by

KPU Siantar Verifikasi Syarat Calon Pasangan Asner-Susanti

Pematangsiantar, Kabarnas.com – KPU Pematangsiantar memastikan bahwa Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematangsiantar hanya satu yang datang mendaftarkan diri dan memenuhi syarat, yaitu Ir Asner Silalahi MT dan dr Susanti Dewayani.

“Pendaftaran tanggal 4-6 September hanya satu Bapaslon yang mendaftar, demikian juga ketika pendaftaran diperpanjang di tanggal 11-13 September, tidak ada perubahan sehingga dipastikan bahwa Bapaslon yang mendaftar tunggal,” kata Gina Ginting selaku devisi tekni KPU Pematangsiantar, Selasa (15/9).

Saat ini KPU Pematangsiantar telah melakukan tahap verifikasi syarat calon, yaitu meneliti semua dokumem yang diserahkan saat pendaftaran.   Komisioner KPU Pematangsiantar sendiri telah berbagi tugas ke berapa daerah, seperti Surabaya, Yogyakarta dan Medan.

“Kita melakukan verifikasi syarat calon hanya punya waktu 4 hari, terhitung dari tanggal 14 hingga 17 September. Kita mengecek apakah keabsahannya benar atau tidak, seperti legalisir ijazah. Kalau surat keterangan yang dari pengadilan itukan ada barcode sehingga bisa kita cek lewat online,” terangnya.

Disampaikannya Gina, hari ini juga Bapaslon Asner-Susanti akan menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Haji Adam Malik, Medan. “Hari akan diperiksa apakah memenuhi syarat atau tidak karena hasil kesehatan juga salah satu syarat calon,” jelasnya.

Jika dari semua dokumem ada syarat calon yang belum memenuhi syarat akan diberitahukan kepada bapaslin untuk melakukan perbaikan selama tiga hari. “Setelah itu kita akan tetapkan seperti apa hasilnya. Dan kita akan tetapkan tanggal 23 September dan tanggal 24 September penetapan nomor urut jika semua telah memenuhi syarat,” tutupnya. (Man)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *