by

Pemerintah targetkan pemasangan 280 ribu sambungan listrik gratis di Jawa Barat

Kabarnas, Bekasi -Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pemasangan instalasi listrik gratis di Kelurahan Marga Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jumat (25/1/2019), sebagai bagian dari program elektrifikasi gratis PT PLN untuk 11 ribu rumah tangga tak mampu di daerah tersebut.

Untuk Provinsi Jawa Barat, pemerintah menargetkan pemasangan 280 ribu sambungan listrik gratis, dan yang sudah terealisir sebanyak 100 ribu sambungan, ini merupakan bagian dari program Pemerintah yang menargetkan akan memasang sambungan listrik gratis kepada warga kurang mampu di seluruh tanah air.

“Kita terus akan memberikan sambungan-sambungan gratis kepada warga belum mampudi semua provinsi. Tapi memang kita baru berkonsentrasi di Jawa Barat karena memang di sini masih banyak sekali sambungan-sambungan yang seperti tadi saya lihat masih belum sambung,” kata Presiden Jokowi usai meninjau Penyambungan Listrik Gratis di RT 001/004 Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jumat (25/1) siang.

Enam BUMN karya bersinergi dengan PLN memberi bantuan penyambungan listrik gratis bagi rumah tangga miskin dan rentan miskin di Jawa Barat. Hingga Desember 2018, listrik telah tersambung bagi 100.970 KK di provinsi itu. Dayanya 450 VA, cukup untuk lampu, TV, dan penanak nasi.

BUMN yang terlibat dalam bantuan kelistrikan ini adalah PT Waskita Karya, PT Hutama Karya, PT Wijaya Karya, PT Adhi Karya, dan Perumnas.

Presiden menjelaskan, dari target 280 ribu sambungan listrik gratis di Jabar, saat ini sudah terealisir 100 ribu sambungan. Ia menjelaskan, Jabar dipilih lebih dulu, sekali karena masih banyak yang belum pasang, juga karena pemerintah meski  fokus satu-satu dulu dong.

“Nanti pindah ke Jawa Tengah, ke Jawa Timur, semuanya pasti akan. Kalau di sini selesai nanti pindah ke yang belum,” ujar Presiden.

Untuk Bekasi sendiri, menurut Presiden, pemerintah menargetkan sebanyak 14.000 sambungan.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan itu antara lain Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Mensesneg Pratikno, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Dirut PT PLN (Persero) Sofyan Basyir.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *