by

Pengurus FWCI Sesalkan Pernyataan Menpora

Pematangsiantar, Kabarnas.com – Ketua dan Sekretaris Federasi Wing Chun Indonesia Sumatera Utara (FWCI Sumut), Yeyen F Sitohang dan Heru F Sitepu menyesalkan pernyataan Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Zainudin Amali yang menyebutkan Wing Chun berada di bawah naungan Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI).

Kedua orang ini mengatakan, apa yang disampaikan Menpora menunjukkan ketidakpahamannya terhadap sejarah. Dijelaskannya, induk organisasi Wing Chun adalah Ving Tsun Athletic Association yang sudah berdiri sejak 1967 dan hal ini menjadi fakta atau bukti autentik bahwa FWCI belum pernah bergabung maupun menjadi bagian dari PB WI.

Seluruh kelengkapan data administrasi, sejarah dan bukti, telah diverifikasi oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) selaku lembaga independen dan netral yang menaungi seluruh Cabang Olah Raga di Indonesia. Untuk itu, Yeyen pun meminta Menpora untuk menarik pernyataannya yang keliru tersebut.

“Hasil verifikasinya, sesuai rapat kerja nasional (Rakernas) KONI Pusat yang diselenggarakan secara virtual pada tanggal 26 Agustus 2020 lalu, FWCI telah dinyatakan lolos menjadi anggota KONI. Tapi kenapa tiba-tiba pernyataan sepihak dari pak Menpora,” sesalnya, Kamis (3/9).

Pernyataan Menpora, kata Yeyen, membuat FWCI ditunda untuk disahkan pada Sidang Pleno Pengesahan Anggota KONI yang diselenggarakan pada tanggal 27 Agustus 2020. “Apa dasar pak Menpora mengeluarkan pernyataan itu,” ketusnya meninggi.

FWCI Sumut, kata Yeyen, mendesak Menpora untuk mencabut pernyataannya yang merugikan FWCI. “Kita juga berharap agar KONI bersedia meninjau ulang keputusannya dan segera mensahkan FWCI menjadi anggota KONI,” tutup Yeyen didampingi Humas FWCI Sumatera Utara, Ferry Napitupulu.(Man)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *