by

Uji Vaksin Covid-19 Tahap III Dimulai, Ditargetkan Tuntas Desember

Jakarta, Kabarnas.com – Pemerintah terus berusaha kerja keras agar vaksin Covid-19 bisa dipergunakan dalam waktu dekat ini. Uji klinis tahap III terhadap calon vaksin Covid-19 buatan Sinovac, telah mulai disuntikkan ke tubuh sejumlah relawan di sejumlah lokasi, yakni Rumah Sakit Unpad, Balai Kesehatan Unpad, termasuk di Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Bandung.

Sejauh ini jumlah relawan sudah mencapai 1.020 orang. Salah satu dari ribuan relawan ini adalah Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil. Sementara rekrutmen relawan dibuka sampai akhir bulan Agustus ini. Pada gelombang pertama, penyuntikan calon vaksin dilakukan kepada 120 orang dan diharapkan bisa diselesaikan di minggu kedua bulan Agustus ini.

Proses penyuntikan gelombang kedua digelar pada minggu ketiga dan keempat bulan Agustus, terhadap 144 orang relawan. Sedangkan penyuntikan calon vaksin untuk gelombang ketiga dilakukan hingga minggu ketiga bulan Desember, dengan target jumlah relawan mencapai 1.620 orang. Hal ini dibenarkan Manajer Lapangan Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 FK Unpad, Eddy Fadlyana.

Dijelaskan juga, Calon vaksi Sinovac buatan perusahaan asal China, tersebut memiliki efek samping, seperti nyeri di tempat suntikan atau demam sekitar 30 hingga 40 persen. Namun seluruh tim yang bekerja melaksanakan uji calon vaksi tersebut secara intens memperhatikan seluruh relawan.

Apabila nantinya relawan uji klinis mengalami demam atau gejala lain diharapkan untuk melapor ke tim uji klinis dan jika ada reaksi berat terhadap relawan  maka uji vaksin akan dihentikan sebagaimana keputusan dokter.

Seluruh tim tidak lupa meminta doa dan dukungan masyarakat Indonesia untuk keberhasikan vaksin tersebut dan jika semua berjalan baik  akan segera diregistrasikan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Lalu setelah lolos di BPOM, vaksin akan diproduksi massal oleh PT Bio Farma pada Januari 2021. Bio Farma ditargetkan bisa memproduksi 250 juta dosis vaksin Covid-19 per tahun. (Man)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *