Connect with us

Agama

PGI dorong peningkatan solidaritas sesama anak bangsa untuk Palu

Jakarta, Kabarnas – Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) mendorong peningkatan solidaritas sebagai sesama anak bangsa untuk bahu membahu serta mengurangi penderitaan korban bencana gempa dan atau tsunami di Palu dan sekitarnya.

“Kami meminta gereja-gereja di Indonesia untuk tetap mendoakan dan saling bahu membahu membantu korban bencana tanpa memandang latar belakang korban, dan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak yang terlibat dalam aksi kemanusiaan di lokasi bencana,” demikian pernyataan pers PGI yang disampaikan Irma Riana Simanjuntak Humas PGI, di Jakarta, Jumat (5/10).

Bencana gempa dan tsunami yang menerpa Palu, Donggala dan Sigi serta  daerah sekitarnya sungguh menimbulkan duka mendalam bagi seluruh rakyat Indonesia.  Selain kehilangan harta benda, menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana  (BNPB) per tanggal 4 Oktober 2018 menyebutkan jumlah korban tewas akibat bencana ini sebanyak 1.424 jiwa. Dikuatirkan jumlah ini masih akan bertambah mengingat masih banyaknya korban yang belum ditemukan.

Peristiwa ini telah mendorong keprihatinan pemerintah, gereja-gereja dan seluruh masyarakat bahkan dari luar negeri  untuk saling membantu meringankan penderitaan korban, tanpa memandang latarbelakang.

Sebagai wujud solidaritas gereja-gereja di Indonesia,  Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) telah berada di lokasi bencana sejak Minggu (30/10) dan bersama gereja-gereja setempat membangun beberapa pusat layanan di lokasi bencana. PGI juga telah melakukan Doa Bersama Lintas Iman di Jakarta pada 3 Oktober 2018 sembari mendorong solidaritas anak bangsa untuk memberikan perhatian kepada korban bencana dengan mengedepankan sisi kemanusiaan.

Sehubungan dengan musibah besar ini, PGI menyatakan beberapa hal:

  1. Gempa merupakan kejadian yang hingga kini tidak bisa diprediksi oleh manusia meskipun dengan memakai kecanggihan teknologi. Oleh karenanya kesiapsiagaan masyarakat perlu ditingkatkan dalam hal pengetahuan mitigasi dalam rangka pengurangan risiko bencana.
  2. Sebagai gejala alam sedemikan, maka berbagai bentuk spekulasi tentang bencana ini hendaknya dihentikan. Apa yang hendak diperlukan kini adalah membangunkan solidaritas kita sebagai sesama anak bangsa untuk bahu membahu mengurangi penderitaan korban. Untuk itu kami meminta gereja-gereja di Indonesia untuk tetap mendoakan dan saling bahu membahu membantu korban bencana tanpa memandang latar belakang korban, dan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak yang terlibat dalam aksi kemanusiaan di lokasi bencana.
  3. Menghimbau gereja-gereja yang menyalurkan bantuan untuk tetap mengedepankan aspek kemanusiaan dan menghindari isu agama yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat. Hendaknya dalam menyalurkan bantuan kemanusiaan ini tidak menggunakan pendekatan yang dapat disalah mengerti oleh masyarakat. Olehnya, sangat disarankan agar gereja-gereja dapat bekerja bersama dengan elemen bangsa lainnya.
  4. PGI juga meminta kepada semua pihak agar situasi ini tidak dimanfaatkan untuk kepentingan politik dalam rangka Pileg dan Pilpres 2019.
  5. Meminta semua pihak untuk tidak memposting dan menyebarkan foto-foto korban di media sosial yang dapat menimbulkan kesedihan mendalam bagi keluarga. Dan menghindari memproduksi dan menyebarkan konten hoaks terkait bencana yang dapat menimbulkan kecemasan dan kepanikan di masyarakat.

Sebelumnya PGI telah melakukan Doa Bersama Lintas Iman pada 3 Oktober 2018 sebagai wujud solidaritas gereja-gereja di Indonesia dan mendorong untuk memberikan perhatian kepada korban bencana dengan mengedepankan sisi kemanusiaan.

“Peristiwa ini telah mendorong keprihatinan pemerintah, gereja-gereja dan masyarakat di seluruh dunia untuk saling membantu meringankan penderitaan korban, tanpa memandang latarbelakang,” ujarnya.

“Bencana gempa dan tsunami yang menerpa Palu, Donggala, dan Sigi dan daerah sekitarnya sungguh menimbulkan duka mendalam bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.

Sebelumnya PGI telah mengirimkan bantuan tiga buah genset, obat-obatan bagi korban gempa-tsunami di Palu, Donggala, dan Sigi, pada Kamis (4/10).

Obat-obatan tersebut diantaranya Ambroxol, Paracetamol, Chlorphenon, Ketoconazole, Cefiximie, Captopril, dan Amlodipin. Selain ISPA, obat-obatan tersebut digunakan untuk penyakit kulit, antibiotik, hipertensi dan pencernaan. Untuk pengadaan obat-obatan PGI berkoordinasi dengan RS PGI Cikini.

 

Agama

Klasis GPI Jayapura – Nabire gelar Rakersis ke 7

Jayapura, Kabarnas – Klasis Gereja Protestan Indonesia (GPI) Jayapura-Nabire menggelar rapat kerja klasis (Rakersis) yang ke-7 dan rapat kerja pelayanan wadah-wadah di Gereja GPI Anugrah, Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura.

Ketua Klasis GPI Jayapura-Nabire, Pdt Jhon R Leleuly Sm.Th, SH mengatakan, raker tersebut dibuka oleh Asisten I Setda Kota Jayapura Eveerth N Meraudje, mewakili Wali Kota Benhur Tommy Mano pada Minggu pagi (11/11)

Rakersis berlanngsung sejak Minggu (11/11) siang hingga Selasa (13/11) mengusung  tema “Rapi Tersusun dan Diikat Menjadi Satu”

Rakersis ini, dilaksanakan untuk mengevaluasi hasil program pelayanan selama satu tahun ini, setelah setahun sebelumnya digelar Rakersis di Jemaat GPI Papua Efrata, Kabupaten Nabire.

“Rakersis ini merupakan sidang untuk evaluasi kinerja dalam bentuk pertanggungjawabkan program pelayanan yang dilaksanakan dan anggaran pendapatan dan belanja selama satu tahun ini. Rakersis ini juga akan menyusun program dan anggaran pendapatan belanja 2019,” katanya.

Dalam capaian sementara rapat tersebut, telah disepakati desentralisasi pembayaran gaji untuk semua pelayan gereja termasuk persepuluhan diberikan 100 persen ke sinode.

“Jadi, pada 2019 ini diharapkan terhitung Januari, pembayaran gaji dari pada pendeta atau pelayan Tuhan, itu baik yang ada di kota hingga pedalaman-pedalaman pembayarannya secara terpusat dan serentak setiap tanggal 1 awal bulan lewat ATM BRI,” katanya.

Selama ini, pembayaran gaji para pendeta atau pelayan Tuhan cukup terhambat karena rentang jarak dan penerimaan persepuluhan dan ini menjadi pergumulan untuk dicarikan solusi terbaik, sehingga disepakati bahwa persepuluhan tidak lagi 60 persen tetapi 100 persen diberikan ke sinode.

“Inilah yang nanti akan disampaikan kepada warga jemaat, apa itu persepuluhan. Bagaimana menyampaikan dan mengajak untuk berpikir tidak hanya mementingkan jemaat itu sendiri tetapi mementingkan semua jemaat secara keseluruhan,” kata Pdt Jhon.

Ketua Majelis Jemaat GPI Papua Efrata Kabupaten Nabire, Pdt Alexander R Barends S.Si mengatakan sebanyak 30 peserta yang datang dari gerejanya untuk mengikuti Rakersis tersebut.

“Dalam rangka Rakersis dan rapat kerja pelayanan wadah-wadah kategorial, bersama dengan saya ada 30 peserta yang berasal dari Nabire dan dibagi berdasarkan wadah-wadah pelayanan diantaranya PAR, Pemuda, Wanita, Pria dan Lansia,” katanya.

Jemaat GPI Papua Efrata Kabupaten Nabire, sedang berupaya membangun dua gedung gereja guna meningkatkan pelayanan kerohanian.

“Kami juga tetap membawa GPI Papua Efrata dalam kehidupan bersama denominasi gereja yang ada di Nabire,” kata Pdt Alexander.

Sementara itu, Sekretaris Sinode GPI di tanah Papua, Pdt DR Ronald d Helwelderi M.Si mengaku mempunyai tanggungjawab dalam meningkatkan pelayanan kepada jemaat, salah satunya pendampingan di wilayah-wilayah gereja GPI.

“Salah satunya dengan mengikuti Rakersis dan rapat kerja pelayanan GPI lingkup Klasis Jayapura-Nabire. Jemaat di wilayah ini merupakan klasis kotawi yang berlatar belakang berbagai macam pendidikan dan pekerja, sehingga bisa dijadikan contoh bagi klasis dan pengembangan GPI di tanah Papua,” katanya.

Continue Reading

Agama

Presiden Jokowi terima Panitia dan Pemenang Pesparani 2018

Bogor, Kabarnas – Usai menerima menerima peserta Kongres Indonesia Millenial Movement Tahun 2018, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersilaturahim dengan Panitia dan Pemenang Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Tahun 2018, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (12/11) siang.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi tak lupa menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang Pesparani 2018. Namun Presiden mengingatkan, yang penting bukan semata-mata soal vokal atau siapa pemenangnya atau siapa yang menjadi juaranya. Tapi yang paling penting kita bisa merayakan kebersamaan, bisa merayakan persaudaraan, bisa merayakan persatuan.

Saya sudah dengar banyak acara ini, saya kira panitia sukses menyelenggarakan Pesparani 2018, selamat kepada para pemenang Pesparani 2018. “Yang penting bukan siapa pemenangnya atau siapa juaranya tapi yang paling penting kita bisa merayakan persaudaraan, persatuan,” ujar Jokowi.

Dalam paduan suara banyak pelajaran tentang tenggang rasa, saling menghargai, membangun toleransi. “Ada saatnya yang dibutuhkan adalah sopran, lain waktu alto, tenor, bass, semua harus saling menghargai bukan satu minta dominan terus terusan,” katanya.

Tidak mungkin satu minta dominan, satu minta terus-terusan sopran atau terus-terusan bas. “Tidak mungkin. Harus saling menjaga dan mengurangi ego masing-masing untuk mendapatkan sebuah suara yang padu, suara yang harmonis, dan suara yang indah,” uja Jokowi.

Dalam kesempatan itu Presiden Jokowi menyampaikan permohonan maaf karena tidak bisa hadir saat acara pembukaan Pesparani 2018 di Ambon akhir Oktober 2018.

Jokowi berpesan agar masalah kerukunan, persaudaraan, dan persatuan terus disampaikan kepada umat, kepada masyarakat, karena banyak yang tidak ingat, lupa bahwa negara ini memang sangat beragam, berbeda agama, suku, bahasa daerah, adat, dan  tradisi.

Diperlukan sebuah pemahaman yang sangat agar aset terbesar bangsa ini, yaitu persatuan, persaudaraan, dan kerukunan betul-betul bisa diresapi dan bisa dipahami secara mendasar oleh masyarakat.

“Jangan sampai intoleransi, ekstremisme, menganggap dirinya yang paling benar, itu merasuk ke mana-mana dan nantinya membuat masyarakat merasa tidak rukun, tidak satu. Itu yang sangat berbahaya,” tegas Presden Jokowi.

Sementara itu Ketua KWI Mgr Ignasius Soeharyo menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas terlaksananya Pesparani 2018 terutama Pemprov Maluku. Ia menyebutkan beberapa waktu lalu wilayah Ambon dilanda konflik berkepanjangan, namun saat ini berubah dengan berbagai langkah rekonsiliasi.  “Pesannya jelas dari Maluku untuk Indonesia. Pesan dari Maluku adalah membuat dan merawat keberagaman dalam persatuan,” kata Soeharyo.

Hadir dalam kesempatan itu  Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Mensesneg Pratikno, Kepala Bekraf Triawan Munaf, Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko dan Staf Khusus Presiden Lenis Kogoya.

 

Continue Reading

Agama

Sekjend HKI resmikan Resort Pulo Siborna menjadi Resort yang ke 187

Pulo Siborna,Simalungun, Kabarnas  – Sekretaris Jenderal (Sekjend)  Huria Kristen Indonesia (HKI) Pdt.Dr. BATARA SIHOMBING, MTH resmikan Resort Pulo Siborna, Daerah I Sumatera Timur I dan Penggalangan Dana Pembangunan Rumah Pendeta sekaligus menempati rumah baru  pada Minggu, (11/11).

Resort Pulo Siborna menjadi Resort yang ke 187 HKI diseluruh dunia, dan menjadi resort yang ke 25 di Daerah I Sumatera Timur. HKI sudah emasuki umur yang ke 51 dan telah mempunyai sebanyak 824 gereja dengan warga jemaat 310.000 jiwa.

Hal tersebut disampaikan Sekjend HKI, Pdt.Dr. BATARA SIHOMBING, MTH saat meresmikan Resort Pulo Siborna, di lokasi Gereja HKI Pulo Siborna pada Minggu (11/11).

Sekjend mengatakan diresmikannya resort tersebut guna meningkatkan pelayanan HKI kepada jemaatnya karena Pendeta yang bertugas semakin dekat dengan jemaatnya. Sekjend yang mewakili Ephorus HKI juga mengucapkan rasa terimakasihnya kepada jemaat HKI yang selama ini selalu bergotong royong dalam membangun gereja maupun fasilitas lainnya.

HKI Resort Pulo Siborna terdiri dari tiga gereja yakni: HKI Pulo Siborna, HKI Manik Rambung, dan HKI Tapian Nauli dengan total 245 KK atau sebanyak 864 jiwa warga jemaat.

Rangkain acara dimulai dengan prosesi menyambut kedatangan Sekjend dan rombongan kemudian Acara kebaktian, makan bersama dan manortor bersama Pimpinan HKI beserta jemaat yang hadir. Ditengah acara kebaktian, dilakukan peresmian resort dimulai dengan pembacaan surat keputusan, kemudian membacakan statistik, pembacaan Majelis resort dan membacakan surat Keputusan HKI No, SK.725/TP.HKI.DU/XI/2018 yang menjadi dasar penetapan HKI Resort Pulo Siborna. Setelah itu pemukulan gong oleh  Sekjend Pdt.Dr. BATARA SIHOMBING, MTH sebagai tanda peresmian tersebut dilanjutkan menyanyikan Mars HKI.

Dalam kotbahnya Sekjend berpesan agar seluruh jemaat HKI menjadi berkah bagi sesama dan menjadi kemuliaan bagi Tuhan.

Selesai acara ibadah dilanjutkan dengan makan bersama lalu penggalangan dana, kemudian Manortor bersama.

Saat manortor bersama, Sekjend HKI beserta rombongan mangulosi Bernad Damanik SE yang merupakan Ketua Panitia sekaligus Caleg DPRD Simalungun, Rony Reinaldo Situmorang Caleg DPRD Provinsi NO Urut 3 dari daerah pemilihan Siantar Simalungun, yang mewakili Teddy Robinson Siahaan Caleg DPR RI No urut 4 Daerah pemilihan Sumut II. dan juga kepala desa setempat.

Sekjend Pdt.Dr. BATARA SIHOMBING, MTH mengucapkan terimakasih serta mendoakan agar ketiga Caleg dari Partai NasDem tersebut kiranya diberkati Tuhan terpilih menjadi wakil rakyat.

Acara peresmian resort Pulo Siborna dihadiri sekitar lima ratusan yang terdiri dari jemaat, gereja tetangga, Pimpinan HKI dan tamu undangan lainnya.

Continue Reading

terbaru

Berita9 jam ago

Sangat Tidak Etis Sandiaga Uno melangkahi makam KH Bisri Syansuri

Jakarta, Kabarnas – Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa Abdul Kadir Karding menilai calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno...

Nasional9 jam ago

KLHK butuh dana Rp. 200 T untuk pemulihan DAS

Jakarta, Kabarnas – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) membutuhkan dana sekitar Rp200 triliun untuk mendanai pola induk pemulihan daerah...

Agama9 jam ago

Klasis GPI Jayapura – Nabire gelar Rakersis ke 7

Jayapura, Kabarnas – Klasis Gereja Protestan Indonesia (GPI) Jayapura-Nabire menggelar rapat kerja klasis (Rakersis) yang ke-7 dan rapat kerja pelayanan...

Internasional9 jam ago

UNS jadi tuan rumah Diaspora Jawa dunia pada 20 hingga 23 Juni 2019

Solo, Kabarnas – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan menjadi tuan rumah pertemuan Ngumpulke Balung Pisah Javanese Diaspora Event ke-4....

Pendidikan10 jam ago

UNS bentuk Pusat Studi Pancasila

Solo, Kabarnas – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan meningkatkan produktivitas pusat studi dengan aktivitas yang mendukung kinerja kampus. “Saat...

Politik10 jam ago

Jokowi pilih Kiai Ma’ruf Amin karena cinta ulama dan santri

Lebak, Kabarnas – Kiai Ma’ruf Amin mengaku bangga sebagai putra Banten ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi calon wakil presiden...

Berita11 jam ago

Penjara 5 tahun dan denda Rp. 1 M bagi yang merusak, memotong, menghancurkan, mengubah Rupiah, diancam 5 tahun penjara

Jakarta, Kabarnas – Bank Indonesia (BI) menghimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga dan merawat uang Rupiah dengan baik agar layak edar...

Nasional11 jam ago

Dihadapan 31 Bupati, Jokowi klarifikasi isu dirinya sebagai antek asing dan aseng

Jakarta, Kabarnas – Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menerima 31 Bupati, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (12/11) siang, mengklarifikasi isu...

peristiwa11 jam ago

Gempa bumi 3.1 SR guncang Mamasa, Sulbar

Mamasa,  Kabarnas – Gempa bumi 3.1 SR guncang Mamasa, Sulbar,   pada 12 Nov 2018, 16:14:35 WIB Hasil analisis Badan Meteorologi,...

Agama16 jam ago

Presiden Jokowi terima Panitia dan Pemenang Pesparani 2018

Bogor, Kabarnas – Usai menerima menerima peserta Kongres Indonesia Millenial Movement Tahun 2018, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersilaturahim dengan Panitia...

Trending