by

Keluarga Ikhlas Pencarian Korban Tenggelam di Danau Toba Dihentikan

Karo, Kabarnas.com – Pencarian Imran Butar-butar, korban yang tenggelam di Pemandian Pesanggrahan Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo diputuskan untuk dihentikan setelah segala upaya dimaksimalkan selama 7 hari ini tidak membuahkan hasil. Namun sebelum langkah ini disepakati, tim yang tergabung di SAR Medan, yakni Basarnas Medan, Dit Samapta Poldasu, TNI, BPBD dan instansi terkait lainnya terlebih dahulu berdialog dengan pihak keluarga.

“Basarnas Medan menurunkan 3 penyelam untuk melakukan penyelaman, tidak hanya itu, personil lainnya dibantu tim SAR Gabungan menggunakan perahu LCR milik Basarnas dan Dit Samapta Poldasu menyisir perairan Danau Toba, mulai dari Lokasi korban tenggelam hingga mengarah ke Timur yaitu Desa Sibolangit dan arah Barat yaitu Desa Tongging,” kata Kepala Kantor SAR Medan Toto Mulyono selaku Search Mission Commander (SMC) melalui Humas Sariman, Sabtu (29/8) malam.

Sariman mengutarakan, penyelaman dilakukan setiap harinya sebanyak tiga kali, banyaknya palung atau lobang dalam danau dan kedalam Danau Toba yang sulit diprediksi menjadi suatu kendala yang menghambat tim dilapangan. Penyelaman dilakukan hingga kedalaman 26 meter dan dibantu menggunakan kamera bawah air (Vibrascope) milik Dit Samapta Poldasu, namun korban tidak ditemukan.

“Hingga hari ini pencarian hari ketujuh, berdasarkan hasil evaluasi tim di lapangan dengan keluarga korban, maka disepakati operasi SAR pencarian korban dihentikan dan keluarga korban telah mengikhlaskan korban.

Perlu diketahui, sebelumnya pelajar berusia 19 tahun, yang berasal dari Desa Sarang Padang, Kecamatan Silimakuta, Kabupaten Simalungun tersebut datang ke lokasi pemandian bersama 5 orang temamnya, yakni Ruben Situmeang (15), Yonnes Joni Sinaga (16), Yeheskiel Ginting (16), Dikson Sinaga (15). Setibanya di lokasi, sekitar pukul 17.15 WIB, korban bersama seorang rekannya Joni Sinaga mencoba unjuk kemampuan berenang ke tengah danau dengan jarak sekitar 10-15 meter dari bibir pantai.

Sesampainya di tengah, mereka mencoba kembali ke bibir pantai. Naas menimpah korban, ia diduga kehabisan tenaga dan kehilangan kendali sehingga mencoba meminta tolong kepada rekan korban. “Rekan korban mencoba berbalik arah dan menolong. Namun karena tidak kuat, rekan korban memilih pergi berenang ke tepi danau dan meninggalkan korban,” ucapnya. (Man)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *