by

Polisi Ingatkan Warga Mematuhi Protokol Kesehatan

Simalungun, Kabarnas.com – Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo bersama Danramil 11 Parapat Kapten Inf Rudianto membagikan masker kepada warga dan wisatawa di Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun. Rombongan turut mengecek sejauh mana tingkat disiplin warga sekitar dan pedagang dalam mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemik Covid-19, Selasa (25/8).

Agus Waluyo juga mendatangi kapal tradisional guna memastikan seluruh nahkoda kapal sudah melakukan yang sama. Ia tidak lupa mengedepankan keamanan dan keselamatan penumpang, termasuk mengecek suhu tubuh setiap penumpang. Pada kesempatan itu kapolres menindak yang tidak pakai masker.

Namun secara umum, kapolres menilai bahwa warga cukup disiplin. “Kita lihat semuanya agar mematuhi protokol kesehatan. Para petugas di sekitaran destinasi pariwisata Parapat telah melaksanakan tugasnya dengan baik, melakukan pemeriksaan terhadap para pengunjung, seperti pengecekan suhu tubuh, penggunaan masker, dalam pencegahan covid-19,” ujarnya.

Namun, ia tetap mengingatkan agar semua pihak melakukan adaptasi kebiasaan baru. “Mulai sekarang kita harus disiplin menggunakan masker. Dengan menggunakan masker mudah-mudahan kita semua terhindar dari penyakit,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kapolres Simalungun menegor beberapa anggotanya karena tidak mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Kapolres mengecek anggotanya untuk pendisiplinan. Sikap ini seturut dengan perintah Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Martuani Sormin.

Operasi pendisiplinan internal ini dilakukan dengan mengacu pada Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disipilin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Adapu aturan ini memuat sanksi terhadap pelanggaran penerapan protokol kesehatan, baik untuk perorangan, pelaku usaha, pengelola, penyelenggara, atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum. Sanksi dapat berupa teguran lisan atau teguran tertulis, kerja sosial, denda administratif, hingga penghentian atau penutupan sementara penyelenggaraan usaha. (Man)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *