by

Reses di Taput, DPRD Sumut Jonius Hutabarat Siap Menampung Aspirasi Warga

Taput, Kabarnas.com – Dr Jonius T Hutabarat Ssi MSi, selaku sekretaris Komisi A DPRD Provinsi Sumut mengadakan reses III di Desa Libusiregar, Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) disambut baik warga di sana. Mantan Kapolres Taput tersebut datang didampingi kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bina Marga Provinsi Sumut, Taput M Sianipar dan kepala UPT Ketahanan Pangan dan Hortikultura Prov Sumut.

Lewat pertemuan itu, Jonius Hutabarat menerima beragam masukan dan masalah yang dihadapi masyarakat khususnya para petani. Diantara adalah kelangkaham puput, dan minimal peralatan pertanian seperti traktor dalam mengolah tanah. Perihal itu, secara spontan Jonius berjanji akan memperjuangkannya.

Ia juga meminta agar secara langsung warga juga mau memberikan masukan kepadanya demi kemajuan warga. “Itulah tugas saya selaku anggota DPRD, harus memperjuangkan aspirasi rakyat di daerah agar kemajuan warga bisa tercapai di masa depan,” ungkap pria yang akrab disapa JTP tersebut, yang disambut tepuk tangan yang meriah dari warga.

Usai itu, M Sianipar juga menambahkan soal rencana prioritas pembangunan di tahun 2021, diantaranya pembangunan jalan Humbang menuju Tapsel serta pembamgunan jalan Siborongborong menuju Garoga.

Sementara dalam menjawab masalah petani, Bertahan Situmeang mendorong warga untuk membentuk kelompok tani sehingga dapat memudahkan untuk menerima bantuan dari pemerintah. “Bentuk kelompok tani, itu cara termudah mendapat bantuan pemerintah, seperti pupuk, bibit, dan bantuan lainnya,” terangnya.

Reses itu turut dihadiri kepala sekolah dari kecamatan Siborongborong, seperti kepala SMAN 1, SMAN 2, SMKN 3 serta SMA swasta PGRI. Mereka mengharap bantuan JTP dalam memperjuangkan sekolah mereka masing-masing mendapat bantuan dari pemerintah.

Dalam kegiatan tersebut, JTP memberi bantuan bibit jagung, cabe merah juga pupuk cair kepada warga didampingi kepala pemerintahan desa Lobusiregar 1, Marudur Siahaan beserta utusan Uspika Kecamatan Siborongborong.

Diakhir kegiatan, warga Desa Lobusiregar 1 dan dari Desa Kecamatan Siborongborong yang di wakili kelompok Tani Mawar yang diketuai Poltak Siahaan memberikan kado berupa hasil pertanian kepada JTP seperti nenas, tomat, ubi dan hasil pertanian. Hal ini membuat suasana kegiatan reses tersebut penuh kekompakan.

Sebelumnya, warga yang diundang berjumlah 20 orang. Hanya saja antusias warga cukup besar sehingga dari berbagai desa hadir hingga mencapai 200 orang. Namun dalam reses ini tetap dilaksanakan sesuai protokol kesehatan. Dan diawal, panitia penyelenggara kegiatan reses anggota DPRD Sumut tersebut mengambil inisiatif membagi masker, sanitizer sekaligus menjaga protokol kesehatan dalam hal pencegahan epidemi virus corona. (TS)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *