by

PT.TOBA AGRO MANDIRI HUMBANG HASUNDUTAN, BUANG LIMBAH KE TAPANULI UTARA.

Kabarnas,Taput – Keadaan masyarakat desa Lobusiregar I,  kecamatan Siborongborong, Kab.Tapanuli Utara (Taput) memprihatinkan, karena timbulnya penyakit yang diduga  gara-gara PT.Toba Agro Mandiri (PT TAM) yang membuang sampah pabriknya ke desa tersebut.

Menurut pemantauan wartawan Kabarnas di km.6 Jl.provinsi Siborongborong menuju kec. Sipahutar kab.Taput, sampah (limbah pabrik) PT.TOBA AGRO MANDIRI di buang di pinggir jalan membuat keadaan di desa tersebut hawa udara menjadi pengap dan berbau.

Menurut salah seorang warga desa Lobusiregar yang mengaku bermarga Siahaan (83) ketika dihubungi Kabarnas belum lama ini menjelaskan sangat kawatir akan perbuatan pihak PT.TAM yang jelas-jelas dapat membawa penyakit ke daerahnya.

Menurutnya,kesembronoan pihak PT.TAM yang membuang limbahnya sembarangan, apabila mendatangkan penyakit bagi warga mereka tidaklah rela. “kabupaten Humbang Hasundutan yang punya pendapatan daerah,kami warga di Taput dapat sakitnya,lanjut Siahaan kemudian.

Sementara pengawas kerja lapangan PT.TAM di Desa Lobusiregar berinisial Mr.Lee ketika dihubungi wartawan Kabarnas belum lama ini (Des 2018 lalu) mengatakan, mereka membuang sampah tersebut di kolam pinggiran jalan provinsi tersebut atas permintaan warga desa di maksud. Tanpa disadari oknum pengawas tersebut , perbuatannya jelas-jelas menyalahi peraturan Pemerintah termasuk UU Lingkungan Hidup, pembuangan sampah tersebut dampaknya bisa saja sangat riskan bagi warga desa Lobusiregar.

Pihak PT PAM diharapkan agar mengelola sampah dengan baik sesuai dengan peraturan yang berlaku, sehingga mereka tidak hanya mencari untung saja, tetapi harus memperhatikan UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP, Analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) sehingga warga sekitar tidak merasa dirugikan. (TS)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *