by

Data Warga Terdampak Covid Ganda, Pemko Siantar Gagal Salurkan Bantuan

Pematangsiantar, Kabarnas.com – Selama kurang waktu tiga bulan, Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar tak kunjung menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak Covid-19. Hal ini dibenarkan Pariaman Silaen selaku Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Rabu (6/9).

Menurutnya, ada data warga penerima bantuan yang masih tumpang tindih alias tidak tepat sasaran. Alasan itulah, pihaknya masih melakukan perbaikan data. “Kita masih verifikasi nama-nama supaya tidak ganda. Ini kami sedang menunggu data dari kelurahan,” jelasnya.

Pariaman Silaen menambahkan, sebelum data selesai maka pihaknya tidak bisa menyalurkan bantuan. Dalam hal ini, Pemko tidak bisa mengesampingkan data tersebut. “Harus kita keluarkan dulu yang ganda, harus diverifikasi dulu baru bisa disalurkan, supaya tidak balik lagi uangnya,” ucapnya.

Ia sendiri mengaku, kendala verifikasi ada di tangan masing-masing kelurahan dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. “Harus dikroscek dulu dan itu membutuhkan waktu lama baru kita salurkan,” katanya dengan menambahkan bahwa penyaluran bantuan ini nantinya akan diserahkan secara tunai untuk menghindari unsur KKN.

Hanya saja, Pariaman Silaen tak memberikan kepastian kapan pendataan ini bisa selesai. “Kita tidak bisa berjanji tapi begitu siap akan kita salurkan langsung. Untuk tahap ini nilainya hanya Rp 200 ribu,” tutupnya tanpa menjelaskan berapa data warga penerima bantuan yang ganda.(Man)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *