by

Tunggakan Iuran BPJS Lebih 6 Bulan Dapat Dicicil Hingga 2021

Pematangsiantar, Kabarnas.com – BPJS Kesehatan melaksanakan program relaksasi iuran atau keringanan pembayaran bagi peserta JKN yang menunggak selama 6 bulan ke atas. Program ini ditetapkan sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020 pasal 42.

Adapun mekanisme untuk mendapatkan program relaksasi tunggakan ini antara lain, peserta BPJS Kesehatan wajib melakukan pendaftaran. Bisa datang ke kantor BPJS Kesehatan dengan membawa KTP dan fotocopy KK atau melalui aplikasi Mobile JKN dan juga menghubungi care center BPJS di nomor 1500 400.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kota Pematangsiantar W Siallagan melalui Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan Marthinova mengatakan, jika tunggakan selama 6 bulan dan 1 bulan iuran berjalan telah dibayarkan maka kepesertaan BPJS Kesehatan diaktifkan kembali. Sedangkan sisa dari 6 bulan tersebut dapat dicicil hingga Desember 2021.

Sejauh ini jumlah peserta BPJS Kesehatan yang menunggak dari 4 Kabupaten/Kota dibawah wilayah kerja BPJS Kesehatan Pematangsiantar mencapai 53 ribu. “Dari angka ini rata-rata tunggakan diĀ  atas 6 bulan,” jelasnya dengan memastikan bahwa peralihan segmen atau kelas kepesertaan tidak bisa dilakukan.

Marthinova pun mendorong peserta BPJS Kesehatan yang menunggak bisa memanfaatkan program ini. “Pendaftaran ini hanya berlaku hingga Desember 2020, makanya kita berharap semua peserta yang menunggak bisa memanfaatkannya,” tutupnya. (Man)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *