by

Verifikasi Usai, Wagner-Abidiansyah Yakin Lolos Jadi Calon Kada Simalungun

Simalungun, Kabarnas.com – KPU Simalungun sudah siap melaksanakan verifikasi faktual terhadap dokumen syarat calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun dari jalur perseorangan milik pasangan Wagner Damanik – Abidiansyah Saragih. Berkaitan itu, Purnawirawan Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi tersebut yakin lolos jadi Calon Kepala Daerah (Kada) Simalungun. Namun untuk memastikannya, ia dan pasangannya menunggu pengumuman resmi dari KPU Simalungun.

Perlu diketahui, KPU Simalungun menetapkan minimal syarat dukungan untuk Calon Bupati Simalungun jalur perseorangan sebanyak 47.854 dukungan. Sementara pasangan Wagner-Abidinsyah sendiri telah menyerahkan berkas dukungan 56.891 pada tahap pertama dan setelah diperiksa, yang memenuhi syarat hanya 45.350.

Berangkat dari sini, pasangan Wagner-Abidinsyah diminta memperbaiki dukungannya, yakni sebanyak minimal 5008 dukungan. Angka itu didapat dari PKPU yang meminta kekurangan dikali dua sebagai perbaikan (dua kali 2504). “Kalau melihat dari persyaratan minimal, kami sudah memenuhi syarat administratif karena dukungan minimal sudah kami penuhi bahkan melampaui karena sudah 50 ribu lebih dukungan saat ini,” ujar Wagner, Senin (17/8).

Wagner pun mengaku yakin lolos karena dokumen syarat dukungan tersebut. Semua data ini, kata Wagner diperoleh dari tim penghubung atau LO. “Kita tunggu pleno kecamatan. Tapi sudah dapat info dari LO kami di kecamatan perhitungannya kami lolos,” terang Wagner.

Wagner berharap, bila telah memenuhi syarat administratif yang ditetapkan KPU, status mereka dari Bakal Calon Bupati segera berubah menjadi Calon dan siap mendaftar ke Pilkada Kabupaten Simalungun. Terkait dengan langkahnya maju sebagai Bakal Calon Bupati Simalungun melaui jalur perseorangan, Wagner mensyukurinya lantaran maju dari harapan masyarakat.

“Kami mengistilahkan kami ini perwakilan rakyat Simalungun. Dari awal saya katakan bangga diusung oleh masyarakat langsung. Bukan dari golongan yang lain. Konsekuensi daripada itu, totalitas saya, saya akan kembalikan ke masyarakat dalam bentuk pengabdian,” jelas Wagner.

Terpisah, Ketua KPUD Simalungun Raja Ahab Damanik menyampaikan, keputusan apakah pasangan Wagner Damanik dan Abidinsyah Saragih sebagai Calon Bupati Simalungun jalur perseorangan diputuskan melalui rapat pleno. “Belum lah, masih rekap kecamatan tanggal 18 Agustus 2020, kemdian rekap kabupaten tanggal 21 Agustus 2020, baru di situ diterangkan apakah memenuhi syarat,” ujar Raja.

Meski perolehan pasangan ini diklaim memenuhi syarat, Raja enggan mendahului keputusan dari hasil rapat pleno KPUD Simalungun nantinya. “Iya, jadi kita tunggu dulu rekap berjenjang karena kita belum berani menyampaikan itu,” tandasnya. (Man)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *