by

Polairud Danau Toba Ajak Pengusaha Kapal Pasang Bendera Merah Putih

Simalungun, Kabarnas.com – Dalam menyongsong peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, Polisi Air dan Udara (Polairud) Danau Toba melakukan sosialiasi kepada seluruh pengusaha kapal motor atau kapal tradisional di kawasan Danau Toba khususnya di Parapat agar memasang bendera Merah Putih. Sosialisasi dilakukan sejak 1 Agustus 2020.

Kepala Unit Markas Polairud Danau Toba, Iptu R Lubis SH mengatakan, selain sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran pengusahaan kapal motor, jajarannya juga langsung memasang bendera Merah Putih.  “Kita mengharapkan agar masyarakat untuk mengibarkan bendera Merah Putih secara serentak mulai 1 Agustus 2020. sampai hingga 31 Agustus mendatang, sebagaimana anjuran dari pemerintah,” ucapnya.

Dengan nuansa Merah Putih ini, diharapkan dapat memupuk rasa nasionalisme dan patrionalisme masyarakat dalam mengenang jasa pahlawan yang telah gugur merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. “Harapan kita juga bisa mempererat persatuan dan kesatuan bangsa dengan mendukung setiap kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, saat bendera Merah Putih dipasangan di setiap kapal maupun di tempat-tempat lainnya harus mengikuti ketentuan sebagaimana diatur dalam Undang-undang No 24 tahun 2009 tentang bendera, bahasa, dan lambang negara, serta lagu kebangsaan. Dalam pasal 4 ayat 2 juga sudah jelas ukuran bendera Merah Putih

“Ukurang bendera di lapangan umum 120 cm x 180 cm, untuk penggunaan di ruangan 100 cm x 150 cm. Kemudian ukuran 30 cm x 45 cm untuk penggunaan di mobil pejabat Negara dan ukuran 20 cm x 30 cm untuk penggunaan di kendaraan umum,” terangnya.

Selain itu, jajarannya juga gencar melakukan sosialisasi kepada nahkoda kapal dan juga petugas di dermaga agar mematuhi aturan pengangkutan sehingga tidak menimbulkan masalah. “Kita minta agar kapasitas muatan diperhatikan dan juga pelampung bagi penumpang juga harus lengkap. Tentu kelayakan kapan paling penting,” tutupnya. (Man)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *