by

Polres Siantar Tangani Dugaan Korupsi Penyaluran Dana Covid-19

Pematangsiantar, Kabarnas.com – Polres Pematangsiantar memastikan penyaluran dana Bantuan Sosial (Bansos) kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 diduga bermasalah. Kasus itu pun sudah dilimpahkan ke Polda Sumut. Sejauh ini Polres Pematangsiantar tidak memberitahukan besaran dugaan korupsinya.

Kapolres Pematangsiantar, AKBP Boy Siregar melalui Kasat Reskrim, AKP Edi Sukamto mengatakan, dugaan korupsi dana Bansos tersebut ada satu kasus. Hanya saja Edi tidak menjelaskan sumber dana Bansos itu dari dinas mana.

“Satu kasus dugaan penyelewengan Bansos dan sudah dilimpahkan ke Krimsus Polda Sumut,” katanya singkat, Kamis (27/8), tanpa mengutarakan kapan berkasnya dilimpahkan ke Polda.

Sebagaimana diketahui, Polda Sumut sempat meriliskan adanya beberapa daerah yang diduga melakukan korupsi terhadap dana Bansos, antara lain Medan, Langkat, Simalungun, Toba, Samosir Deli Serdang, Tebing Tinggi, Dairi dan Madina.

Terpisah, Kasi Intelijen Kejari Pematangsiantar BAS Faomasi Jaya Laia mengatakan saat ini pihaknya tidak menemukan kasus penyalahgunaan Bansos selama Pandemi Covid-19 yang sudah berjalan selama hampir 6 bulan ini.

Disinggung terkait ucapan polisi yang sempat menyebutkan adanya kasus penyalahgunaan Bansos di Kota Pematangsiantar, BAS menampiknya. Menurutnya, polisi dan kejaksaan berjalan masing-masing. “Ini kan instansi yang berbeda. Kita tidam tahu informasi Polda itu dari mana,” jelas BAS.

Dalam pemberian Bansos ini, BAS menjelaskan Kejari Pematangsiantar sifatnya hanya memantau jalannya proses pemberian bantuan. Dan selalu mengingatkan Pemko agar tetap menjalankan sesuai prosedur.

Meski demikian, kata BAS, Kejari Pematangsiantar sangat terbuka bila mana ada masyarakat yang bisa mengungkap adanya dugaan pelanggaran dalam pemberian bansos selama Pandemi Covid-19. “Kalau ada laporan dari masyarakat kita akan tindaklanjuti. Disertai dengan bukti bukti lah,” ujar BAS.

Terkait dugaan penyelewengan dana Bansos itu, Pemko Pematangsiantar melalui Juru Bincara (Jubir) Covid-19 Daniel Siregar belum memberikan penjelasan saat dikonfirmasi. (Man)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *