by

Belajar Tatap Muka Dilarang Siswa Dapat Paket Internet

Pematangsiantar, Kabarnas.com – Kepala Unit Pendidikan Teknis (UPT) Pematangsiantar, Darwin Purba memastikan bahwa SMA sederejat yang ada di daerah Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun belum memungkinkan untuk melaksanakan proses belajar mengajar tatap muka. Pasalnya, ke dua daerah ini masih masuk zona merah.

Darwin Purba mengakui soalnya adanya kecamatan yang tidak masuk zona kuning maupun zona merah Covid-19, tetapi petunjuk dari pemerintah daerah belum ada. “Siantar dan Simalungun kan masih masuk zona merah. Masih global zona merah (tidak bisa dilakukan pemetaan). Yang bisa itu zona hijau dan memungkinkan zona kuning,”ucapnya, Senin (10/8).

Ia menambahkan, sekarang ini pemerintah sudah memberikan izin kepada masing-masing sekolah untuk memberikan biaya paket data internet kepada siswa dan guru yang belum bisa melaksanakan proses belajar tatap muka. Anggarannya berasal dari dana BOS. “Untuk di Siantar-Simalungun sudah dijalankan pemberian biaya paket. Tetapi masih sebagian dijalankan tetapi sebagian lagi belum karena ada protes,” ucapnya.

Protes terjadi, kata Darwin Purba, dari pihak sekolah yang ada di wilayah tugasnya akibat keharusan untuk melakukan rencana kerja sekolah. “Karena Covid-19 ini kan perbedaan administrasi dan harus dirubah dulu. Setelah siap maka biaya paket itu bisa dicairkan,” jelasnya dengan mengakui bahwa besaran paket kepada siswa dan guru tidak diatur.

Besaran paket tergantung dengan kemampuan keuangan sekolah. Ia sendiri mengakui soal adanya perbedaan biaya paket, dan masa kemampuan batas pemakaian paket. “Untuk besaran paket yang diberikan tergantung sekolahnya, bagaimana MoU-nya dengan pihak ke tiga. Kalau di Siantar-Simalungun ini lebih banyak menggunakan paket Telkomsel,” jelasnya.

Sementara bagi siswa yang tidak bisa mengikuti proses belajar secara daring, maka tenaga pengajar yang mendatangi siswa. “Gurunya yang aktif mendatangi siswa, dan segala kebutuhannya juga bisa ditanggung dari dana BOS,” tutupnya tanpa menjelaskan secara teknis bagaimana pengajuan paket data internet tersebut. (Man)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *