by

Bapaslon Simalungun RHS-ZW Miliki Konsep Andalan Mensejahterakan Warga

Simalungun, Kabarnas.com – Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Kepala Daerah (Kada) Kabupaten Simalungun, Radiapoh Hasiolan Sinaga (RHS) dan Zonni Waldi (ZW) berjanji akan membawa Simalungun lebih maju dalam semua lini. Untuk itu, ragam program telah disiapkan. Hal ini diutarakan Zonni Waldi saat berbincang dengan sejumlah wartawan di Warung Kopi (Warkop) Hitam Putih, Jalan MH Sitorus, Kota Pematangsiantar.

Calon Wakil Bupati Simalungun ini pertama-tama mengatakan bahwa pembagian tugas harus diprioritaskan dalam mengerjakan banyak hal, tugas itu dikerjakan baik bupati, wakil dan jajaranannya. Kemudian, kelak jadi kepala daerah, Zonni mengakui, memajukan Kabupaten Simalungun harus didahului dari mimpi, konsep, hubungan dan konsistensi. Kata Zonni, untuk menjalankan konsep kerja maka terlebih dahulu adalah pembenahan birokrasi dan penempatakan perangkat pejabat sesuai kompetensinya, dan ini bisa diketahui melalui uji kompetensi.

Selain itu, seorang kepala daerah harus memberdayakan staf ahli bupati. Itu sebabnya, penempatan jabatan posisi ini tidak boleh sembarangan karena sangat penting untuk memberikan masukan kepada kepala daerah. Kemudian, pembangunan bisa bergerak cepat jika bupati memiliki hubungan atau komunikasi yang baik dan intens dengan pemerintahan provinsi dan pemerintah pusat.

Provinsi Sumatera Utara memiliki 33 kabupaten/kota. Perlu dipahami, kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemerintah Provinsi Sumut tersebut, pemerintah provinsi tidak memiliki daerah otarita sendiri. Semuanya harus dipikirkan. Pertanyaannya, bagaimana daerah-daerah ini mendapat perhatian dari pemerintah provinsi dalam hal ini kabupaten Simalungun? Caranya adalah hubungan dan komunikasi yang baik.

Dijelaskan, gubernur tidak tahu banyak hal, termasuk persoalan satu daerah, dan yang paling mengetahuinya adalah kepada daerah di daerah itu sendiri. Itu sebabnya, kata Zonni, bupati seseiring mungkin harus menyampaikan permohonannya kepada gubernur. “Pemerintahan daerah dengan pemerintahan provinsi itu tidak ada bedanya antara ayah yang memiliki banyak anak. Tentu yang sering berkomunikasi dan yang menyedorkan harapannyalah yang lebih berpotensi untuk diperhatikan,” ucapnya.

Ia memastikan, ada banyak sumber anggaran di tangan pemerintahan provinsi dan pemerintah pusat. Hanya saja ada daerah tidak bisa mendapatkannya karena tidak ada koneksifitas dengan daerah yang lebih pantas untuk mendapatkan program pembangunan.

Guna mewujudkan perbaikan Simalungun lebih baik, pasangan ini memiliki program yang diyakini mampu meningkatkan pelayanan dan pembangunan di Kabupaten Simalungun, seperti dalam bidang ketenaga-kerjaan. Mereka akan meningkatkan kemampuan masyarakat dengan memperkuat peran Balai Latihan Kerja (BLK) untuk melatih masyarakat secara skil dan disiplin.

Kesejahteraan ASN (Aparatur Sipil Negara), juga menjadi prioritas RHS dan ZW. Karena, bila kesejahteraan ASN sudah diberikan, ia yakini, para ASN akan mampu berkreasi dan memiliki tanggung-jawab dibidang tugas dan fungsinya masing-masing. Tidak kalah penting adalah bagaimana ASN dapat bekerja dengan nyaman. Tetapi yang tidak mematuhi disiplin kerja harus diberi sanksi dan pejabat yang tidak memiliki kemampuan, akan tetap diterapkan dengan tegas.

Saat berbincang dengan sejumlah jurnalis, Zonni Waldi didampingi Dra Hj Hidayah Herlina Gusti yang juga sebagai anggota DPRD Sumut dua periode, mengatakan kabupaten Simalungun memiliki banyak potensi untuk dikembangkan. Maka perlu diperhatikan adalah pembangunan bidang patiwisata, kehutanan, penyelesaian sengketa lahan dan berbagai program lainnya untuk membangun Simalungun.

Dalam kesempatan ini, dirinya mengaku sedang membangun komitmen dengan berbagai partai politik, guna mengusung mereka di Pilkada Simalungun 2020. Katanya, komitmen dengan Partai Golkar, Partai Berkarya dan Partai Hanura sudah terbangun dangan jumlah partai itu di DPRD Simalungun, sudah memenuhi syarat untuk mengusung pasangan calon (paslon), yakni 14 kursi. Hanya saja, membangun komitmen dengan partai lain, tetap sedang mereka jajaki. (Man)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *