by

Protokol Kesehatan Tak Terjamin, Polres Siantar Ijinkan Bazar

Pematangsiantar, Kabarnas.com – Di tengah upaya pemerintah dalam rangka menekan sebaran Covid-19, terus meminta masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan antara lain, jaga jarak, pakai masker, cuci tangan pakai sabun sesering mungkin dan meminta agar masyarakat menghindari keramaian. Namun Polres Pematangsiantar justru memberi ijin keramaian atas pelaksana bazar di Lapangan Parkir Pariwisata, Jalan Merdeka, Kecamatan Siantar Barat.

Kasat Intel Polres Pematangsiantar, AKP Basri Lubis beralasan bahwa acuan Polres Pematangsiantar memberikan ijin tidak lepas dari surat rekomendasi Gugus Tugas atau Satgas Covid-19 Kota Pematangsiantar.  Kedua, pihak pelaksana bazar tidak memiliki tempat. “Alasannya kan mereka tidak memiliki tempat dan ada rekomendasi dari gugus tugas,” katanya saat dikonfirmasi, Senin (14/9).

Kasat Intel mengaku kebijakan untuk memberikan ijin keramaian tidak kontradiksi dengan upaya mencegah penyebaran Covid-19 karena menurutnya, bazar mengedepankan protokol kesehatan. Hanya saja saat ditanya bagaimana menjamin kegiatan itu tidak melanggar protokol kesehatan, Kasat Intel mengarahkan agar hal itu dikonfirmasi kepada Gugus Tugas. “Kalau itu kan langsung kalian tanya aja gugus tugas,” terangnya.

Kasat Intel pun mengaku bahwa kajiannya untuk mengeluarkan ijin keramaian hanya mengacu kepada rekomendasi dan ijin tempat yang diberikan Satgas Covid-19, sekalian menghidupkan UMKM. Namun ia mengatakan jika kegiatan bazar tidak mematuhi protokol Kesehatan akan tetap dibubarkan. “Makanya diawasi. Kan ada juga polisi menjaga itu,” jelasnya.

Ketika disampaikan bahwa kegiatan bazar tersebut bisa menciptakan rasa apatis di tengah masyarakat terhadap segala upaya pemerintah menekan sebaran Covid-19, kata Kasat Intel “Untuk menyadarkan manusia ini tidak bisa kita paksakan juga. Yang pasti kan imbauan itu untuk peningkatan disiplin protokol kesehatan,” terangnya sembari menambahkan bahwa UKMK juga harus dipikirkan.

Sebagaimana diketahui, selama 10 hari kegiatan bazar digelar di Lapangan Parkir Pariwisata. Rencananya, bazar akan selesai, Minggu (20/9). Jadwal ini juga dibenarkan Kasat Intel Polres Pematangsiantar. (Man)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *