan GP Anshor serta Nahdlatul Ulama menyesalkan peristiwa tersebut, dan telah memberikan sanksi atas perbuatan yang melampaui prosedur yang telah ditetapkan dan berharap tidak terulang kembali.

4. Menyerukan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk bergandengan tangan, menolak segala bentuk adanya adu domba, dan pecah belah. Mengajak seluruh masyarakat untuk menahan diri agar tidak lagi memperbesar masalah. Khususnya kepada segenap umat Islam, marilah kita bersama-sama mengedepankan dakwah Islam yang bil hikmah wal mauidzatil hasanah.

5. Apabila terdapat pelanggaran hukum di dalam peristiwa ini, diserahkan kepada Polri untuk menyelesaikan berdasarkan hukum yang berlaku.

Pimpinan Ormas Islam juga menyerukan kepada rakyat Indonesia untuk bergandengan tangan menolak segala bentuk upaya adu domba dan pecah belah. “Mengajak seluruh masyarakat untuk menahan diri agar tidak lagi memperbesar masalah. Khususnya kepada segenap Umat Islam marilah bersama-sama mengedepankan dakwah Islam yang bil hikmah wal mauidzatil hasanah,” kata Wapres menutup pembacaan pernyataan tersebut.

Agama

Klasis GPI Jayapura – Nabire gelar Rakersis ke 7

Jayapura, Kabarnas – Klasis Gereja Protestan Indonesia (GPI) Jayapura-Nabire menggelar rapat kerja klasis (Rakersis) yang ke-7 dan rapat kerja pelayanan wadah-wadah di Gereja GPI Anugrah, Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura.

Ketua Klasis GPI Jayapura-Nabire, Pdt Jhon R Leleuly Sm.Th, SH mengatakan, raker tersebut dibuka oleh Asisten I Setda Kota Jayapura Eveerth N Meraudje, mewakili Wali Kota Benhur Tommy Mano pada Minggu pagi (11/11)

Rakersis berlanngsung sejak Minggu (11/11) siang hingga Selasa (13/11) mengusung  tema “Rapi Tersusun dan Diikat Menjadi Satu”

Rakersis ini, dilaksanakan untuk mengevaluasi hasil program pelayanan selama satu tahun ini, setelah setahun sebelumnya digelar Rakersis di Jemaat GPI Papua Efrata, Kabupaten Nabire.

“Rakersis ini merupakan sidang untuk evaluasi kinerja dalam bentuk pertanggungjawabkan program pelayanan yang dilaksanakan dan anggaran pendapatan dan belanja selama satu tahun ini. Rakersis ini juga akan menyusun program dan anggaran pendapatan belanja 2019,” katanya.

Dalam capaian sementara rapat tersebut, telah disepakati desentralisasi pembayaran gaji untuk semua pelayan gereja termasuk persepuluhan diberikan 100 persen ke sinode.

“Jadi, pada 2019 ini diharapkan terhitung Januari, pembayaran gaji dari pada pendeta atau pelayan Tuhan, itu baik yang ada di kota hingga pedalaman-pedalaman pembayarannya secara terpusat dan serentak setiap tanggal 1 awal bulan lewat ATM BRI,” katanya.

Selama ini, pembayaran gaji para pendeta atau pelayan Tuhan cukup terhambat karena rentang jarak dan penerimaan persepuluhan dan ini menjadi pergumulan untuk dicarikan solusi terbaik, sehingga disepakati bahwa persepuluhan tidak lagi 60 persen tetapi 100 persen diberikan ke sinode.

“Inilah yang nanti akan disampaikan kepada warga jemaat, apa itu persepuluhan. Bagaimana menyampaikan dan mengajak untuk berpikir tidak hanya mementingkan jemaat itu sendiri tetapi mementingkan semua jemaat secara keseluruhan,” kata Pdt Jhon.

Ketua Majelis Jemaat GPI Papua Efrata Kabupaten Nabire, Pdt Alexander R Barends S.Si mengatakan sebanyak 30 peserta yang datang dari gerejanya untuk mengikuti Rakersis tersebut.

“Dalam rangka Rakersis dan rapat kerja pelayanan wadah-wadah kategorial, bersama dengan saya ada 30 peserta yang berasal dari Nabire dan dibagi berdasarkan wadah-wadah pelayanan diantaranya PAR, Pemuda, Wanita, Pria dan Lansia,” katanya.

Jemaat GPI Papua Efrata Kabupaten Nabire, sedang berupaya membangun dua gedung gereja guna meningkatkan pelayanan kerohanian.

“Kami juga tetap membawa GPI Papua Efrata dalam kehidupan bersama denominasi gereja yang ada di Nabire,” kata Pdt Alexander.

Sementara itu, Sekretaris Sinode GPI di tanah Papua, Pdt DR Ronald d Helwelderi M.Si mengaku mempunyai tanggungjawab dalam meningkatkan pelayanan kepada jemaat, salah satunya pendampingan di wilayah-wilayah gereja GPI.

“Salah satunya dengan mengikuti Rakersis dan rapat kerja pelayanan GPI lingkup Klasis Jayapura-Nabire. Jemaat di wilayah ini merupakan klasis kotawi yang berlatar belakang berbagai macam pendidikan dan pekerja, sehingga bisa dijadikan contoh bagi klasis dan pengembangan GPI di tanah Papua,” katanya.

Continue Reading

Agama

Presiden Jokowi terima Panitia dan Pemenang Pesparani 2018

Bogor, Kabarnas – Usai menerima menerima peserta Kongres Indonesia Millenial Movement Tahun 2018, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersilaturahim dengan Panitia dan Pemenang Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Tahun 2018, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (12/11) siang.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi tak lupa menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang Pesparani 2018. Namun Presiden mengingatkan, yang penting bukan semata-mata soal vokal atau siapa pemenangnya atau siapa yang menjadi juaranya. Tapi yang paling penting kita bisa merayakan kebersamaan, bisa merayakan persaudaraan, bisa merayakan persatuan.

Saya sudah dengar banyak acara ini, saya kira panitia sukses menyelenggarakan Pesparani 2018, selamat kepada para pemenang Pesparani 2018. “Yang penting bukan siapa pemenangnya atau siapa juaranya tapi yang paling penting kita bisa merayakan persaudaraan, persatuan,” ujar Jokowi.

Dalam paduan suara banyak pelajaran tentang tenggang rasa, saling menghargai, membangun toleransi. “Ada saatnya yang dibutuhkan adalah sopran, lain waktu alto, tenor, bass, semua harus saling menghargai bukan satu minta dominan terus terusan,” katanya.

Tidak mungkin satu minta dominan, satu minta terus-terusan sopran atau terus-terusan bas. “Tidak mungkin. Harus saling menjaga dan mengurangi ego masing-masing untuk mendapatkan sebuah suara yang padu, suara yang harmonis, dan suara yang indah,” uja Jokowi.

Dalam kesempatan itu Presiden Jokowi menyampaikan permohonan maaf karena tidak bisa hadir saat acara pembukaan Pesparani 2018 di Ambon akhir Oktober 2018.

Jokowi berpesan agar masalah kerukunan, persaudaraan, dan persatuan terus disampaikan kepada umat, kepada masyarakat, karena banyak yang tidak ingat, lupa bahwa negara ini memang sangat beragam, berbeda agama, suku, bahasa daerah, adat, dan  tradisi.

Diperlukan sebuah pemahaman yang sangat agar aset terbesar bangsa ini, yaitu persatuan, persaudaraan, dan kerukunan betul-betul bisa diresapi dan bisa dipahami secara mendasar oleh masyarakat.

“Jangan sampai intoleransi, ekstremisme, menganggap dirinya yang paling benar, itu merasuk ke mana-mana dan nantinya membuat masyarakat merasa tidak rukun, tidak satu. Itu yang sangat berbahaya,” tegas Presden Jokowi.

Sementara itu Ketua KWI Mgr Ignasius Soeharyo menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas terlaksananya Pesparani 2018 terutama Pemprov Maluku. Ia menyebutkan beberapa waktu lalu wilayah Ambon dilanda konflik berkepanjangan, namun saat ini berubah dengan berbagai langkah rekonsiliasi.  “Pesannya jelas dari Maluku untuk Indonesia. Pesan dari Maluku adalah membuat dan merawat keberagaman dalam persatuan,” kata Soeharyo.

Hadir dalam kesempatan itu  Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Mensesneg Pratikno, Kepala Bekraf Triawan Munaf, Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko dan Staf Khusus Presiden Lenis Kogoya.

 

Continue Reading

Agama

Sekjend HKI resmikan Resort Pulo Siborna menjadi Resort yang ke 187

Pulo Siborna,Simalungun, Kabarnas  – Sekretaris Jenderal (Sekjend)  Huria Kristen Indonesia (HKI) Pdt.Dr. BATARA SIHOMBING, MTH resmikan Resort Pulo Siborna, Daerah I Sumatera Timur I dan Penggalangan Dana Pembangunan Rumah Pendeta sekaligus menempati rumah baru  pada Minggu, (11/11).

Resort Pulo Siborna menjadi Resort yang ke 187 HKI diseluruh dunia, dan menjadi resort yang ke 25 di Daerah I Sumatera Timur. HKI sudah emasuki umur yang ke 51 dan telah mempunyai sebanyak 824 gereja dengan warga jemaat 310.000 jiwa.

Hal tersebut disampaikan Sekjend HKI, Pdt.Dr. BATARA SIHOMBING, MTH saat meresmikan Resort Pulo Siborna, di lokasi Gereja HKI Pulo Siborna pada Minggu (11/11).

Sekjend mengatakan diresmikannya resort tersebut guna meningkatkan pelayanan HKI kepada jemaatnya karena Pendeta yang bertugas semakin dekat dengan jemaatnya. Sekjend yang mewakili Ephorus HKI juga mengucapkan rasa terimakasihnya kepada jemaat HKI yang selama ini selalu bergotong royong dalam membangun gereja maupun fasilitas lainnya.

HKI Resort Pulo Siborna terdiri dari tiga gereja yakni: HKI Pulo Siborna, HKI Manik Rambung, dan HKI Tapian Nauli dengan total 245 KK atau sebanyak 864 jiwa warga jemaat.

Rangkain acara dimulai dengan prosesi menyambut kedatangan Sekjend dan rombongan kemudian Acara kebaktian, makan bersama dan manortor bersama Pimpinan HKI beserta jemaat yang hadir. Ditengah acara kebaktian, dilakukan peresmian resort dimulai dengan pembacaan surat keputusan, kemudian membacakan statistik, pembacaan Majelis resort dan membacakan surat Keputusan HKI No, SK.725/TP.HKI.DU/XI/2018 yang menjadi dasar penetapan HKI Resort Pulo Siborna. Setelah itu pemukulan gong oleh  Sekjend Pdt.Dr. BATARA SIHOMBING, MTH sebagai tanda peresmian tersebut dilanjutkan menyanyikan Mars HKI.

Dalam kotbahnya Sekjend berpesan agar seluruh jemaat HKI menjadi berkah bagi sesama dan menjadi kemuliaan bagi Tuhan.

Selesai acara ibadah dilanjutkan dengan makan bersama lalu penggalangan dana, kemudian Manortor bersama.

Saat manortor bersama, Sekjend HKI beserta rombongan mangulosi Bernad Damanik SE yang merupakan Ketua Panitia sekaligus Caleg DPRD Simalungun, Rony Reinaldo Situmorang Caleg DPRD Provinsi NO Urut 3 dari daerah pemilihan Siantar Simalungun, yang mewakili Teddy Robinson Siahaan Caleg DPR RI No urut 4 Daerah pemilihan Sumut II. dan juga kepala desa setempat.

Sekjend Pdt.Dr. BATARA SIHOMBING, MTH mengucapkan terimakasih serta mendoakan agar ketiga Caleg dari Partai NasDem tersebut kiranya diberkati Tuhan terpilih menjadi wakil rakyat.

Acara peresmian resort Pulo Siborna dihadiri sekitar lima ratusan yang terdiri dari jemaat, gereja tetangga, Pimpinan HKI dan tamu undangan lainnya.

Continue Reading

terbaru

Keamanan7 jam ago

Polda Banten dan Daerah Istimewa Yogyakarta jadi Polda Type A

Jakarta, Kabarnas – Tipologi Polda Daerah Istimewa Yogyakarta dan Polda Banten dinaikkan dari tipe B menjadi tipe A. Peningkatan tipologi...

Internasional8 jam ago

Presiden Jokowi hadiri pertemuan APEC

Jakarta, Kabarnas – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pertemuan Dewan Bisnis Asia-Pacific Economic Cooperation atau APEC Business Advisory Council (ABAC)...

Ekonomi8 jam ago

Presiden Jokowi tegaskan pentingnya bersikap inklusif dalam era ekonomi digital

Jakarta, Kabarna- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pentingnya bersikap inklusif dalam era ekonomi digital saat pertemuan dengan Asia-Pacific Economic Cooperation...

Berita8 jam ago

Tingkat Pengangguran Terbuka Terendah Selama Pemerintahan Jokowi-JK

Jakarta, Kabarnas –  Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri mengemukakan, tingkat pengangguran tahun 2018 ini merupakan angka terendah selama dalam pemerintahan Jokowi-JK...

peristiwa8 jam ago

Sejak Dinihari tadi sudah 12 kali Gempa dirasakan warga di Mamasa

Mamasa,  Kabarnas – Gempa bumi 2.9 SR guncang Lombok Utara, Sulbar,   pada 18 Nov 2018, 07:40:43 WIB Hasil analisis Badan...

peristiwa8 jam ago

Gempa bumi 5.0 SR guncang MANDAILING NATAL, SUMUT

Panyabungan,  Kabarnas – Gempa bumi 5.0 SR guncang MANDAILING NATAL, SUMUT,   pada 17 Nov 2018, 17:41:49 WIB Hasil analisis Badan...

Berita1 hari ago

MENHAN : Kejahatan Merajalela Kalau Orang Baik Diam

Kabarnas, Semarang – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menilai kejahatan akan merajalela di negeri bila orang baik diam saja dan tidak...

peristiwa1 hari ago

Gempa bumi 3 SR guncang Lombok Utara, NTB

Tanjung,  Kabarnas – Gempa bumi 3 SR guncang Lombok Utara, NTB,   pada 17 Nov 2018, 05:46:47 WIB Hasil analisis Badan...

peristiwa2 hari ago

Gempa bumi 2.4 SR guncang Mamasa, Sulbar untuk yang ke 15 kalinya hari ini

Mamasa,  Kabarnas – Gempa bumi 2.4 SR guncang Mamasa, Sulbar,   pada 16 Nov 2018, 21:53:34 WIB Hasil analisis Badan Meteorologi,...

Pembangunan2 hari ago

Presiden Jokowi tinjau lokasi pembangunan PLBN Sota, Merauke, Papua

Papua, Kabarnas – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin pos lintas batas negara (PLBN) yang akan segera dibangun di Sota, Merauke,...

Trending