by

Remaja Asal Simalungun Hilang di Danau Toba Tim SAR Lakukan Penyelaman

Karo, Kabarnas.com – Tim SAR Medan terus melalukan pencarian terhadap korban yang tenggelam di  Pantai Sukacita atau Pemandian Pesanggrahan, Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Minggu (22/8) sekitar pukul 17.00 WIB. Tim SAR telah melakukan penyelaman dengan kedalaman antara 5-8 meter. Namun petugas belum menemukan keberadaan, korban bernama Imran Butar-butar.

Kepala Kantor SAR Medan Toto Mulyono selaku Search Mission Commander (SMC) melalui Humas Sariman, mengatakan sejauh beberapa tim penyelam mengalami kendala lantaran banyaknya rumput dan pasir di danau, ditamabah dengan air danau tergolong keruh atau kotor sehingga mempersulit jarak pandang penyelam. Sementara pencarian dilakukan tidak jauh dari titik korban dinyatakan hilang. “Mungkin sore ini akan diperluas zona pencarian,” katanya saat dikonfirmasi, Senin (24/8) sekitar pukul 16.00 WIB.

Dijelaskan, korban berusia 19 tahun, yang berasal dari Desa Sarang Padang, Kecamatan Silimakuta, Kabupaten Simalungun (sebelumnya ditulis dari Desa Peresmian, Kecamatan Dolok Silau, Kabupaten Simalungun) tersebut datang ke lokasi pemandian bersama 5 orang temamnya, yakni Ruben Situmeang (15), Yonnes Joni Sinaga (16), Yeheskiel Ginting (16), Dikson Sinaga (15). Setibanya di lokasi, sekitar pukul 17.15 WIB, korban bersama seorang rekannya Joni Sinaga mencoba unjuk kemampuan berenang ke tengah danau dengan jarak sekitar 10-15 meter dari bibir pantai.

Sesampainya di tengah, mereka mencoba kembali ke bibir pantai. Naas menimpah korban, ia diduga kehabisan tenaga dan kehilangan kendali sehingga mencoba meminta tolong kepada rekan korban. “Rekan korban mencoba berbalik arah dan menolong. Namun karena tidak kuat, rekan korban memilih pergi berenang ke tepi danau dan meninggalkan korban,” ucapnya dengan mengimbau agar setiap orang yang belum mahir berenang, khususnya di kawasan perairan Danau Toba untuk menggunakan pelampung. (Man)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *