by

KPU akan laksanakan Debat capres-cawapres pertama untuk Pilpres 2019

Kabarnas, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis (17/1) malam akan menggelar debat pertama calon presiden dan wakil presiden yang berkompetisi dalam Pemilu Presiden 2019 bertempat di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Debat  kali ini mengambil tema “Hukum, Korupsi, Hak Asasi Manusia dan Terorisme”, dipandu oleh moderator penyiar Ira Kusno dan Imam Prayitno.

Ira Koesnoyang bernama lengkap Dwi Noviratri Koesno pernah meraih Pembaca Informasi Berita Wanita terfavorit versi Panasonic Award pada tahun 1999 dan 2002, serta Presenter Berita Terfavorit pada tahun 2003.

Sedangkan Imam Prayitno   pernah meraih penghargaan dalam Kategori Presenter Berita Terbaik Anugerah KPI tahun 2016.

Sedangkan panelisnya adalah  Guru Besar Hukum UI Hikmahanto Juwana, mantan Ketua Mahkamah Agung Bagir Manan, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, Ahli Tata Negara Bivitri Susanti dan Margarito Kamis.

Debat yang akan diikuti oleh pasangan calon nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma’ruf Amin, dan pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno akan dimulai sekitar pukul 20.00 WIB.

Debat ini merupkan satu dari lima rangkaian debat yang akan dilaksanakan sesuai dengan amanat UU Nomor 7/2017 tentang Pemilu, dan rencananya  akan disiarkan secara langsung oleh televisi, yaitu TVRI, RTV, Kompas TV, dan juga RRI.

Debat tersebut akan disaksikan langsung oleh sekitar 500 orang undangan, yangterdiri dari 100 orang untuk tim 01, 100 orang tim 02 dan 300 orang lagi dari tokoh masyarakat, akademisi, budayawan hingga LSM. KPU juga mengundang tokoh bangsa seperti mantan presiden ke-3 BJ Habibie, ke-5 Megawati Soekarnoputri dan  ke -6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Serta para mantan wapres dalam hal ini Tri Sutrisno, Hamzah Has, dan Boediono. KPU juga mengundang Jusuf Kalla sebagai wapres aktif.

Debat calon presiden dan wakil presiden dimulai sejak Pemilihan presiden dan wakil secara langsung diterapkan pada tahun 2004 saat era Pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri.

Debat kali ini merupakan tanding ulang Jokowi dan Prabowo yang pernah berkompetisi pada Pemilu Presiden 2014, meskipun kini dengan pasangan calon wakil presiden yang berbeda.

Pada 2014 pasangan calon wakil presiden dari Jokowi adalah M Jusuf Kalla, pada 2019 Jokowi menggandeng Ma’ruf Amin. Sedangkan Prabowo pada 2019 ini menggandeng Sandiaga Uno, setelah sebelumnya pada 2014 lalu berpasangan dengan Hatta Rajasa.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *