by

Andaliman dan Ganja Jadi Tanaman Binaan Menteri Pertanian

Jakarta, Kabarnas.com – Ketentuan terbaru, ganja yang selama ini sebagai tanaman terlarang karena masuk jenis narkotika golongan I, sebagaimana diatur Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, kini telah ditetapkan menjadi tanaman obat. Kebijakan ini dituangkan dalam Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 104/KPTS/HK.140/M/2/2020 tentang Komoditas Binaan Kementerian Pertanian.

Setelah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menandatangani peraturan tersebut, tanggal 3 Februari 2020, tertuang juga bahwa ganja dan 66 jenis tanaman lainnya masuk dalam lampiran jenis tanaman obat yang dibina oleh Direktorat Jenderal Hortikultura.”Keputusan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

Beberapa jenis tanaman lainnya yang dituangkan dalam aturan ini sebagai tanaman obat dan masuk dalam jenis tanaman binaan Kementerian Pertanian adalah kecubung, mengkudu, kratom, brotowali, hingga purwoceng, andaliman, kolesom, vanili, hingga temulawak.

Semua komoditas diatas masuk binaan Kementerian Pertanian meliputi komoditas binaan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Direktorat Jenderal Hortikultura, Direktorat Jenderal Perkebunan, dan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. (Man)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *