by

Pilkada Simalungun Hindari Isu Sara

Simalungun, Kabarnas.com – Jelang pendaftaran Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Simalungun, Polres Simalungun bertanggung jawab atas situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Namun Kamtibmas ini harus didukung seluruh elemen masyarakat

Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo mengajak masyarakat saling bekerjasama, saling menghormati untuk mensukseskan seluruh tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Simalungun agar berlangsung dengan aman dan kondusif. “Polres Simalungun siap mengamankan setiap tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Simalungu,” terangnya, Rabu (12/8).

Sementara Bawalus Simalungun mengaku telah siap mengawasi pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Simalungun. Dan diminta agar dalam pesta demokrasi ini semua pihak menghindari isu SARA (Agama, Ras, dan Antargolongan) serta money politik. “Kabupaten Simalungun harus mampu menyelenggarakan setiap tahapan walaupun dalam pandemi Covid 19,” kata ketua Bawaslu  Choir Nazlan Nasution.

Senada disampaikan, Ketua DPRD Kabupaten Simalungun, Timbul Sibarani mendorong agar jangan ada pihak mengaitkan Pilkada ini dengan SARA. “Mari kita kesampingkan permasalahan SARA, sehingga Pemilukada nanti dapat melahirkan pemimpin apa yang diinginkan oleh masyarakat Kabupaten Simalungun,” ucapnya.

Sementara sebelumnya, KPU Simalungun menggelar sosialisasi tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Simalungun tahun 2020. Tujuan acara ini adalah agar masyarakat Simalungun mengetahui setiap tahapan, jadwal dan program pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Simalungun.

Ketua KPU Simalungun, Raja Ahab Damanik mengatakan, tahapan pemilukada sempat terhenti karena Covid 19, namun mulai tanggal 15 Juni 2020, tahapan dilanjutkan kembali. Saat ini tahapan pemilihan Bupati Simalungun adalah verifikasi faktual untuk bakal calon dari perseorangan.  “Untuk pemungutan suara akan  dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020. Mari kita sama – sama menjaga ke kondusifan di wilayah Kabupaten Simalungun,” terangnya. (Man)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *