by

Presiden Jokowi lantik Letjen TNI Doni Monardo sebagai Kepala BNPB

Kabarnas, Jakarta – Presiden Joko Widodo  melantik sekaligus mengambil sumpah jabatan  Letjen TNI Doni Monardo sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) menggantikan Laksamana Muda (Purn) Willem Rampangilei di Istana Negara Jakarta, Rabu (9/1) pagi.

Doni Monardo dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden No 5/P Tahun 2019 tentang Pengangkatan Kepala BNPB.

Surat Keputusan Presiden yang mulai berlaku sejak ditetapkan oleh Presiden pada 9 Januari 2019 itu mengangkat Letjen TNI Doni Monardo sebagai Kepala BNPB dengan diberikan hak keuangan dan administrasi setingkat menteri.

Menurut Jojkowi, BNPB memerlukan sebuah leadership/kepemimpinan yang kuat dan melihat hal tersebut ada  pada sosok Letjen Doni Monardo ini orangnya.

Mengenai struktur BNPB, Presiden menegaskan, bahwa lembaga tersebut berada di bawah Presiden. Karena itu, pelantikan Kepala BNPB dilakukan oleh Presiden, dan setingkat dengan menteri.

Mengenai status Doni Monardo sebagai jenderal aktif, Presiden Jokowi mengatakan, dirinya tidak melihat aktif atau tidak aktif. Tetapi yang diinginkannya adalah manajemen yang kuat, tindakan yang cepat di lapangan.

“Nanti untuk teknis seperti itu tanyakan ke Mensesneg,” ujar Presiden.

Menurut Presiden, kita masih dalam rangka rekonstruksi dan rehabilitasi di Lombok, di Palu, kemudian masih ada lagi pekerjaan besar di Banten dan Lampung.

“Saya kira pekerjaan besar dari Doni Monardo ini masih banyak sekali. Dan itu memerlukan sebuah manajemen yang kuat, kepemimpinan yang kuat, lapangan yang kuat,” tutur Presiden Jokow

Letjen Doni Monardo, kelahiran Cimahi 10 Mei 1963, merupakan alumni Akademi Militer tahun 1985. Sejumlah jabatan yang pernah diembannya diantaranya Komandan Paspampres (2012-2014), Danjen Kopassus (2014-2015), Pangdam Patimura (2015-2017), Pangdam Siliwangi (2017-2018), dan terakhir Sekjen Wantanas (2018-2019)

Usai acara pelantikan, Presiden Jokowi diikuti Wakil Presiden Jusuf Kalla serta para undangan lainnya memberikan selamat kepada Kepala BNPB yang baru ini.

Acara pelantikan tersebut dihadiri sejumlah pejabat diantaranya Wakil Presiden Jusuf Kalla, Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar, Menko Polhukam Wiranto, Menko PMK Puan Maharani,Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan, Mensesneg Pratikno, Menteri PANRB Syafruddin,  Seskab Pramono Anung, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.Ketua Komisi Yudisial Ahmad Jaja Jayus, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian (Setkab)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *